x

Di ASEAN, 3 Klub Indonesia Ini Punya Suporter Paling Banyak ke Stadion

Jumat, 17 November 2017 21:15 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Ilustrasi suporter sepakbola Indonesia di Stadion

Melihat perkembangan sepakbola Indonesia belakangan ini cukup dinamis. Liga 1, meski diwarnai dengan 'drama-drama' namun berjalan lancar hingga menemukan juaranya. 

Baca Juga

Yang juga diperhatikan adalah, begitu dahsyatnya suporter klub-klub di Indonesia. Perhatian mereka luar biasa pada laga yang digelar klub mereka. Tak peduli panas atau hujan, punya duit atau enggak, mereka ramai-ramai datang ke stadion dengan modal nekat. Malah ada yang sampai gadai BPKB segala. 

Tak salah jika situs Gojek Traveloka Liga 1 mengungkap 10 klub di Asia Tenggara yang memiliki rata-rata penonton sepakbola terbanyak. 5 dari Indonesia, namun hanya kami hadirkan 3 saja. Klub mana saja? Ini uraiannya.


1. PSM Makassar (Laskar Ayam Jantan)

Suporter PSM Makassar sesaki lapangan di akhir laga pekan terakhir Liga 1 2017.

Tak hanya Persib dan Persija, nun jauh di Timur sana, klub PSM Makassar memiliki suporter yang gak main-main jumlahnya. Laskar Ayam Jantan niat banget beli tiket untuk bisa menyaksikan PSM Makassar bermain. 

Lihat saja banyaknya suporter ketika tim Juku Eja berhasil menghajar lawannya Madura United dengan skor telak 6-1. Seluruh Laskar Ayam Jantan bergembira hingga masuk-masuk ke lapangan. Nih euforianya. Gak salah jika PSM Makassar dengan Laskar Ayam Jantannya berada di posisi ke-6 se-Asia Tenggara yang suporternya rajin 'nyetadion'. Rata-rata 13.779 orang! Wuih!


2. Persija Jakarta (Jakmania)

The Jakmania tetap setia mendukung Persija Jakarta.

Tak diragukan lagi kesetiaan Jakmania pada Persija Jakarta. Di mana pun Persija main, mereka merapat bahkan rela-rela menggadaikan dan menjual benda-benda kesayangannya. 

Dua pendukung Persija, yaitu Jakmania, terciduk berkorban hingga di luar nalar demi mendukung klub kebanggaannya melawan Persib. Tidak tanggung-tanggung, ada yang izin mengambil cuti dari pekerjaan dengan alasan yang tidak biasa, sampai menggadaikan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Perjuangan mereka tak sia-sia. Persija Jakarta menjadi sorotan se-Asia Tenggara lantaran berhasil mendatangkan kira-kira 23.051 suporter ke stadion. Mereka di peringkat 1 yang memiliki suporter rajin 'nyetadion' se-ASEAN. Gokil!


3. Persib Bandung (Bobotoh)

Persib Bandung menduduki peringkat kedua dengan jumlah suporter yang datang 'nyetadion' hingga 18.006 Bobotoh. Suporter Pangeran Biru ini memang setia menemani Persib bertanding dimana saja. Mereka juga tersebar di seluruh Indonesia. 

Bahkan salah satu pemain Persib yakni Kim Kurniawan benar-benar salut dengan kesetiaan Bobotoh. Dalam akun Instagramnya, Kim memuji mereka sebagai Pangeran yang sesungguhnya.

Persib BandungPersija JakartaThe JakmaniaPSM MakassarBobotohLiga Indonesia

Berita Terkini