x

Arsenal 2-0 Tottenham: 7 Tahun Gagal Taklukkan Emirates!

Sabtu, 18 November 2017 21:32 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Arum Kusuma Dewi
Babak pertama Arsenal vs Tottenham Hotspur.

Derbi London Utara jilid pertama di musim 2017/18 tersaji pada laga pekan ke-12 Liga Primer Inggris, yang mana Arsenal menjamu Tottenham Hotspur pada Sabtu (18/11/17) malam WIB. Sebagai tuan rumah, penggawa The Gunners mampu tampil trengginas dan meraih kemenangan 2-0 atas Spurs.

Babak Pertama

Sejak wasit meniup peluit tanda kick off pertandingan, kedua tim langsung memperlihatkan permainan agresif. Baru berjalan hingga menit kelima, Alexandre Lacazette bermain agresif dan langsung menusuk ke dalam kotak penalti.

Mendapatkan peluang untuk melepaskan tembakan langsung dimanfaatkan dengan baik olehnya. Sayang, bola masih melambung ke atas mistar gawang.

Satu menit berselang, gantian striker andal Tottenham Hotspur, Harry Kane yang memberikan ancaman ke gawang Petr Cech, namun masih bisa diantisipasi dengan baik.

Arsenal vs Tottenham Hotspur.

Menit ke-21, Arsenal mendapatkan peluang usai Jan Vertonghen melanggar pemain Arsenal. Wasit pun memberikan tendangan bebas bagi tim tuan rumah namun tendangan masih melenceng jauh.

Selang lima menit, kiper Hugo Lloris melakukan penyelamatan gemilang. Bola liar yang tidak jauh berada di depan gawangnya mampu diantisipasi dengan baik sebelum disambar oleh pemain lawan.

Christian Eriksen nyaris saja mencatat namanya di papan skor. Menit ke-32, dirinya mendapatkan umpan dari Ben Davies saat posisinya berada di depan gawang. Sayang, bola masih mengarah tepat ke samping kanan gawang.

Akhirnya, gol yang dinanti-nanti pun tercipta di menit ke-36, yang mana Shkodran Mustafi mampu memecah kebuntuan bagi timnya. Melalui tendangan bebas yang dilakukan oleh Ozil, Mustafi memanfaatkan umpan dengan menyundul si kulit bundar yang tidak mampu diantisipasi oleh Lloris. Skor 1-0 untuk Arsenal.

Unggul satu angka membuat para pemain Arsenal bermain lebih trengginas lagi. Terbukti, berselang lima menit lamanya, The Gunners kembali menambah keunggulan.

Lacazette melepaskan umpan mengarah tepat ke depan kotak penalti yang langsung disambar oleh Alexis Sanchez. Skor berubah menjadi 2-0 untuk tim tuan rumah.

Tertinggal dua angka membuat para pemain Spurs bermain lebih agresif untuk memperkecil kedudukan. Sayang, hingga paruh babak pertama berakhir, mereka belum mampu mencetak satu angka. Skor pun bertahan 2-0 untuk Arsenal.

Babak Kedua

Di paruh babak kedua, kedua tim memperlihatkan permainan yang lebih keras daripada sebelumnya. Ketinggalan dua poin membuat penggawa Spurs bermain lebih ketat dan agresif dengan harapan menyamakan kedudukan ataupun memutarbalikkan keadaan.

Hingga menit 60, Spurs diketahui mempunyai penguasaan bola lebih banyak yaitu 53 persen sementara Arsenal sebanyak 47 persen. Namun, anak asuh Mauricio Pochettino belum mampu membongkar lini pertahanan The Gunners untuk mencetak angka pertama.

Menit 63, Eriksen melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Nahas, tendangan kencang yang dihasilkannya itu masih melambung jauh ke atas mistar gawang Cech.

Sementara anak asuh Arsene Wenger, beberapa kali sempat memberikan ancaman bagi Spurs tetapi belum mampu mengubahnya menjadi gol ketiga.

Sanchez nyaris memberikan angka kedua bagi Arsenal di menit 70. Usai mendapatkan umpan dari rekannya, dirinya pun melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Sayang, sepakan yang terlalu keras itu membuat si kulit bundar melambung ke atas mistar gawang.

Spurs yang belum mampu membobol satu angka pun membuat pelatih Mauricio Pochettino langsung melakukan pergantian dua pergantian pemain sekaligus. Kane dan Alli ditarik keluar, sementara Fernando Llorente dan Son Heung-min dimasukkan Pochettino dengan harapan memberikan poin bagi tim.

Tim tamu hampir membobol gawang Cech di menit 81. Saat itu, terjadi kemelut di depan gawang Arsenal, yang mana bola sudah dilepaskan lewat sundulan oleh Dier. Sayang, Cech dengan sigap menepis tembakan lawannya itu.

Arsenal vs Tottenham Hotspur.

Di babak perpanjangan waktu, lagi-lagi Lloris menjadi pahlawan dalam menjaga gawangnya. Sanchez menggiring bola ke gawang Lloris yang hanya dijaga dua pemain saja. Kosongnya lini pertahanan dimanfaatkan dengan baik oleh pemain asal Chile itu, namun berhasil digagalkan oleh kiper Spurs.

Serangan demi serangan dilakukan kedua tim. Sayang, hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga, tidak ada lagi gol yang tercipta.

Spurs harus menelan kenyataan pahit dengan kalah 0-2. Hal itu pun semakin memperpanjang catatan negatif mereka di Emirates Stadium, yang mana sudah tujuh tahun gagal meraih kemenangan di kandang Arsenal. Terakhir kali, mereka mampu menundukkan Emirates Stadium pada November 2010 lalu dengan skor 3-2.

Tambahan tiga poin bagi The Gunners itu pun mendongkrak posisi mereka di klasemen sementara. Kini mereka berada di posisi lima dengan torehan 22 poin.

Para pemain Arsenal melakukan selebrasi.

Susunan pemain:

Arsenal: Petr Cech, Laurent Koscielny, Shkodran Mustafi, Nacho Monreal, Hector Bellerin, Granit Xhaka, Aaron Ramsey, Sead Kolasinac, Mesut Ozil, Alexis Sanchez, Alexandre Lacazette.

Pelatih: Arsene Wenger

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris, Kieran Trippier, Eric Dier, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen, Ben Davies, Mousa Dembele, Moussa Sissoko, Christian Eriksen, Dele Alli, Harry Kane.

Pelatih: Mauricio Pochettino

ArsenalTottenham HotspurLiga Primer InggrisDerby London UtaraLiga Inggris

Berita Terkini