x

Deretan Laga Comeback Ibrahimovic Pasca Cedera

Minggu, 19 November 2017 20:40 WIB
Penulis: Matheus Elmerio Giovanni | Editor: Abdurrahman Ranala
Zlatan Ibrahimovic, striker Man United.

Zlatan Ibrahimovic merupakan striker asal Swedia yang memiliki kualitas mumpuni di depan gawang lawan. Dengan kualitas tajam, tidak perlu dipertanyakan alasan pemain yang akrab disapa Ibra itu membela klub-klub besar Eropa sepanjang karirnya.

Sebelum berlabuh di Manchester United, Ibrahimovic memiliki beberapa klub yang pernah ia bela. Diantaranya adalah Ajax Amsterdam, Juventus, Inter Milan, Barcelona, AC Milan dan Paris Saint-Germain. Membela 7 klub besar Eropa sepanjang karirnya, termasuk MU, Ibrahimovic mencatat 677 penampilan dengan mencetak sebanyak 402 gol dan 159 assist.

Baca Juga

Bermain di klub yang berbeda-beda selama kurang lebih 17 tahun, pastinya Ibra sudah cukup sering bolak-balik meja pengobatan karena mengalami cedera. Bukan hanya satu jenis cedera yang pernah dia alami, tapi beberapa jenis dan yang paling lama adalah cederanya yang terakhir kala membela Manchester United.

Ibrahimovic terlihat kesakitan saat dirinya mengakhiri laga kontra Chelsea pada tanggal 16 April 2017 lalu. Selang beberapa hari, dirinya divonis mengalami cedera robek ligamen yang notabene merupakan cedera yang memakan waktu lama untuk pemulihan. Seperti para pemain kebanyakan yang mengalami cedera serupa, Ibra harus mangkir selama lebih dari 200 hari. 

Ibrahimovic baru saja memainkan laga comeback-nya pasca cedera selama tujuh bulan, saat MU menggulung Newcastle United dengan skor 4-1 tadi malam.

Berikut INDOSPORT tampilkan 3 laga comeback Ibrahimovic pasca cedera di klub-klubnya selama ini:


1. Inter Milan - Absen 31 Hari

Zlatan Ibrahimovic saat masih membela Inter Milan

Saat masih membela Inter Milan pada musim 2007/08, Ibra pernah mengalami cedera lutut ringan yang membuatnya harus menunggu pulih selama 31 hari.

Ditarik oleh Roberto Mancini yang saat itu menjadi pelatih Inter, Zlatan Ibrahimovic memang terlihat kesakitan saat keluar lapangan. Laga tersebut adalah laga menghadapi Lazio pada tanggal 30 Maret 2017 di laga ke-31 Serie A musim 2007/08.

Ibra harus menghabiskan sebulan penuh untuk pemulihan hingga 1 Mei 2008 untuk bisa bermain lagi. Selama masa pemulihan, Ibra harus absen membela Inter dalam 5 laga Serie A. Tidak mau mengambil resiko, Mancini mulai memainkan Ibra pada laga terakhir musim menghadapi Parma pada tanggal 18 Mei 2008.

Dalam laga menghadapi Parma, Inter yang masih tertahan imbang tanpa gol memasukkan Ibra dimenit ke-51 menggantikan gelandang asal Brasil Cesar Rodrigues. Saat itu, Ibra langsung memberi pengaruh nyata dengan mencetak dua gol sekaligus dimenit ke-62 dan dimenit ke-79. Alhasil, Inter berhasil menutup musim dengan kemenangan 2-0 atas Parma dan mengamankan Scudetto untuk ke-16 kalinya.


2. Paris Saint-Germain - Absen 45 Hari

Zlatan Ibrahimovic saat masih membela PSG.

Cedera lainnya yang terbilang parah terjadi saat Zlatan Ibrahimovic membela Paris Saint-Germain. Cedera kali ini dialami Ibra saat menghadapi Olympique Lyonnais saat musim 2014/15 baru memasuki laga ke-6. Namun di laga tersebut, Ibrahimovic berhasil menyelesaikan laga dengan bermain selama 90 menit penuh.

Namun saat mengakhiri laga, Ibra terlihat tertatih saat keluar dari lapangan. Selang beberapa jam usai laga berakhir, tim dokter PSG langsung mengeluarkan pernyataan bahwa sang bintang mengalami cedera tumit. Tim dokter juga menegaskan bahwa Ibra harus absen selama 45 hari dan perkiraan baru bisa tampil pada awal November.

Tepat waktu, Ibrahimovic tertangkap kamera sudah mulai berlatih terpisah pada tanggal 6 November 2014. Dan pada laga kontra Olympique Marseille tanggal 10 November 2014, Ibrahimovic kembali ke atas lapangan sebagai pemain pengganti. Eks striker Inter itu masuk menggantikan Ezequiel Lavezzi dimenit ke-66.

Meski tidak mencetak gol dalam laga debut pasca cedera tersebut, PSG mampu mengakhiri laga tersebut dengan kemenangan 2-0 berkat gol penutup dari Edinson Cavani pada menit ke-85.


3. Manchester United - Absen 207 Hari

Zlatan Ibrahimovic saat kembali bermain untuk Manchester United.

Ibrahimovic seperti kena sial saat menghadapi Chelsea di laga ke-33 Liga Inggris musim 2016/17. Ibra masuk menggantikan Marcus Rashford pada menit ke-83 dan tidak mencetak gol. Selain itu, hanya bermain selama 7 menit waktu normal, Ibra terlihat kesakitan memegangi lututnya. 

Selang beberapa hari, tim dokter MU mengkonfirmasi bahwa pemain berusia 36 tahun itu mengalami cedera ligamen pada lututnya. Sebuah kabar buruk untuk fans Manchester United, dimana pada akhir musim mereka harus bermain di final Liga Eropa. Namun, jelang partai puncak Liga Eropa musim lalu, muncul kabar bahwa Ibra sudah mulai berlatih dan banyak yang mengharapkan sang striker bisa tampil untuk MU sesegera mungkin.

Namun, yang namanya cedera ligamen pada lutut, pastinya memakan waktu yang cukup lama untuk bisa pulih. Terbukti benar, Ibra memang tidak bermain di final Liga Europa dan juga tak kunjung bermain memasuki musim baru. Banyak yang memperkirakan dirinya akan memilih pensiun ketimbang kembali ke atas lapangan.

Namun kemarin malam, Ibrahimovic dengan nomor punggung baru yaitu nomor 10, dia masuk ke lapangan pada menit ke-77 menggantikan Martial. Dalam laga kontra Newcastle United, Manchester United mampu memenangkan laga dengan skor telak 4-1. Saat Ibra masuk ke lapangan, dirinya disambut meriah oleh puluhan ribu fans MU di Old Trafford. Kala itu, MU memang sudah memimpin skor 4-1 dan kedudukan tidak berubah hingga peluit akhir berbunyi.

Manchester UnitedSerie A ItaliaParis Saint-GermainInter MilanZlatan IbrahimovicPSGLiga InggrisLigue 1

Berita Terkini