x

Eks West Ham Hingga Sosok Kontroversial, Ini 3 Kandidat Pelatih Asing untuk Persib

Jumat, 24 November 2017 16:36 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

Jelang menyambut musim baru usai berakhirnya kompetisi Gojek Traveloka Liga 1 musim ini, Persib kini tengah menyiapkan amunisi mereka. Meraih hasil kurang maksimal di Liga 1 musim ini, harapan untuk mengembalikan kejayaan mereka tentu membuncah untuk musim depan.

Tak cuma rencana memboyong pemain baru, pelatih juga menjadi target perombakan manajemen Maung Bandung untuk musim depan. Nama Rahmad Darmawan sempat santer diberitakan membesut Persib, namun akhirnya gagal terlaksana karena kedua pihak tak mencapai kesepakatan.

Baca Juga

"Kami sudah bertemu dengan PT. Persib Bandung Bermartabat (PBB) dan berjalan baik hanya memang ada hal yang masih menghalangi saya bisa bergabung tahun ini," ujar RD, sapaan akrab, Rahmad Darmawan.

Rahmad Darmawan calon pelatih Sriwijaya FC.

Gagal bergabung dengan tim Pangeran Biru musim ini, RD pun kembali ke pelukan mantan klub yang pernah ditanganinya, Sriwijaya FC, usai memutuskan meninggalkan Malaysia. Tak sepakat dengan Rahmad Darmawan, Persib tak kehilangan kandidat pelatih berkualitas.

Deretan pelatih asing ini sebelumnya santer dikaitkan menjadi kandidat kuat juru racik baru Persib. Sebagian memiliki track record yang cukup baik, bahkan ada yang secara terang-terangan mengakui berhasrat untuk menangani Maung Bandung.

Berikut INDOSPORT merangkum deretan pelatih asing yang cocok untuk menangani Persib Bandung.

Para pemain Persib Bandung saat melakukan selebrasi.

1. Dejan Antonic

Dejan Antonic

Senasib dengan Rahmad Darmawan, pelatih Serbia, Dejan Antonic juga dipastikan gagal bergabung dengan Persib musim ini. Meski sempat dilirik untuk menangani Maung Bandung, namun tampaknya tak terjadi kesepakatan antara pihak manajemen Persib dan pelatih yang pernah menangani klub Hongkong tersebut.

Sebelumnya, Dejan mengaku tengah menjalin komunikasi intens dengan Pangeran Biru. Selang beberapa hari kemudian, pelatih berusia 48 tersebut memberikan kabar negatif.

"Sudah ada kontak dengan Persib. Tim lain pun juga ada. Saya harus pelan-pelan ambil keputusan. Saya lihat, Liga Indonesia masih banyak terjadi masalah," buka Dejan saat dihubungi INDOSPORT.

"Untuk musim depan, Persib mengabari bahwa saya tidak ada dalam rencana mereka. Oke tidak masalah," katanya menambahkan.

Dejan bukanlah sosok asing untuk Persib karena ia pernah menangani klub tersebut pada 2016 silam selama enam bulan. Dejan sempat membawa Persib melaju ke final Piala bhayangkara, namun saying ia gagal memberikan performa menawan untuk Maung Bandung di ajang Torabika Soccer Championship (TSC).

Namun tidak ada yang tahu bukan? Mungkin saja Persib kembali mengingnkan Dejan Antonic.


2. Milomir Seslija

Pelatih Persiba Balikpapan, Milomir Seslija.

Nama pelatih kontorversial, Milomir Seslija, sempat mencuat dan bahkan sudah dipublikasikan sebagai pelatih resmi Persib Bandung. Usai ditinggalkan Djajang Nurdjaman pada putaran pertama Liga 1 lalu, manajer Persib, Umuh Muchtar, sempat mengumumkan jika Milomir lah yang akan menjadi suksesor Djanur.

"Sudah kesepakatan bersama. Apa boleh buat, nanti secepatnya sebelum tanggal 5 (Agustus) dia sudah bisa memimpin," ujar Umuh seusai memantau tim latihan di Lapangan Lodaya, Bandung, Selasa (01/08/17), silam.

Namun drama terjadi tak lama setelah Persib menyatakan Milomir merupakan pelatih baru mereka. Pelatih asal Bosnia itu justru kabur dan meninggalkan Persiba Balikpapan, klub yang masih dilatihnya.

Milo diketahui meninggalkan Persiba dan memilih untuk mengundurkan diri. Milomir membantah dirinya pergi tanpa berpamintan dan menyatakan jika ia meninggalkan tim Beruang Madu yang saat itu terpuruk di zona degradasi secara baik-baik.

Pihak manajemen Persib yang sebelumnya telah menyatakan Milo ditunjuk sebagai pelatih baru pun akhirnya menarik pernyataan itu kembali. 


3. Peter Butler

Peter Butler mantan pelatih Timnas Botswana.

Paling anyar, eks West Ham United dan Timnas Botswana, Peter Butler, juga mengungkapkan keinginannya untuk menukangi Maung Bandung, julukan Persib.

Butler diketahui pernah melatih Persiba Balikpapan pada 2012 silam. Melalui agennya, Edy Syahputra, pelatih 51 tahun itu mengungkap keinginannya untuk melatih Persib musim depan.

“Peter mencatat lima klub besar yang ingin dia pegang, salah satunya Persib Bandung, sekarang dia masih di Inggris,” ujar Edy kepada wartawan di Bandung seperti dilansir dari lamanSimamaung.

 “Peter ingin mengangkat prestasi Persib musim depan,” tambahnya.

Edy menyebut jika Butler juga tengah melakukan pendekatan dengan klub lokal Indonesia lainnya selain Persib. Pelatih asal Inggris itu tak asing lagi dengan atmosfer sepakbola di Tanah Air karena pernah menukangi Persiba Balikpapan selama tiga musim yakni pada tahun 2006, 2008 dan 2012.

Persib BandungDejan AntonicMilomir SeslijaLiga IndonesiaLiga 1Peter Butler

Berita Terkini