x

Bila Tersingkir, 3 Hal Ini Jadi Sandungan Italia Gantikan Peru di Piala Dunia 2018

Sabtu, 25 November 2017 09:06 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Skuat Timnas Italia, Peru dan logo FIFA.

Nama Italia langsung mencuat pasca kabar kemungkinan Peru akan didepak dari Piala Dunia 2018 beredar. Sebab, Italia menjadi tim langganan yang selalu tampil dan merasakan atmosfer kompetisi akbar dunia itu sejak 1958 silam, yang mana terakhir kali gagal lolos dari babak kualifikasi.

Selain Italia, ada dua tim besar lain yang juga digadang-gadang masih mempunyai harapan untuk tampil, yaitu Belanda dan Chile yang juga kandas di babak kualifikasi.

Italia gagal melaju ke Rusia, Buffon meminta maaf.

Sedikit informasi, masa depan Peru di Piala Dunia 2018 ini dipertanyakan karena beredar kabar pihak negara yang ingin mengambil alih peran federasi sepakbola Peru. Sementara dari FIFA sendiri memberlakukan aturan akan menangguhkan tim dan anggota terkait dari kompetisi internasional jika ada intervensi berlebihan dari pihak pemerintah.

Namun, Presiden Federasi Sepakbola Peru pun sudah angkat bicara dan menyatakan kepercayaan diri mengenai kepastian Timnasnya tampil di Rusia pada tahun depan.

Baca Juga

Selain itu di sisi lain, harapan-harapan yang kerap kali diberitakan banyak media internasional, apalagi untuk Italia, juga bisa dikatakan sebagai delusi atau hanyalah sebuah khayalan jika Peru benar-benar digagalkan FIFA untuk tampil di Rusia.

Mengapa? Berikut ini INDOSPORT akan merangkum tiga alasannya untuk Anda, yang dirangkum dari Forbes (24/11/17).


1. Sudah Ada Banyak Wakil dari Eropa

Ekspresi kesedihan pemain Italia setelah digagalkan Swedia untuk melaju ke Rusia.

Hal pertama yang bisa menjadi alasan mengapa harapan untuk Italia kembali tampil di Piala Dunia 2018 hanyalah delusi karena sudah ada banyak wakil dari Eropa. Sebut saja Prancis, Portugal, Jerman, Serbia, Polandia, Inggris, Spanyol, Belgia, Islandia, Swiss, Kroasia, Swedia, dan juga Denmark.

Dengan total 13 perwakilan tim dari Eropa, ada kemungkinan besar FIFA memilih tim lain yang bukan berasal dari Zona Eropa untuk menggantikan Peru jika benar-benar didepak dari Piala Dunia 2018.

Pastinya, FIFA akan benar-benar memikirkan tim lain yang bisa menggantikan posisi Peru dan memberikan kesempatan bagi tim lainnya.


2. Tim yang Dikalahkan di Babak Play-off Kualifikasi yang Layak

Selandia Baru menjelang laga krusial melawan Peru.

Peru berhasil memastikan satu tiket untuk tampil di Piala Dunia 2018 usai melakoni laga play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018 kontra Selandia Baru.

Di leg pertama, Peru dan Selandia Baru hanya berhasil mengakhiri laga dengan skor 0-0 pada 11 November 2017 kemarin. Sementara di pekan selanjutnya, yaitu 16 November 2017 pada leg kedua, Peru berhasil mengalahkan Selandia Baru dengan skor 2-0.

Kemenangan agregat 2-0 bagi Peru pun memastikan mereka satu tiket ke Rusia. Oleh karena itu, jika mereka benar-benar tidak bisa tampil di kompetisi elite dunia itu, alasan yang masuk akal ialah tim yang dikalahkan di babak play-off, yaitu Selandia Baru sebagai tim yang layak untuk mendapatkan tiket dari Peru.


3. Chile Lebih Pantas Gantikan Peru

Alexis Sanchez, Mauricio Isla, Marcelo Diaz, dan Eduardo Vargas saat memperkuat Timnas Chile.

Alasan lain mengapa harapan Italia tampil di Piala Dunia 2018 menjadi khayalan semata karena Chile yang dianggap lebih pantas untuk menggantikan Peru. Hal itu ditilik dari hasil akhir Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan.

Pasalnya saat itu, Peru berhasil mengalahkan Chile yang mana mereka menduduki posisi lima klasemen akhir dan berlanjut ke babak play-off. Sementara Chile membuntuti di posisi keenam dengan jumlah poin sama yaitu 26 poin.

Sayangnya, Alexis Sanchez dkk harus kalah dalam urusan selisih gol, yang mana mereka mempunyai jumlah -1 sementara Peru mempunyai jumlah +1. Seandainya saat itu Chile bisa membobol lebih dari dua gol lagi, maka mereka yang dipastikan melaju ke babak play-off.

Maka dari itu, jika bukan Selandia Baru yang mengambil alih tiket milik Peru, maka Timnas Chile lah yang dikatakan pantas dan layak untuk bisa tampil di Piala Dunia 2018.

ChileItaliaPiala Dunia 2018PeruBola InternasionalSelandia Baru

Berita Terkini