x

'Pengkhianatan' Neymar Jadi Pelajaran bagi Kontrak Baru Lionel Messi

Senin, 27 November 2017 11:36 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Arum Kusuma Dewi
Lionel Messi dan Neymar.

Pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi telah secara resmi meneken kontrak baru bersama timnya dengan masa kontrak empat tahun atau hingga 2021 mendatang. Tidak tanggung-tanggung, di kontrak barunya saat ini, sang pemain mempuyai klausul pelepasan mencapai 700 juta euro (Rp11,2 triliun).

Jika klausul pelepasan dengan harga fantastis itu diaktifkan oleh satu klub, maka dirinya otomatis akan menjadi pemain termahal di dunia. Status itu pun akan beralih dari diri Neymar yang mempunyai harga mencapai 222 juta euro atau Rp3,4 triliun.

Neymar disambut dengan meriah di Stadion Parc des Princes.

Namun, pemberian dana besar pada diri Messi itu bukanlah sembarangan. Pasalnya, pihak klub menyematkan harga tinggi pada pria berusia 30 tahun itu untuk menghindari sang pemain hengkang dari Camp Nou. Kasus Neymar-lah yang dikatakan menjadi pembelajaran bagi pihak klub.

Sebagaimana diketahui, pemain termahal di dunia itu berpisah dengan Barca usai Paris Saint-Germain mengaktifkan klausul pelepasan pada dirinya. Seakan tidak ingin kembali dikhianati oleh pemain andalan, harga 700 juta euro pun disematkan pada diri Messi.

Baca Juga

Selain itu, harga tinggi itu pastinya juga akan membuat klub-klub elite lainnya tidak berani untuk mendekati Messi. Jika beberapa klub melakukan penawaran dan ditolak oleh Barcelona, mereka pun tidak berani mengaktifkan klausul pelepasan itu karena bisa terkena aturan Financial Fair Play (FFP).

"Kami tidak pernah takut. Lionel Messi selalu bahagia di Barca dan kami ingin dirinya pensiun di sini, seperti yang ia inginkan. Kami berbicara mengenai klausul dan dengan pengalaman sebelumnya bersama Neymar, kami harus melindungi diri kami," jelas Direktur Guillermo Amor, dikutip dari Goal (27/11/17).

Lionel Messi memperpanjang kontraknya bersama Barcelona.

Sedikit informasi, Messi saat ini sudah 13 tahun lebih berseragam jersey Barcelona. Dirinya pun sudah ikut memperkuat timnya di 602 laga pertandingan dengan mencetak 523 gol dan 234 assists.

Selain itu, sang pemain juga sudah menyumbangkan banyak gelar, di antaranya delapan gelar La Liga Spanyol, enam trofi Piala Super Spanyol, lima titel juara Copa del Rey, empat trofi Liga Champions, serta masing-masing tiga gelar Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa.

Lionel Messi.
NeymarBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLiga Spanyol

Berita Terkini