x

6 Stadion Eropa Ini Dilengkapi Keindahan Fasilitas Masjid yang Bikin Betah I'tikaf

Selasa, 28 November 2017 08:12 WIB
Penulis: Isman Fadil | Editor: Arum Kusuma Dewi

Berbicara sepakbola pasti akan mencakup tentang pembicaraan mengenai pemain, klub, negara, pelatih hingga wasit. Namun, di antara itu semua, ada satu sisi yang sering dilupakan pecinta bal-balan ketika berbicara soal olahraga si kulit bundar tersebut, yaitu stadion.

Soal stadion Eropa, pastinya tidak jauh-jauh dari masalah kemegahannya serta klub pemiliknya yang kaya luar biasa. Jadi bukan hal yang aneh kalau banyak lapangan hijau di sana sudah seperti bangunan dengan fasilitas bintang lima. 

Namun yang jadi pertanyaannya adalah apakah sudah ada stadion yang memiliki tempat ibadah untuk yang beragama Islam? Benua biru Eropa memang memiliki penduduk mayoritas non-Muslim. Karena itu, keberadaan masjid di sana bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan. 

Allianz Arena.

Di Eropa, banyak stadion yang memiliki fasilitas lengkap sehingga membuat para penontonnya merasa nyaman. Namun, bisa dikatakan tidak banyak yang memiliki tempat ibadah masjid. Keberadaan masjid sendiri sangat penting bagi pemeluk agama Islam sebagai sarana untuk melaksanakan ibadah shalat lima waktu.

Meski begitu, ada beberapa stadion di Eropa yang menyediakan masjid di dalamnya. Bahkan, stadion itu merupakan markas dari klub-klub raksasa Eropa.

Dibangunnya masjid secara khusus di lingkungan stadion sepakbola selain diperuntukkan untuk memudahkan para pemain atau suporter yang beragama muslim juga adalah bentuk toleransi beragama yang ditunjukkan oleh sejumlah manajer klub.

Sebagian pemilik klub juga beranggapan bahwa sepakbola bisa dijadikan sebagai alat yang dapat menyatukan segala macam perbedaan termasuk perbedaan keyakinan dalam beragama. Lantas, stadion Eropa mana saja yang dilengkapi dengan fasilitas masjid?

Berikut INDOSPORT menyajikan 6 stadion klub Eropa yang menyediakan masjid di dalamnya.


1. Allianz Arena

Tampilan depan Stadion Allianz Arena.

Klub Bundesliga, Bayern Munchen meresmikan masjid baru di kompleks Stadion Allianz Arena pada awal November 2017 lalu. Masjid ini kabarnya merupakan hasil inisiatif gelandang The Bavarians, Frank Ribery. Pemain asal Prancis yang beragama islam itu meminta kepada pengurus klub supaya menyediakan satu bilik kecil sebagai Musala.

Menurut sumber, dana pembangunan masjid tersebut 85 persen bersumber dari manajemen. Sementara 15 persen datang dari sumbangan pemain dan suporter pemeluk agama Islam. 

Manajemen Allianz Arena mengungkapkan, pembangunan masjid di komplek stadion bisa memenuhi kebutuhan ibadah suporter muslim. Masjid tersebut juga dilengkapi perpustakan dan seorang imam tetap. 


2. Kazan Arena

Kazan Arena.

Stadion milik klub Rusia, Rubin Kazan, ini dibangun masjid karena mayoritas masyarakat Kazan adalah muslim. Pihak klub pun memutuskan untuk membangun masjid stadion kebanggaan warga kota.

Selain itu pembangunan tempat ibadah ini juga sebagai simbol toleransi yang ada di sana. Alhasil para pengunjung Kazan Arena ini mengaku sangat betah jika menonton pertandingan di stadion tersebut karena sangat terbantu dalam beribadah.

Kazan Arena sendiri baru dibuka pada Juli 2013 lalu. Rencananya stadion ini akan menjadi tempat event Piala Dunia 2018 mendatang.


3. Stadion Etihad

Stadion Etihad.

Stadion Etihad yang menjadi markas besar Manchester City ini membangun masjid sebagai fasilitas ibadah khusus untuk umat muslim di dalam lingkungan stadion mereka. Pembangunan masjid di dalam stadion ini telah dirancang sedemikian rupa agar umat Islam nyaman beribadah.

Sejarahnya sendiri, pembangunannya dilatar belakangi oleh sang pemilik yang merupakan miliarder ternama timur tengah bernama Syeikh Mansour Zayen Al Nahyan.

Selain berhasil mengubah status klub dari biasa-biasa saja menjadi papan atas, Sheikh Mansour juga menata ulang filosofi bisnis sepakbola Manchester City tanpa menyangkal sisi religiusnya.


4. Ewood Park

Ewood Park.

Ewood Park merupakan markas klub Inggris, Blackburn Rovers. Sama halnya dengan Stadion Etihad. Ewood Park juga memiliki masjid di dalamnya.

Uniknya, Ewood Park juga membangun gereja untuk memfasilitasi para fans yang memiliki latar belakang agama beragam.

Tom Finn sebagai manajer direktur Blackburn Rovers membangun fasilitas ibadah ini dalam bentuk bangunan permanen dan agak sedikit jauh dari kebisingan dengan harapan bisa memberikan ketenangan umat beragama dalam beribadah.
 


5. St James' Park

St James' Park.

Newcastle United dengan stadionnya, St. James Park juga punya masjid di dalamnya. Meski bertajuk "St." yang identik dengan gelar Santo dalam tradisi umat Nasrani, namun nyatanya manajemen stadion mengerti bahwa agama sangat berpengaruh besar terhadap mentalitas para pemain.

Pihak klub memutusukan untuk mendirikan masjid lantaran banyak pemain muslim yang bermain untuk Newcastle. Beda dengan masjid yang lain, milik Newcastle ini bisa dibilang sebagai tempat khusus untuk beribadah, sehingga jangan kaget jika di sebelahnya ada bakal banyak penganut agama lain yang juga diberikan lahan untuk melakukan aktivitas keagamaan.


6. Macron Stadium

Macron Stadium.

Macron Stadium menjadi markas klub Inggris, Bolton Wanderers. Sebelumnya, nama stadion yang berkapasitas 28.723 tempat duduk itu adalah Bolton Reebok Stadium. Masjid di Macron Stadium didirikan karena cukup banyak warga di Bolton, Inggris, yang menganut agama Islam. 

Masjid di Maron Stadium sudah ada sejak tahun 2006. Meskipun stadion itu sudah ada sejak tahun 1997, hingga saat ini, areal masjid dan tempat ibadah di sana masih terawat dengan baik, hal ini menjadi simbol bagaimana mereka menghargai toleransi antar umat beragama.

Bayern MunchenNewcastle UnitedBolton WanderersBlackburn RoversAllianz ArenaRubin KazanBola InternasionalStadion Etihad

Berita Terkini