x

Sempat Bikin Baper Bobotoh, Deretan Pelatih Ini Gagal Latih Persib

Selasa, 28 November 2017 21:17 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini

Teka-teki siapa pelatih baru Persib Bandung akhirnya telah terjawab. Melalui akun instagram resminya, Persib telah mengumumkan nama Roberto Carlos Mario Gomez sebagai juru taktik baru mereka menggantikan Emral Abus.

"Wilujeng Sumping di #PERSIB Coach Roberto Carlos Mario Gomez! #NewCoach #NewHope #PERSIBsalawasna," tulis Persib dalam caption-nya.

Dilansir Persib.co.id, pelatih asal Argentina itu ditunjuk menangani Maung Bandung untuk Liga 1 musim 2018, dan akan dikontrak selama dua musim.

Dengan kehadiran pelatih baru ini, Persib yang musim lalu tampil kurang memuaskan mempunyai harapan baru. Gomez diharapkan akan kembali membangkitkan klub kebanggaan warga Jawa Barat tersebut.

"Setelah melalui proses yang cukup panjang, kedua belah pihak akhirnya menjalin kesepakatan dengan durasi dua tahun untuk membangun dan membentuk tim PERSIB agar kembali ke jalur kejayaannya," demikian pernyataan Persib dilansir dari laman resmi.

Sebelumnya, pelatih berusia 60 tahun itu pernah menangani klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT) pada musim 2015/2016. Pada musim itu, ia mendapat penghargaan Coach of the Year Liga Malaysia dan sukses mengantarkan JDT merai Piala AFC Cup pada tahun 2015.

Pelatih anyar Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez.

Resminya Persib ditangani oleh pelatih asing, cukup mengejutkan banyak pihak termasuk Bobotoh, pasalnya rumor ketertarikan Maung Bandung kepada Gomez sama sekali tak terdeteksi oleh media.

Bahkan, rumor yang berkembang justru nama-nama pelatih yang sudah tak asing di telingan publik sepakbola Indonesia lah, yang dikabarkan segera menjadi pelatih baru Persib.

Namun, akhirnya mereka gagal merapa ke Kota Kembang. Lantas, siapa saja pelatih yang tak asing tersebut? Berikut INDOSPORT coba merangkumnya:


1. Rahmad Darmawan

Rahmad Darmawan.

Gagalnya Djajang Nurjaman dan Emral Abus membangkitkan Persib Bandung musim lalu, membuat manajemen Persib bertindak cepat untuk memburu beberapa nama pelatih, salah satunya adalah Rahmad Darmawan, usai kompetisi Liga 1 selesai.

RD sapaan karib Rahmad Darmawan santer dikabarkan akan mengarsiteki Maung Bandung musim depan, namun negosiasi yang terlalu alot membuat kedua belah pihak tak menemui kata sepakat, selain itu ada hal lain juga yang menghalanginya.

Baca Juga

"Kami sudah bertemu dengan PT.PBB dan berjalan baik hanya memang ada hal yang masih menghalangi saya bisa bergabung tahun ini," ujar mantan pelatih Timnas U-23 itu.

Disinyalir kuat hal yang menghalanginya itu adalah perihal nilai transfer yang cukup besar. Rahmad sejatinya bisa pindah ke Persib asalkan tim juara ISL 2014 itu mau menanggung biaya transfer dirinya dari klub asal Malaysia T-Team. Tapi manajemen Pangeran Biru keberatan karena nilainya cukup besar. Pada akhirnya pelatih berusia 51 tahun itu merapat ke Sriwijaya FC untuk musim depan.


2. Dejan Antonic

dejan antonic

Setelah Rahmad Darmawan, kini nama pelatih yang sudah berlisensi Pro UEFA, Dejan Antonic sempat dikabarkan akan mengarsiteki Persib Bandung musim depan.

Dejan yang sebelumnya pernah melatih Maung Bandung untuk ajang Indonesia Soccer Championship ini, tertarik kembali melatih Persib setelah prihatin, melihat perofrma tim kebanggan Bobotoh itu tampil kurang memuaskan sepanjang musim lalu.

"Dari hati, saya siap untuk Persib. Saya belajar banyak dari kemarin kalau bobotoh dan manajemen mau, kenapa tidak, saya bisa balik lagi. Pelatih besar juga banyak yang kembali ke timnya. Saya tidak akan lupa Persib dan Bobotoh," ujarnya dalam wawancara yang disiarkan Radio PRFM, Sabtu (28/10/17) malam.

Namun, akhirnya Dejan gagal kembali melatih Atep dkk setelah terlempar dari bursa calon pelatih. Hal itu diketahui dari akun twitter pribadinya, yang mengatakan dirinya tak jadi kembali ke Persib muim depan.


3. Nilmaizar

Eks pelatih Semen Padang masuk kandidat pelatih Persib.

Pelatih selanjutnya yang dikabarkan akan melatih Persib Bandung adalah, Nilmaizar. Entah datang rumor dari mana, tiba-tiba nama mantan pelatih Semen Padang itu meramaikan bursa calon pelatih Maung Bandung dalam beberapa hari terakhir.

Untuk urusan prestasi, pelatih berusia 47 tahun itu sempat meraih beberapa gelar, bahkan dirinya juga sempat ditunjuk untuk menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia. Ketika dikonfirmasi, Nil menampik hal tersebut. Dia menegaskan hingga saat ini belum ada komunikasi dengan manajemen Persib Bandung.

Baca Juga

"Iya teman-teman juga bilang begitu (gosip saya ke Persib), tapi saya belum ada kontak dengan manajemen tim (Persib). Sampai sekarang belum ada juga (kontrak dengan tim lain)," kata dia saat dihubungi wartawan, Sabtu (25/11/2017).

Namun, akhirnya rumor tersebut terjawab setelah Persib mendatangkan Roberto Carlos Mario Gomez sebagai pelatih mereka musim depan.


4. Milomir Seslija

Milomir Seslija mengakui bahwa Semen Padang tak semestinya berada di papan bawah klasemen Liga 1.

Milomir Seslija sempat menjadi perbincangan panas lantaran membuat ulah, setelah menyatakan mundur sebagai pelatih Persiba Balikpapan ditengah-tengah kompetisi Liga 1. Langkah pengunduran diri Milo, sapaan akrabnya, terkesan sangat kontroversial karena dilakukan secara mendadak.

Baca Juga

Gelagat tak mengenakkan Milo mulai terkuak saat ia tertangkap kamera tengah berada di Bandara Internasional Sulaiman Sepinggan, Rabu (09/08/17). Pelatih asal Yugoslavia itu diduga hendak kabur diam-diam meninggalkan Balikpapan untuk bergabung dengan Persib Bandung, klub yang belakangan santer bakal meminangnya.

Pihak Persiba sendiri sangat menyayangkan tingkah tak pantas Milo yang memegang lisensi kepelatihan A UEFA tersebut dan menolak pengunduran diri Milo tanpa alasan yang jelas. 

Persib BandungAlfred RiedlNilmaizarDejan AntonicRahmad DarmawanMilomir SeslijaLiga IndonesiaLiga 1Roberto Carlos Mario Gomez

Berita Terkini