x

5 Gol Paling Gemilang Sepanjang Zaman dari Tengah Lapangan

Kamis, 30 November 2017 18:15 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Galih Prasetyo

Sejarah sepakbola dunia mencatat begitu banyak momen gemilang di banyak laga yang terjadi sepanjang zaman. Ada tendangan gol yang terjadi menjelang injury time, hingga blunder unik yang dilakukan oleh penjaga gawang hingga lawan mampu mencetak angka di menit-menit akhir laga. 

Namun, tendangan gol dari tengah menjadi salah satu momen yang tak pernah gagal membuat para penikmat sepakbola di seluruh dunia berhentik tercengang. Dini hari tadi, Kamis (30/11/17), Wayne Rooney juga melakukan hal itu. Sepakan eks striker Man United itu dari tengah lapangan meluncur deras ke gawang West Ham yang dijaga Joe Hart. Laga dini hari tadi itu sendiri dimenangkan Everton dengan skor telak 4-0.

Mengingat sebuah momen klasik yang terjadi kala timnas wanita Amerika Serikat mampu menghancurkan timnas Jepang di babak final Piala Dunia beberapa waktu lalu. Carli lloyd mencatat hattrick mencengangkan pada 16 menit pertama laga.

Baca Juga

Hal yang membuat para penggemar sepakbola wanita tak berhenti berdecak kagum, lloyd melakukan ketiga tendangan gol tersebut dari garis tengah lapangan. Bola yang ia tendang mampu melesak rapi merobek penjagaan kiper timnas Jepang, Ayumi Kaihori. 

Melihat momen tendangan gol tersebut, tentunya banyak pemain kelas dunia lainnya yang tercatat juga pernah menghadirkan gol terbaik dari garis tengah lapangan. Gol tersebut kemudian diingat sebagai sebuah momen terbaik dalam dunia sepakbola sepanjang zaman. 

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum momen-momen gol terbaik sepanjang masa yang dilahirkan dari kaki para pemain sepakbola kelas dunia melalui garis tengah lapangan:


1. David Beckham

David Beckham saat mengeksekusi bola.

Dengan nomor punggung 10 yang hingga kini masih melegenda, Bechkam yang dulu bergabung dengan Manchester United menjadi salah satu pemain yang mampu menorehkan gol gemilang dari garis tengah lapangan. 

Kala itu, Beckham hadir di United, menggantikan Mark Hughes. Ia berhasil mencetak gol gemilang dan menjadi momen tak terlupakan dalam laga yang mengawali musim 1996 tersebut.

Beckham berhasil mencetak gol dari garis tengah lapangan ketika dirinya membela Manchester United saat melawan Wimbledon. Suami dari Victoria itu pun mengakui bahwa gol itu merupakan yang terhebat sepanjang karirnya sebagai pemain sepakbola sebelum akhirnya memilih untuk gantung sepatu.


2. Xabi Alonso

Caption

Alonso berhasil mencetak gol dari jarak yang cukup jauh ketika dirinya masih membela Liverpool pada 2006 lalu. Diketahui, gol yang ia lesakkan kala itu ke gawang Newcastle, dihasilkan dari kejauhan sekitar 100 yard.

Tendangan jarak jauh dari garis tengah lapangan yang dilesakkan oleh pemain yang kini membela Real Madrid itu, nyatanya tak mampu lagi dibendung oleh kiper Newcastle, Steve Harper. Alonso pun berhasil mencetak angka untuk the Reds dalam laga tersebut. 

Dalam laga tersebut, Alonso menjadi salah satu penyumbang gol yang membawa kemenangan bagi Liverpool usai menekuk Newcastle dengan skor 2-0, sebelum Dirk Kuyt membuka gol pertama dalam laga itu. 


3. Rivaldo

Caption

Mungkin tendangan Rivaldo untuk BArcelona ini bukan yang terbaik, seperti ketika Blaugrana masuk dalam Liga Champions musim 2000-2001. Namun serangan yang dilesakkan oleh Rivaldo ke gawang lawannya masuk dalam hitungan gol terbaik sepanjang masa dari garis tengah lapangan. 

Serangan jarak jauh yang dilakukan oleh Rivaldo ini sendiri terbilang cukup indah meski dilakukna tanpa usaha yang cukup keras dan elegan. Tendangan Rivaldo ini begitu alami terjadi hingga tercatat sebagai gol jarak jauh yang pantas diingat sepanjang masa. 

Kala itu, tendangan jarak jauh yang dilakukan oleh Rivaldo terjadi saat dirinya masih membela Barcelona saat menghadapi Atletico Madrid dalam laga lanjutan La Liga Spanyol pada 1998 silam. 


4. John Bailey

John Bailey

Kembali ke era klasik, ketika John Bailey menorehkan tendangan gemilang yang mampu menghasilkan gol dari jarak yang cukup jauh, di garis tengah lapangan, ketika membela Everton melawan Luton T. 

Tendangan tersebut membawa bola merobek penjagaan gawang Luton T yang diampu oleh Jake Findlay. Kiper tersebut memang akhirnya mengakui telah melakukan kesalahan fatal yang membuat bola itu memantul dan masuk ke gawang. 

Laga antara Everton melawan Luton T itu mencatat momen gol terbaik yang ditorehkan oleh Bailey pada 1982 silam. Gol tersebut pun kemudian tercatat sebagai salah satu momen terbaik sepanjang sejarah sepak bola Inggris. 


5. Dejan Stankovic

Dejan Stankovic

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa Manuel Neuer menjadi satu-satunya pemain yang menjadi legenda bagi klub Italia tersebut usai aksi diving spektakulernya, hingga menghasilkan sebuah gol ke gawang lawan.

Namun rupanya, Intermilan masih memiliki Dejan Stankovic yang mampu memberikan tendangan bak bermain bola voli. Lewat tendangan tersebut, Stankovic malah berhasil menjebol gawang lawannya. Tendangan voli itu pun menjadi begitu menggelikan jika kembali diingat.

Aksi Stankovic tersebut terekam saat laga babak pertengahan antara Inter Milan melawan Schalke FC, dalam laga lanjutan Liga Champions pada 2011 lalu. Sayangnya, kemenangan akhirnya diraih oleh Schalke FC dengan skor 2-5. Namun gol tersebut patut menjadi salah satu yang perlu dikenang sepanjang masa.

Manchester UnitedDavid BeckhamInter MilanEvertonXabi AlonsoBola Internasional

Berita Terkini