x

Deretan Insiden Pertengkaran Conte dengan Wasit hingga Diusir

Kamis, 30 November 2017 11:01 WIB
Penulis: Frederica | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Pelatih Chelsea, Antonio Conte.

Pada laga pekan ke-14 Liga Primer Inggris 2017/18, The Blues berhasil menang 1-0 saat menjamu Swansea City lewat gol milik Antonio Rudiger, Kamis (30/11/17). Sayangnya, kemenangan itu harus tercoreng dengan aksi buruk dari pelatih Antonio Conte.

Baca Juga

Pasalnya, pelatih asal Italia itu harus menerima kenyataan pahit dengan diusir dari lapangan. Saat laga menyisakan waktu dua menit sebelum akhir paruh babak pertama, Conte diketahui berteriak dan melakukan protes keras kepada ofisial keempat, Lee Stephen Mason.

Mantan pelatih Juventus itu menilai bahwa keputusan Mason untuk tidak memberikan hadiah sepakan pojok bagi timnya sebagai hal tidak tepat. Alhasil, wasit Neil Swarbick pun langsung menegur dan memintanya duduk di tribun penonton di sisa waktu pertandingan.

Antonio Conte berdebat dengan wasit.

Meskipun itu menjadi catatan buruk yang pertama kali bagi Conte saat menukangi The Pensioners, hal itu bukan menjadi pertama kalinya dialami saat mengembangkan karier kepelatihan di dunia persepakbolaan.

Saat melatih tim-tim sebelumnya, pelatih berusia 48 tahun itu juga pernah mengalami nasib serupa. Bahkan tidak tanggung-tanggung, anak asuh dan rekannya juga harus terkena larangan akibat perbuatan kasar.

Antonio Conte duduk di tribun penonton.

Berikut ini INDOSPORT merangkum aksi cekcok yang pernah dialami Antonio Conte dengan wasit dan membuat dirinya diusir dari lapangan.


1. Juventus vs Chievo Verona

Antonio Conte saat masih menjadi pelatih Juventus.

Baru setengah musim bergabung bersama Juventus, Antonio Conte sudah harus terlibat cekcok dengan wasit. Pada laga pekan ke-26 Serie A Italia musim 2011/12 lalu, Conte harus diusir dari lapangan saat menjamu Chievo Verona.

Saat itu, laga berakhir dengan skor imbang 1-1. Paolo De Ceglie berhasil membawa tim tuan rumah unggul lebih dulu di menit ke-18, sebelum akhirnya disamakan oleh Boukary Drame pada menit ke76.

Pertandingan pun diwarnai dengan atmosfer yang agak panas, yang mana wasit Andrea Gervasoni mengusir dua orang di kubu Juve. Pertama, Conte harus diusir keluar lapangan usai berteriak kepada ofisial keempat.

Saat itu, Conte meluapkan kemarahan karena menilai keputusan pengadil lapangan yang tidak tepat lantaran tidak menghadiahkan penalti pada timnya ketika De Ceglie dilanggar di dalam kotak penalti. Alhasil, pelatih asal Italia itu meneriaki ofisial pertandingan dan langsung dikirim keluar lapangan, dikutip dari Bleacher Report (08/03/12).

Selain Conte, Leonardo Bonucci juga terpaksa keluar lapangan pada menit ke-84 usai dirinya menerima kartu kuning kedua. Kartu kuning itu didapatkan karena sang pemain melakukan tekel keras pada pemain Verona.


2. Juventus vs Genoa

Antonio Conte.

Di pekan ke-22 Serie A Italia musim 2012/13 pada 27 Januari 2013 lalu, Juventus yang menjamu Genoa di Allianz Stadium hanya mampu mengakhiri laga dengan skor imbang 1-1. Saat itu, Fabio Quagliarella berhasil membawa Si Nyonya Tua unggul lebih dahulu sebelum skor disamakan oleh Marco Borriello dalam selisih waktu 14 menit.

Sayangnya, Antonio Conte kala itu harus menerima hukuman larangan membimbing timnya dalam dua laga karena menghina ofisial pertandingan. Dilaporkan Reuters (28/01/13), pelatih asal Italia tersebut berlari ke lapangan dan meluapkan kemarahannya kepada ofisial pertandingan.

Setelahnya, Conte juga menilai bahwa wasit Marco Guida sebagai hal yang memalukan. Ada pun penghinaan yang dilakukan Conte kepada para pengadil lapangan dan juga mengulangi ucapan kasarnya di ruang ganti.

Selain Conte, Direktur Olahraga Giuseppe Marotta juga mendapatkan hukuman selama tiga minggu atas masalah serupa. Ada pun bek Leonardo Bonucci yang diberi larangan untuk melakoni satu pertandingan karena diketahui menghina ofisial keempat dan sang wasit setelah pasca.


3. Catania vs Juventus

Antonio Conte.

Usai mendapatkan hukuman pasca melakoni laga kontra Chievo Verona dan Genoa sebelumnya, Antonio Conte juga kembali diusir oleh wasit saat melakoni laga kontra Catania pada 2014. Dirinya yang masih mengarsiteki Juventus saat itu harus kembali bermasalah dengan ofisial pertandingan.

Kala itu, Juventus tengah melakoni laga tandang dengan bertamu ke markas Catania pada pekan ke-29 Serie A Italia 2013/14 pada 24 Maret 2014 lalu. Saat itu, Si Nyonya Tua berhasil menang tipis 1-0 lewat gol milik Carlos Alberto Tevez.

Sayangnya, Conte harus diusir dari lapangan hijau saat pertandingan tengah berlangsung. Tidak hanya dirinya saja, pelatih Catania, Rolando Maran juga turut diusir oleh wasit Antonio Damato.

Menurut pemberitaan Goal (24/03/14), kedua pelatih mendapatkan perintah untuk keluar dari lapangan di pertengahan paruh babak pertama. Saat itu, keduanya diusir lantaran terlibat cekcok terkait insiden yang melibatkan striker Catania, Gonzalo Bergessio dengan Leonardo Bonucci.

Tindakan yang dilakukan oleh pengadil lapangan asal Italia itu disinyalir sebagai langkah untuk menenangkan kedua belah pihak yang tengah panas.

"Saya pikir Damato ingin memberikan sinyal kepada para pemain di lapangan dengan mengusir para pelatih dan mencoba menenangkan segala sesuatunya. Itu pada dasarnya merupakan peringatan, karena ia tidak bisa mengirim pemain keluar," ungkap Conte usai laga.

ChelseaSerie A ItaliaJuventusAntonio ConteLiga Primer InggrisBola Internasional

Berita Terkini