x

Jadi Tempat Pengundian Piala Dunia 2018, Ini 5 Destinasi Misterius Kompleks Istana Kremlin

Jumat, 1 Desember 2017 21:08 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini

Bisa dipastikan seluruh dunia saat ini tengah memantengi pesawat televisi demi satu tujuan. Menjadi saksi sejarah pengundian grup Piala Dunia 2018 yang akan diadakan beberapa jam ke depan.

Disiarkan langsung dari Kompleks Istana Kremlin, Rusia, acara ini dihadiri oleh pelaku sepakbola sejagat. Lansiran terakhir, legenda bola Argentina Diego Armando Maradona sudah hadir di sana dan pose bareng pembawa acara utama di perhelatan tersebut yakni mantan pemain Timnas Inggris, Gary Lineker.

Selain acara tersebut yang bikin menarik tentu juga pemilihan tempatnya. Tak sembarangan jika Presiden Rusia Vladimir Putin menyediakan Kompleks Istana Kremlin untuk dijadikan gelaran pengundian grup. Di balik tujuan pemerintahan Negeri Beruang Merah soal tempat perhelatan, ternyata Kremlin merupakan tempat yang paling misterius di negara tersebut.

Masih banyak beberapa area di kompleks istana itu yang rahasia dan dilarang untuk dimasuki oleh orang yang tak berkepentingan. Jangankan warga negara lain, penduduk Rusia sendiri masih memandang penuh mistis pada bangunan yang didirikan tahun 1984 oleh arsitek bernama Konstantin Ton. 

Dilansir dari rbth.com, ada 5 tempat rahasia di Kremlin yang terungkap. Apa saja? Simak uraian INDOSPORT berikut ini.


1. Kandang Pasukan Burung Elit Kremlin

Kremlin ternyata mempekerjakan beberapa 'pegawai berbulu' sebagai stafnya.

Percayalah bahwa kemampuan intelijen Rusia tak dapat Anda bayangkan. Selain memiliki militer tangguh, mereka juga memiliki tentara berbulu yakni sekumpulan elang, ada yang jenis elang pemburu, serta seekor burung hantu pembunuh yang menjadi komandan tertingginya. Tugas utama para prajurit ini menjaga kompleks Istana Kremlin dari berbagai serangan. Utamanya serangan burung lain yang sudah dilatih menjadi mata-mata. 

Namun ada juga burung-burung gagak biasa yang bandel dan suka bermain di atap katedral dalam kompleks istana. Cakarnya menggores kubah sehingga kecantikan istana sedikit cacat. Pasukan elang dan burung hantu inilah solusinya.

Para tentara bulu ini bermarkas di Menara Taynitskaya dan jika musim dingin mereka ada sarang yang tertanam di dinding di antara Menara Nabatnaya dan Spasskaya. Markas ini yang tidak pernah diketahui warga padahal gak tersembunyi-tersembunyi amat, lho. Namun warga jarang menemukannya. Aneh, kan?


2. Sekat Kayu Bersejarah dari Biara yang Musnah

Sekat Kayu Bersejarah

Rusia pernah memasuki masa sulit ketika terbentuk Uni Soviet. Di era tersebut seluruh bangunan relijius dihancurkan dan sebagian dialihfungsikan sebagai gudang, museum, dan penyimpanan arsip. 

Nasib buruk itu juga menimpa Biara Voznesensky di Kremlin. Dihancurkan oleh Stalin meski mendapat kecaman keras dari banyak pihak seluruh dunia, Stalin tetap meratakan bangunan tersebut.

Meski demikian, masih ada yang bisa diselamatkan yakni Ikonostasis atau sekat kayu yang memisahkan ruang suci gereja Ortodoks. Kini benda tersebut dan peninggalan yang masih bisa diselamatkan disimpan di Katedral Bogoyavlensky.


3. Lonceng Raksasa Istana Kremlin

Lonceng Raksasa Istana Kremlin

Jadi, pada 1960 dibangunlah Istana Negara Kremlin dan dinobatkan sebagai objek warisan budaya. Bangunan ini kerap digunakan sebagai tempat pertemuan politik-sosial, pertunjukan konser, teater, dan Kremlin Ballet Theater. 

Tapi tak ada yang tahu, ternyata bangunan ini juga diyakini menjadi tempat bersemayamnya lonceng blagovestnik (lonceng terbesar dalam kumpulan lonceng Ortodoks) dan beratnya mencapai belasan ton. Benda yang dibuat di awal abad 20 ini disimpang di bawah panggung pertunjukan! 


4. Persembunyian Istana Poteshny

Istana Poteshny yang Tersembunyi

Istana Poteshny berada di samping dinding Kremlin sebelah barat merupakan istana yang kehadirannya tidak disadari banyak orang. Padahal sejarah bangunan ini sangatlah luar biasa. Bangunan ini diberikan Tsar Aleksei Mikhailovich pada mertuanya, Boyar Miloslavsky.

Kini tempat tersebut menjadi kantor pusat militer Kremlin dan tentu saja posisinya masih misteri. 


5. Studio Rekaman di Menara Troitskaya

Studio Rekaman di Menara Troitskaya

Kremlin ternyata memiliki tempat studio rekaman yang tidak diketahui banyak orang. Area untuk ansambel musikal di acara kenegaraan juga diletakkan di sini. Orkestra militer milik Kremlin satu dari sedikit yang eksis di dunia angkatan bersenjata dunia. Solois orkestra mereka bahkan bisa menyanyikan lagu nasional seluruh negara di muka bumi ini.

Ansambel musikal milik Kremlin ini sudah merekam musik untuk 40 film, pertunjukan teater, kegiatan olahraga, termasuk Olimpiade pada 1980 di Moskow. Semua itu terletak di Menara Troitskaya.

Rusia

Berita Terkini