x

Evan Dimas dan Ilham Udin serta Aroma Indonesia yang Kental di Selangor FA

Sabtu, 2 Desember 2017 16:26 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Rizky Pratama Putra

Penyerang dan Gelandang Timnas Indonesia, Ilham Udin Armaiyn, dan Evan Dimas Damono resmi menandatatangani kontrak satu tahun dengan Selangor FC. Mereka akan berlaga di Liga Super Malaysia musim depan.

Selangor FA

Selangor FC memang dikenl sebagai klub asal negeri jiran sebagai pembajak para pemain berbakat Indonesia. Klub berjuluk The Red Giants ini bukan kali pertama berhasil mendatangkan pemain bintang asal Indonesia. Nama-nama seperti Elie Aiboy dan Ristomoyo Kassim juga pernah merasakan hangatnya jersey merah kuning Selangor FC itu.

Suasana di dalam Stadion Shah Alam, Selangor, Malaysia.

Bambang dan Elie mencipta sejarah gemilang bersama pasukan Selangor pada tahun 2005 apabila membantu Selangor menjulang tiga kejuaraan, Liga Perdana, Piala FA dan Piala Malaysia.

Berikut INDOSPORT mereview kembalideretan pemain Indonesia yang pernah membela The Reds Giant.


1. Ristomoyo Kassim

Ristomoyo (kiri) pemain pertama asal Indonesia yang bela Selangor

Ristomoyo merupakan pemain pertama asal Indonesia yang bermain di Selangor FC. Ia adalah salah satu pemain didikan Sinyo Aliandoe di Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 1986.

Bakatnya ditemukan di klub Galatama asal Bali, Caprina. Pemain yang beroperasi sebagai bek kiri tersebut, masuk skuat Merah-Putih meski klubnya diduga terlibat kasus pengaturan skor.

Pelatih baru Selangor FA, P. Maniam

Kemampuannya memikat petinggi klub asal Negeri Jiran, Selangor Fc. Seusai tampil membela Tim Merah-Putih di ajang Kualifikasi Piala Dunia 1986, ia diboyong ke Selangor FA.

Baca Juga

Pada edisi 1986 final Piala Malaysia, Ristomoyo menyumbang 1 gol saat Selangor memenangi Piala Malaysia dengan mengalahkan Johor 6-1 di Stadion Merdeka, Malaysia.


2. Elie Aiyboy

Caption

Pemain asal Papua ini membela membela Selangor FA pada musim 2005-2007. Elie Aiboy menjadi bintang di mata fans Selangor FA kal itu. Bagaimana tidak, Elie bersama Selangor FA sukse meraih tribel winner musim 2005.

Legenda Timnas Indonesia, Elie Aiboy.

Sayangnya, pada musim selanjutnya mantan gelandang sayap kanan Persija jakarta ini lebih banyak berkutat dengan cedera, yang membuatnya kerap duduk di bangku cadangan. Sering mengalami cedera, akhirnya Elie kembali ke tanah air pada musim 2007 dan bergabung bersama PSMS Medan. 


3. Bambang Pamungkas

Bepe saat bela Selangor FA 2005-2007

Sama seperti Elie Aiboy, Selangor FA mendatangkan Bepe pada musim 2005-2007 dari Persija Jakarta. Bersama Tim Macan Kemayoran kala itu, Bepe tergerus bomber asing, Emmanuel de Porras. Striker yang identik dengan nomor punggung 20 ini kemudian memutuskan hengkang ke Malaysia.

Baca Juga

Di musim perdana bersama Tim Merah-Kuning, Selangor FA, duo Bepe-Elie berhasil menyita perhatian publik sepakbola Malaysia.

Bambang Pamungkas

Mereka sukses menyabet hat-trick trofi: Liga Primer (kompetisi kasta kedua), Piala FA, dan Piala Malaysia musim 2015. 
Bepe yang pada awal karier profesionalnya sempat berkiprah di klub Divisi III Belanda, EHC Norad juga sukses menjadi top skor kompetisi dengan torehan 24 gol. Sayang saat Selangor promosi ke Malaysia Super League, penampilan Bepe merosot drastis. Bambang Pamungkas kehilangan ketajaman dan memutuskan kembali ke Persija Jakarta.


4. Andik Vermanssah

Andik Vermansah kostum Selangor FA.

Andik merapat ke Selangor FA pada tahun 2014. Penyerang sayang kanan kelahiran Jember, 23 November 1991 lebih memilih bermain di Malaysia daripada di Jepang karena bisa dekat dengan keluarga.

Baca Juga

Dalam menggaet Andik, selangor rupanya punya tujuan lain. Selangor ingin menggaet fans asal Indonesia dengan mendatangkan pemain yang dijuluki Messi Indonesia tersebut. Selangor kabarnya membayar Andik Rp1,6 miliar.

Aksi Andik Vermansyah di Selangor FA.

Di awal musim Andik tampil kuramng menjanjikan, bahkan ia lebih banyak duduk di bangku cadangan. Baru pada musim selanjutnya ia dijadikan starting. Di Selangor FA musim ini pemain binaan Persebaya Surabaya itu mencetak rekor gol tercepat kedua di Malaysia.

Andik menjebol gawang Johor Darul Ta'zim FC hanya 12 detik setelah kick-off pertandingan atau lebih lambat enam detik dibanding gol Ahmad Fakri Saarani, yang juga striker Timnas Malaysia.


5. Evan Dimas Darmono

Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn resmi ke Selangor FA.

Kapten Timnas U-19 yang berhasil menjuarai Piala AFF 2013 ini baru saja mengantarkan Bhayangkara FC sebagai juara di LIga 1 Indonesia musim 2017. Walaupun Bhayangkara adalah tim yang baru muncul di tanah air, Evan tak mengendorkan sedikit pun kemampuan terbaiknya.

Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn.

Evan dipastikan telah menekan kontrak dengan Selangor FA. Rumor yang berkembang beberapa ulan terkahir tersebut akhirnya terbukti, setelah sang agen pemain bintang ini, Mulyawan Munial menggunggah foto Evan sedang menandatangani perjanjian kontrak. Evan Dimas Darmono resmi milik The Reds Giant.


6. Ilham Udin Armayn

Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn resmi ke Selangor FA.

Bersama dengan Evan Dimas, Ilham yang juga merupakan pemain asal Indonesia Timur ini direkrut Selangor FA. Penyerang sayap Bhayangkara FC ini dikontrak dengan durasi satu tahun.

Pemain Bhayangkara FC, Ilham Udin Armaiyn berebut bola dengan bek Semen Padang, Cassio Fransisco De Jesus.

Beberapa jam lalu keduanya resmi menandatangi kontrak bersama Selangor FA. Kepastian itu diketahui melalui foto yang diunggah sang agen, Mulyawan Munial di akun Instagramnya. Saat dikonfirmasi INDOSPORT Muly menegaskan bahwa Ilham Udin kini sah milik Selangor FA.

Bursa TransferBambang PamungkasEvan DimasIlham Udin ArmaiynSelangor FALiga Super MalaysiaLiga Primer MalaysiaLiga Malaysia

Berita Terkini