x

Hadapi Jadwal Padat, Mourinho Wajib Waspadai Wasit di 4 Laga Man United

Jumat, 15 Desember 2017 11:34 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Pelatih Manchester United, Jose Mourinho.

Liga Primer Inggris memang bisa dibilang sebagai kompetisi sepakbola paling ketat di dunia. Bagaimana tidak, ketika liga-liga Eropa lain menjalani jeda kompetisi di akhir tahun, klub-klub Inggris justru berjibaku dengan jadwal yang superpadat.

Karena padatnya jadwal yang akan dilalui klub-klub Inggris, pihak Liga Primer pun sudah mengumumkan nama-nama wasit yang akan memimpin setiap laga jauh-jauh hari. Dalam hal ini wasit tersebut akan memimpin pertandingan antara 23 Desember hingga 1 Januari yang terdiri dari 4 laga.

Dari 4 wasit yang dijadwalkan memimpin pertandingan Manchester United selama periode tersebut, manajer Jose Mourinho harus waspada dengan 3 wasit di antaranya. Mourinho dan Man United pernah punya pengalaman buruk dengan ketiga wasit ini. 

Dengan jadwal yang sangat padat dan melelahkan, hasil yang diraih MU bisa saja tidak maksimal. Ditambah dengan sosok pengadil yang punya sejarah buruk dalam pertandingan yang dilakoni Setan Merah.

Baca Juga

1. Jonathan Moss

Jonathan Moss

Seperti dilansir Manchester Evening News, untuk laga pada 23 Desember melawan Leicester di Stadion King Power, wasit yang akan memimpin adalah Jonathan Moss. Musim ini, Moss sudah  mengadili 3 laga United. Hasilnya sangat memuaskan karena Setan Merah memenangi ketiga laga tersebut.

Bahkan bisa dibilang Moss merupakan wasit "favorit" bagi Man United. Dalam 9 laga Setan Merah di ajang Liga Primer yang dipimpin Moss, tak satupun pernah berakhir dengan kekalahan. Dari 9 laga tersebut, MU berhasil menang 8 kali dan seri satu kali.

Kehadiran Moss sebagai pengadil membuat Paul Pogba tak cemas akan mendapat kartu merah karena melakukan pelanggaran keras. Hal ini pernah diakui langsung oleh gelandang asal Prancis itu ketika MU bertemu Swansea di awal musim ini.

"Untuk pelanggaran kedua saya memang sempat cemas. Tapi karena saya tidak menganggap sebagai pelanggaran maka saya hanya tertawa dan bertanya,'Anda serius?' Jadi semuanya baik-baik saja," ucap Pogba kala itu.


2. Martin Atkinson

Martin Atkinson

Untuk laga Boxing Day kontra Burnley, Mourinho mulai harus waspada. Wasit yang akan memimpin laga ini adalah Martin Atkinson. Mourinho punya pengalaman kurang menyenangkan dengan pelatih 46 tahun ini pada musim lalu.

Tepatnya di laga kontra Chelsea di Stamford Bridge. Dalam laga yang berakhir dengan kekalahan 0-4 bagi United itu, Atkinson tidak mengeluarkan kartu merah bagi David Luiz yang mengangkat terlalu tinggi ke arah Marouane Fellaini.

"Itu adalah sebuah partai besar bagi kedua tim dan Anda tidak mendapatkan wasit yang adil. Anda pasti ingin mendapatkan wasit yang kuat tapi kami tidak mendapatkannya," ucap Mourinho kala itu.


3. Craig Pawson

Craig Pawson

Kewaspadaan Jose Mourinho bakal lebih tinggi lagi ketika mendampingi skuat Setan Merah melawan Southampton, Sabtu (30/12/17). Meski bermain di Old Trafford dan meladeni Southampton, tak ada jaminan laga tersebut akan menyenangkan bagi Mourinho.

Penyebabnya adalah wasit yang akan mengadili pertandingan adalah Craig Pawson. Mourinho punya pengalaman yang sangat tidak enak dengan wasit yang satu ini.

Pawson juga menjadi wasit dalam laga kontra Southampton di awal musim ini. Saat itu, Pawson memerintahkan Mourinho naik ke tribun karena dianggap sering melewati garis batas area pelatih di pinggir lapangan.

Saat ditanya kenapa dia diusir dari pinggir lapangan, Mou menjawab singkat,"Saya tidak tahu. Craig (Pawson) menyuruh saya meninggalkan lapangan, jadi saya pergi. Saya tidak tahu (alasanya)."


4. Andre Marriner

Paul Pogba mendapat kartu merah di laga melawan Arsenal.

Dari empat wasit yang akan memimpin pertandingan Manchester United, nama Andre Marriner boleh jadi yang akan sangat diwaspadai Jose Mourinho. Apa pasal?

Fans United tentu masih ingat dengan laga kontra Arsenal musim lalu di Old Trafford yang berakhir seri 1-1. Kala itu Marriner menolak menghadiahkan penalti bagi Setan Merah. Padahal saat itu Nacho Monreal dengan jelas melanggar Antonio Valencia di dalam kotak penalti.

Tak hanya itu, Marriner pun menjadi sosok yang membuat Paul Pogba tak bisa dimainkan di laga derby Manchester. Pogba mendapat kartu merah saat United bertemu dengan Arsenal satu pekan sebelumnya.

Dengan semua fakta tersebut, tak heran jika Mourinho bakal mewaspadai laga kontra Everton di Stadion Goodison Park, tepat di tahun baru nanti.

Manchester UnitedJose MourinhoLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini