x

3 Fakta Unik Klub Inggris Labuhan Mantan Bomber Persib Musim Depan

Sabtu, 16 Desember 2017 13:42 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
Logo AFC Wimbledon.

Mantan pemain Persib Bandung, Carlton Cole, diketahui telah melakukan latihan bersama dengan salah satu klub asal Inggris, AFC Wimbledon.

Carlton Cole saat memperkenalkan diri kepada awak media di Bandung.

Pemain yang sempat berseragam Chelsea ini memang gagal menunjukkan taringnya bersama Pangeran Biru pada musim lalu. Hal itu terbukti ketika dirinya hanya diberi kesempatan bermain sebanyak lima kali.

Dirinya pun menjadi pembelian terburuk Persib di musim lalu. Parahnya, Cole juga terlibat asu argumen dengan petinggi Persib, Umuh Muchtar. Insiden itu pun membuat dirinya sedikit menyesal pernah bekerja sama dengan Umuh.

Carlton Cole diketahui telah melakukan latihan bersama dengan salah satu klub asal Inggris, AFC Wimbledon usai dirinya mengunggah langsung melalui akun Instagram resminya, @iamcarltoncole12.

Baca Juga

Dalam postingannya tersebut, dirinya tampak mengenakan kupluk hitam serta jaket biru dengan lambang klub yang bermain di League One, kasta ketiga Liga Inggris tersebut. Dirinya pun menyatakan rasa kagumnya dapat kembali melakukan latihan bersama dengan Wimbledon.

Berikut INDOSPORT merangkum tiga fakta soal AFC Wimbledon, Klub Inggris yang menjadi labuhan terakhir mantan bomber Persib musim depan tersebut:


1. Sempat Terlibat Konflik dengan FA

Pendukung AFC Wimbledon

AFC Wimbledon adalah klub sepak bola profesional asal Inggris yang berbasis di Kingston upon Thames, London. Klub saat ini bermain di Liga Dua Inggris, yang merupakan tingkat keempat dalam sistem liga sepak bola di Inggris.

Klub ini memiliki sejarah panjang untuk terbentuk sejak tahun 2002 lalu. Dalam pembentukan klub ini, sempat terjadi konflik antara para pendukung klub dengan Federasi Sepakbola setempat. 

Terbentuknya klub ini berasal dari keputusan memindahkan Wimbledon F.C. ke Milton Keynes di Buckinghamshire oleh The Football Association. Wimbledon FC kemudian  memutuskan untuk berganti nama menjadi Milton Keynes Dons F.C. pada tahun 2004. 

Para pendukung Wimbledon yang sangat menentang perpindahan ini bergerak dan bereaksi dengan mendirikan klub mereka sendiri, AFC Wimbledon, karena Milton Keynes Don dirasa tak lagi mewakili warisan dan tradisi klub asli Wimbledon FC.


2. Rekor Tak Terkalahkan di Liga Inggris

AFC Wimbledon

Klub yang berafiliasi dengan FA London dan FA Surrey memegang catatan rekor tak terkalahkan terpanjang dalam pertandingan liga sepak bola Inggris. 

AFC Wimbledon yang berada di tingkat kesembilan dalam sistem liga sepak bola Inggris itu telah bermain dalam 78 pertandingan liga berturut-turut tanpa kekalahan antara Februari 2003 hingga Desember 2004.

Selain itu, klub labuhan terakhir mantan penyerang Persib Carlton Cole tersebut berhasil menjadi klub pertama yang dibentuk pada abad ke-21 dan membuktikan diri mampu masuk ke ranah The Football League


3. ingin Pembangunan Stadion Baru

Stadion AFC Wimbledon

Wimbledon FC sebelumnya dipaksa untuk pindah dari stadion lamanya, Ploug Lane usai insiden maut Hillsborough  pada 1989. Hingga akhirnya, stadion klub-klub besar diminta untuk memiliki kursi bagi semua penontonnya. 

Dilansir BBC, baru-baru ini dikabarkan bahwa mereka akan diperbolehkan membangun kembali stadion klub mereka jika telah menandatangani perjanjian terkait pembangunan kembali markas mereka.

Stadion tersebut rencananya akan memiliki 11.000 tempat duduk bagi para penontonnya, yang mampu menampung 20.000 orang di dalamnya. Tak hanya itu, stadion itu juga akan menyediakan tempat berjualan serta klub-klub untuk bersantai.

Persib BandungAFC WimbledonLiga InggrisBola InternasionalCarlton Cole

Berita Terkini