x

Tiga Klub yang Belum Terkalahkan di Liga Elite Eropa

Senin, 18 Desember 2017 16:01 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Abdurrahman Ranala
Otamendi merayakan golnya ke gawang Manchester United.

Saat ini, kompetisi teratas di masing-masing negara telah menghabiskan lebih dari 15 pekan. Setiap klub tentunya akan sulit menampilkan konsistensi sejauh ini. Terbukti, hanya ada tiga klub di beberapa liga top Eropa yang tak pernah menelan kekalahan di musim 2017/18 ini.

Tim tersebut hanya berada di dua kompetisi besar Eropa yakni, Liga Primer Inggris dan La Liga Spanyol. Artinya, tidak tim yang berasal dari Serie A Italia, Liga Prancis dan Liga Jerman. Padahal, untuk dua nama terkahir, dapat dipastikan juaranya.

Baca Juga

Pasalnya, baik Liga Jerman dan Liga Prancis, tak memiliki persaingan yang ketat dalam perburuan gelar. Namun, Paris Saint Germain dan Bayern Munchen gagal mempertahankan rekor tak terkalahkannya di musim ini.

Dominasi PSG tercoreng kalah menghadapi klub promosi, RC Starsbourg. Anak asuh Unai Emery dipaksa tumbang dengan 2-1 pada awal Desember lalu.

Unai Emery.

Sedangkan Bayern Munchen sudah menelan dua kekalahan saat bersaing di Bundesliga musim 2017/18 ini. FC Hollywood mengalami kekalahan saat bersua Borussia Monchengladbach dan Hoffenheim.

Sementara itu, Napoli gagal mempertahankan rekor tak terkalahkan kalah menjamu Juventus pada awal bulan ini. meski bermain di depan pendukungnya sendiri, Napoli harus tumbang dengan skor tipis 0-1.

Dan kali ini, INDOSPORT akan membahas klub-klub yang tak pernah mengalami kekalahan di liga domestik.


1. Manchester City

De Bruyne and Sterling.

Manchester City menjadi satu-satunya klub di lima liga top Eropa yang berhasil mengantongi 16 kemenangan beruntun. Hasil ini membuat tim berjuluk The Citizens sukses menggeser rekor Arsenal di Liga Primer Inggris.

Catatan manisnya bertambah ketika mereka menjadi tim paling produktif di kasta tertinggi sepakbola Inggris. Terhitung, The Citizens berhasil mengumpulkan 56 gol hingga pecan ke-18 Liga Primer Inggris.

The Citizens pun telah menumbangkan tim-tim besar di tahun 2017 ini. Terakhir, mereka berhasil menumbangkan Tottenham Hotspur dengan skor meyakinkan 4-1. Laga tersebut menjadi yang terberat bagi Manchester City, mengingat tak ada lagi tim besar hingga Januari mendatang.

Tim asuhan Pep Guardiola tersebut akan kembali menghadapi lawan terberatnya pada pertengahan Januari, di mana mereka harus bertandang ke Anfield Stadium, markas Liverpool.

Sayang, rekor Manchester City tercoreng setelah ditumbangkan Shakhtar Donestk di laga terakhir penyisihan grup Liga Champions. Kala itu, Si Biru Langit dipaksa tumbang di markas tim asal Ukraina tersebut.


2. Barcelona

Selebrasi pemain Barcelona melawan Deportivo La Coruna.

Barcelona menjadi salah satu klub La Liga yang belum pernah menelan kekalahan sepanjang musim 2017/18 ini. Sampai jornada ke-16, Blaugrana berhasil mendapatkan tiga belas kemenangan dan tiga kali hasil imbang.

Dengan hasil ini, mereka berhak mendapatkan posisi utama di La Liga Spanyol dengan perolehan 42 poin. Hebatnya, Blaugrana berhasil mengungguli rival abadinya, Real Madrid dengan jarak yang cukup jauh.

Meski sempat diragukan bermain tanpa Neymar, namun Barcelona berhasil menjawab pandangan minor dari berbagai pihak. Terbukti, tak ada satu pun klub Liga Spanyol yang mampu menumbangkan tim besutan Ernesto Valverde.

Namun, langkah mereka untuk mempertahankan kemanangan akan sulit pada akhir pekan nanti. Pasalnya, Blaugarana harus mengahadapi Real Madrid dalam laga bertajuk El Clasico di La Liga Spanyol. 


3. Atletico Madrid

Atletico Madrid vs Real Madrid.

Klub La Liga lainnya yang tak pernah menelan kekalahan di musim 2017/18 ini adalah Atletico madrid. Tim yang memiliki julukan Los Rojiblancos tersebut berhasil tampil cukup konsisten sejak awal musim.

Padahal, performa Atletico Madrid saat ini terbilang tak sebaik musim-musim lalu. Mengawali kompetisi baru dengan tanpa amunisi baru, Los Rojiblancos malah tampil mengejutkan di liga domestik.

Bahkan, mereka sukses berada di atas rival sekotanya, Real Madrid dalam perburuan gelar juara La Liga musim ini. Tim besutan Diego Simeone tersebut berada di posisi kedua klasemen sementara dan memiliki jarak lima poin dari Los Blancos, yang berada di posisi keempat.

Jika Atletico Madrid tampil konsisten di ligfa domestik hingga akhir musim, bukan tidak mungkin kalua mereka akan menjadi kandidat terkuat di kasta tertinggi sepakbola Spanyol.

Kini, mereka sudah dipastikan mendapatkan suntikan baru pada Januari mendatang. Ya, mereka kembali mendatangkan Diego Costa ke markas Atletico Madrid. Tentunya kepulangan Costa akan mendongkrak produktivitas tim asal Madrid tersebut.

Atletico MadridManchester CityBarcelonaBola Internasional

Berita Terkini