x

Golnya Dianulir, Pelatih Barcelona Inginkan Adanya VAR

Selasa, 19 Desember 2017 09:48 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Abdurrahman Ranala
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde mengaku tak habis pikir dengan pejabat La Liga yang tidak menerapkan Video Asisten Wasit (VAR) di kasta tertinggi sepakbola Spanyol. Menurutnya, sistem tersebut sangat dibutuhkan di liga besar seperti La Liga.

Sebelumnya, Barcelona sempat dirugikan dengan sejumlah gol yang tak disahkan oleh wasit. Momen tersebut salah satunya terjadi saat Barcelona menghadapi Deportivo La Coruna pada pekan ke-16 La Liga, Senin (18/12/17) dini hari WIB.

Baca Juga

Pada laga yang dimainkan di Camp Nou tersebut, Luis Suarez bisa saja mencatatkan hattrick jika salah satu golnya disahkan oleh sang pengadil. Dalam tayangan ulang, terlihat jelas bola sepakan Suarez telah melewati garis gawang.

Berkaca pada situasi ini, Valverde pun menginginkan adanya VAR di kompetisi La Liga. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir adanya kecurangan yang menimbulkan kerugian bagi pihak yang lain.

Lionel Messi dan Luis Suarez tengah melakukan selebrasi di hadapan pemain Deportivo La Coruna.

“Saya tidak melihatnya (gol Suarez), tapi dengan bantuan teknologi, Anda akan tahu apakah bola telah masuk atau tidak. Saya tidak tahu mengapa tidak digunakan di La Liga. Peralatan itu mungkin sangat mahal, tapi sangat mengecewakan karena kita tidak menggunakannya. Kita terlambat dalam hal teknologi dan itu terlihat jelas,” ujar Valverde dilansir dari DailyMail.

La Liga sendiri baru akan meggunakan VAR pada musim 2018/19 mendatang. Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF) beberapa waktu lalu telah mengonfirmasi bahwa La Liga akan mengikuti jejak Bundesliga untuk menerapkan sistem tersebut.

BarcelonaLaLiga SpanyolLuis SuarezErnesto ValverdeLiga SpanyolVideo Assistant Referees (VAR)

Berita Terkini