x

4 Stadion Megah yang Terlupakan untuk Helat Piala Presiden 2018

Rabu, 20 Desember 2017 16:27 WIB
Editor: Lanjar Wiratri

Piala Presiden 2018 akan digelar pada Januari mendatang dan akan diikuti oleh 20 klub peserta. Ke-20 tim peserta Piala Presiden 2018 merupakan gabungan dari tim yang berlaga di Liga 1 dan Liga 2.

Terkecuali laga final yang belum diputuskan tempatnya, pertandingan-pertandingan Piala Presiden akan dihelat di lima kota tersebut. Bandung, Surabaya, Malang, Bali, dan Makassar memang sudah akrab dan kerap kali menggelar berbagai pertandingan besar termasuk Bandung, Malang, dan Bali yang juga menjadi tuan rumah Piala Presiden tahun lalu.

Baca Juga

Tak sampai di situ, kelima kota tersebut juga memiliki klub besar yang menjadi representasi. Bandung (Persib Bandung), Surabaya (Persebaya), Malang (Arema FC), Bali (Bali United), dan Makassar (PSM Makassar) merupakan klub-klub papana tas yang menjadi wakil dari kelima kota penyelenggara.

Stadion markas Persiba Balikpapan yang pantas menggelar Piala Presiden 2018

Di luar kelima kota tersebut, Indonesia sebenarnya masih memiliki deretan stadion dengan fasilutas mumpuni untuk menggelar ajang Piala Presiden. Bahkan tak cuma level nasional, stadion-stadion yang terletak di Pulau Kalimantan dan Papua.

Berikut INDOSPORT menyajikan 4 stadion dengan kapasitas mumpuni yang sayangnya terlewatkan untuk menggelar pertandingan di Piala Presiden 2018.


1. Stadion Batakan

Stadion Batakan.

Sudah banyak yang mengetahui jika Stadion Batakan kerap kali disebut-sebut sebagai salah satu stadion terbaik di Indonesia saat ini. Bahkan banyak yang menyandingkan stadion yang mampu menampung 46 ribu penonton tersebut dengan Emirates Stadium di London, Inggris, yang merupakan markas Arsenal.

Stadion Batakan sepanjang musim ini menjadi markas dari Persiba Balikpapan yang berlaga di ajang Liga 1. Meski sudah digunakan, namun perbaikan demi perbaikan untuk mempercantik Stadion batakan terus dilakukan. Terakhir pada November 2017 lalu, Pemerintah Kota Balikpapan memberikan anggaran untuk perbaikan stadion yang dibangun pada 2011 tersebut.

Dengan kapasitas memadai dan fasilitas yang mumpuni, Stadion Batakan rasanya pantas menggelar turnamen Piala Presiden pada Januari mendatang. PSSi bahkan sudah melirik Stadion Batakan sebagai venur perisapan Timnas Indonesia jelang Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018.


2. Stadion Segiri

Stadion Segiri

Stadion lainnya di Pulau Kalimantan yang juga pantas digunakan untuk menggelar event Piala Presiden 2018 ialah Stadion Segiri. Stadion yang merupakan markas dari Borneo FC itu sempat direnovasi jelang digunakan sebagai veue Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII pada 2008 silam.

Meski tak sebesar Stadion Batakan yang mampu menampung 46 ribu penonton, namun Segiri diketahui memiliki kapasitas yang cukup lumayan. Stadion yang terletak di Kota Samarinda itu tercatat mampu menampung 18 ribu penonton.

Stadion Segiri dibangun pada medio 1960 dan selesai pada 1970 silam. Selain Segiri, Kota Samarinda juga memiliki dua stadion lain yang dapat dikatakan sebagai ikon kebanggan mereka, yakni Stadion Palaran dan Stadion Sempaja.


3. Aji Imbut

PSM Makassar jalani latihan di Stadion Aji Imbut.

Stadion Aji Imbut yang berkapasitas 35 ribu penontin ini terletak di Kota Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Mulai dapat digunakan pada 2008 silam, stadion tersebut kini menjadi home base alias markas klub Mitra Kukar yang berlaga di Liga 1.

Berbagai pertandingan tentunya sudah dihelat di stadion yang dahulu bernama Tenggarong Madya tersebut. Tak cuma Stadion untuk menggelar pertandingan sepakbola, Stadion Aji Imbut juga difungsikan untuk menggelar cabang olahraga lainnya.

Sama seperti Stadion Segiri, Gelanggang Olahraga (GOR) Aji Imbut merupakan bagian dari venue PON 2008 lalu yang digelar di Kalimantan Timur. Meski cukup mumpuni untuk menggelar laga besar, namun masih banyak keluhan yang harus diperbaiki pihak pengelola Stadion jika ke depannya ingin dilirik sebagai salah satu venu ajang bergengsi.

Kondisi rumput yang cukup tebal sempat dikeluhkan oleh Persela Lamongan saat mereka melakukan laga tandang di Liga 1 pada Mei 2017 lalu. Rumput Stadion Aji Imbut dianggap membuat pergerakan pemain dan pantulan bola menjadi berat. 


4. Stadion Mandala

Stadion Mandala, Jayapura, Papua.

Stadion Mandala yang terletak di Tanah Papua juga rasanya pantas untuk dilirik nantinya untuk menggelar event ataui turnamen bergengsi seperti Piala Presiden. Stadion yang merupakan markas dari Persipura Jayapura itu juga memiliki pengalaman menggelar pertandingan level internasional.

Pada 2011 lalu, Stadion Mandala untuk pertama kalinya menggelar laga internasional saat Persipura berhadapan dengan klub Thailand, Chonburi di AFC Cup. Stadion Mandala lolos verifikasi Asosiasi Sepakbola Asia (AFC) untuk menggelar ajang tesebut.

Selain melawan Chonburi, Stadion Mandala yang berkapasitas 50 ribu penonton tersebut juga menggelar South China. Sebelum direnovasi, Stadion Mandala sebenarnya berkapastias 30 ribu penonton hingga setelah direnovasi kapasitas penonton menjadi lebih besar.

Kualitas yang mumpuni dari Stadion Mandala tercermin dari berbagai fasiltas yang dimilikinya. Salah satunya ialah lampu stadion yang menelan biaya Rp7,8 miliar hingga   papan skor digital dan layar besar yang menelan budget kurang lebih Rp10 miliar.

Stadion Segiri SamarindaLiga IndonesiaStadion BatakanStadion MandalaPiala Presiden 2018

Berita Terkini