x

Arsenal 1-0 West Ham United: Lolos ke Semifinal!

Rabu, 20 Desember 2017 04:49 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Danny Welbeck selebrasi usai mencetak gol

Babak Pertama

Meski hanya laga bertajuk Piala Liga, Arsenal langsung menekan barisan pertahanan West Ham United sejak awal pertandingan. Pada menit ke-3, The Gunners memulai serangan dari sisi kanan lapangan, dan Debuchy mengirimkan umpan silang ke kotak penalti West Ham. Namun sayang, Danny Welbeck yang menyambut umpan tersebut dengan sundulan belum mampu menghasilkan gol untuk timnya.

West Ham terus berusaha untuk lepas dari tekanan Arsenal yang mengandalkan serangan dari kedua sisi lapangan. West Ham mendapatkan kesempatan serangan balik untuk pertama kalinya pada menit ke-7. Javier Hernandez yang berada di sisi kiri lapangan, mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Namun sayang, umpan silang tersebut berhasil dimentahkan oleh Calum Chambers.

Sanchez dan Ozil tidak bermain di laga ini

Kedua tim terus berusaha mencari celah untuk membuka keunggulan, namun belum ada yang berhasil hingga menit ke-15 laga. West Ham yang bermain cepat kerap kali membuat Arsenal kehilangan peluang mereka saat menyerang. Walcott yang diandalkan untuk mengawal sisi kanan lapangan, terus-terusan gagal menembus sisi kiri pertahanan West Ham yang dikawal oleh Ogbonna.

Arsenal terus berupaya menembus rapatnya barisan lini tengah dan lini pertahanan West Ham dengan permainan umpan-umpan pendek mereka. Namun, hingga laga berjalan setengah jam, belum ada peluang berarti untuk anak-anak asuh Arsene Wenger. Kebanyakan umpan-umpan Arsenal ke kotak penalti West Ham mampu digagalkan oleh para pemain The Hammers.

Aksi Welbeck saat mencetak gol pertama Arsenal vs West Ham

Akhirnya, Arsenal mampu mengubah skor menjadi 1-0 lewat gol Danny Welbeck dimenit ke-42. West Ham gagal menghalau bola yang masuk ke kotak penalti mereka saat Debuchy yang tanpa penjagaan meneruskan umpan dengan sundulan ke muka gawang. Sundulan bek asal Prancis itu diteruskan oleh Welbeck yang memang berada di depan Joe Hart. Keunggulan untuk Arsenal, di sisa 3 menit babak pertama.

Babak Kedua

Meski sudah unggul, Arsenal nampaknya belum puas dan langsung menekan sejak peluit babak kedua berbunyi. Secara bergantian dari kedua penyerang sayap mereka, Arsenal terus memberi tekanan pada pertahanan West Ham.

Selama 10 menit pertama babak kedua, Arsenal tampak mampu menguasai lini tengah dan beberapa kali hampir mencetak gol kedua mereka. Tepatnya dimenit ke-55, West Ham memiliki kesempatan menyerang, namun lagi-lagi Chambers menjadi bintang di lini pertahanan Arsenal malam ini.

Olivier Giroud mengalami cedera hamstring

Di saat berusaha keras menambah keunggulan, Arsenal malah harus kehilangan striker mereka Olivier Giroud yang diduga mengalami cedera hamstring. Reiss Nelson dimasukkan menggantikan Giroud pada menit ke-78. Tidak lama setelah Giroud mendapat cedera, Ospina terkapar usai bertabrakan dengan Andy Carroll. Beruntung, sang kiper masih bisa melanjutkan laga.

West Ham sedikit meningkatkan tempo mereka guna mencari gol penyeimbang, namun penampilan solid lini pertahanan The Gunners malam ini masih sulit untuk ditembus. Akhirnya, hingga wasit meniup peluit tanda laga berakhir, skor masih bertahan 1-0 untuk kemenangan Arsenal.

Susunan Pemain

Arsenal: D. Ospina, Debuchy, Kolasinac, Chambers, Holding; Coquelin, M. Elneny, Willock; Walcott, Welbeck, Giroud

West Ham United: Hart, Collins, Ogbonna, Reid, Cresswell, Masuaku; Pedro Obiang, Rice, Quina; Ayew, Hernandez

ArsenalWest Ham UnitedPiala Liga InggrisLiga Inggris

Berita Terkini