x

Mirip Bhayangkara FC, Ini 5 Klub Berbau Kepolisian di Asia

Kamis, 21 Desember 2017 09:18 WIB
Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Skuat Bhayangkara FC merayakan keberhasilan menjadi juara Liga 1 2017.

Kata orangtua zaman dulu, nama menunjukkan identitas. Dari namanya saja kita sudah tahu jika Bhayangkara FC mewakili kepolisian Indonesia. Mereka menjadi juara di Liga 1 dengan kumpulan poin 68, mengalahkan Bali United meski sama-sama skornya. 

Baca Juga

Meski demikian bukan hanya Bhayangkara saja klub berunsur polisi. Di Asia setidaknya masih banyak yang mirip bahkan lebih dulu didukung oleh penegak hukum. Dilansir dari berbagai sumber, ini 5 klub berbau polisi yang telah dirangkum oleh INDOSPORT. Simak, ya.


1. Home United (Singapura)

Home United FC.

Berada di kompetisi Liga Singapura (Singapore League), Home United FC lahir pada 1940-an yang mulanya dibentuk oleh Asosiasi Olahraga Polisi. Klub ini sempat dikenal dengan nama Police FC. 

Punya julukan serupa namun tak sama dengan Bhayangkara FC. Home United memiliki nama lain The Protectors yang artinya Si Pelindung. Mereka juga berprestasi, lho. Home United menjuarai Liga Singapura 2 kali dan 6 gelar Piala Singapura. Dahsyat, ya.


2. BEC Tero Sasana (Thailand)

Police Tero.

Satu lagi klub profesional berbau kepolisian yang masuk di kompetisi liga utama Thailand. Namanya BEC Tero Sasana. Berdiri pada 1992, nama awal mereka yakni Sasana Witthaya School. Klub ini mulai berjaya dan menjuarai turnamen lokal pada 2000-2001. Musim tahun berikutnya mereka berada di tempat kedua Liga Champions Asia. Keren.

Baru tahun ini mereka diakuisisi Royal Thai Police dan untuk musim depan mereka akan berganti nama menjadi Police Tero FC. Wuih, makin kental identitas kepolisiannya, ya.


3. PDRM FA (Malaysia)

PDRM FA dan RCD Mallorca.

Punya klub dengan singkatan, ternyata kepanjangannya sudah cukup mewakili lembaga kepolisian di Negeri Jiran. PDRM yakni Polisi Di-Raja Malaysia, sebutan bagi penegak hukum di sana. Selain nama, klub ini memang dibentuk dan dimiliki oleh Polisi.

Saat ini PDRM main di Liga 2 Malaysia. Mereka pernah memasuki liga utama pada 2007-2008 namun setahun kemudian terdegradasi kembali. 


4. Asan Mugunghwa FC (Korea Selatan)

Asan Mugunghwa FC.

Dilihat dari bahasanya, benar tebakan Anda, klub ini berasal dari Korea Selatan. Awalnya Asan Mugunghwa FC dikenal sebagai Police FC dan menjadi salah satu klub paling populer serta profesional dari Negeri Ginseng tersebut. 

Asan Mugunghwa atau terdahulu yakni Police FC sudah mulai terbentuk sejak 1961. Awalnya namanya lebih panjang lagi, yakni National Police Department atau Departemen Kepolisian Nasional FC.


5. Al Shorta SC

Al-Shorta SC.

Al Shorta SC merupakan tim sepakbola yang berasal dari Distrik Rusafa, Ibu Kota Baghdad, Irak. Lebih tua dibanding yang lain, Al Shorta didirikan pada 1932, wuih, Indonesia belum merdeka, tuh.

Jadi, awal mulanya, Al Shorta didirikan oleh para polisi Irak untuk mengikuti sebuah turnamen sepakbola. Klub ini cukup sering meraih penghargaan. Sebagai tim yang tak terkalahkan selama 2 musim. Mereka selalu menang bertanding! Gokil, ya.

Selain itu mereka juga memenangkan Liga Primer Irak pada 2012, 2013, dan 2014.

BEC TeroBola InternasionalBhayangkara FCPDRM FAHome United

Berita Terkini