x

Butuh Gelandang Bertahan, 3 Pemain Asia Ini Bisa Jadi Opsi Persela

Senin, 25 Desember 2017 13:42 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Lee Yoo Joon.

Persela Lamongan terus memburu pemain asing untuk memperkuat Laskar Joko Tingkir musim depan. Meski regulasi pemain asing musim depan belum dipastikan, namun Persela tetap menggunakan pakem 4 pemain asing sebagai incaran. 

Baca Juga

Persela membutuhkan pemain asing di posisi bek, gelandang serang, striker dan gelandang bertahan. Untuk bek, striker dan gelandang serang akan menjadi slot pemain asing non Asia. Sedangkan untuk posisi gelandang bertahan, secara spesifik Aji Santoso menginginkan pemain asing Asia. 

"Kebutuhan pemain asing tidak berubah. Slot pemain asing Asia yang saya butuhkan itu di posisi gelandang bertahan. Tiga pemain asing lain posisi center bek, gelandang serang dan striker," terang Aji Santoso dilansir dari situs resmi Persela.

Keinginan Aji Santoso tersebut bukannya tanpa alasan. Secara taktik, Aji Santoso diperkirakan akan menggunakan formasi 4-2-3-1 musim depan. Sehingga sangat diperlukan sosok gelandang bertahan di jantung permainan Persela. Karakter gelandang bertahan yang diinginkan Aji Santoso adalah yang piawai menjalankan peran sebagai gelandang box to box dan petarung sejati di lini tengah. 

Yoo Hyun Koo.

Sejatinya gelandang bertahan milik Sriwijaya FC Yoo Hyun Koo menjadi nama yang memenuhi kriteria yang diinginkan Aji Santoso. Namun, untuk merekrut Yoo Hyun Koo sepertinya peluang itu sangat kecil. Hal ini dikarenakan Hyun Koo sudah diperpanjang kontraknya oleh Laskar Wong Kito.

Dari kriteria spesifik yang diinginkan Aji Santoso tersebut, INDOSPORT telah merangkum beberapa pemain asing Asia yang memiliki karakter kuat sebagai gelandang petarung dan gelandang pengangkut air. Berikut ini daftarnya:


1. Lee Yoo Joon

Lee Yoo-joon.

Pemain asal Korea Selatan ini menjadi salah satu kunci di lini tengah Bhayangkara FC di Liga 1 2017 lalu. Perannya sebagai penyeimbang di lini tengah Bhayangkara FC nyaris tak tergantikan. Karena peran vitalnya tersebut, Lee Yoo Joon menjadi pemain yang paling sering diturunkan oleh pelatih Simon McMenemy. 

Lee Yoo Joon tercatat diturunkan dalam 32 pertandingan dari 34 pertandingan yang dijalani Bhayangkara FC di Liga 1 2017. Dalam statistiknya Lee Yoo Joon mencatat akurasi operan sebesar 85%, dribel sukses 70% dan tekel sukses 48%. Sebuah catatan yang bagus untuk posisinya sebagai gelandang bertahan. 

Dengan statistik tersebut, ditambah statusnya sebagai pemain asing Asia membuat Lee Yoo Joon menjadi kandidat yang cocok untuk diboyong ke Stadion Surajaya oleh Aji Santoso. 


2. Ko Jae Sung

Gelandang Semen Padang asal Korea Selatan, Ko Jae-sung.

Nama kedua yang cocok untuk menjadi kandidat pengisi slot pemain asing Asia di Persela Lamongan adalah Ko Jae Sung. Pemain asal Korea Selatan berusia 32 tahun tersebut musim lalu memperkuat salah satu tim yang terdegradasi, Semen Padang.

Bersama Kabau Sirah, Ko Jae Sung mencatatkan akurasi operan sebesar 85%, dribel sukses sebesar 50%, dan tekel sukses 43%. Meskipun Ko Jae Sung hanya bermain dalam 14 pertandingan dan hanya mencetak 1 gol tapi Ko Jae Sung tetap bisa dijadikan opsi bagi Aji Santoso untuk diboyong. 

Jika pemain incaran lain gagal didapat, Ko Jae Sung bisa dipertimbangkan untuk direkrut. Terlebih lagi, Semen Padang yang terdegradasi ke Liga 2 kemungkinan akan ditinggalkan oleh Ko Jae Sung. Apalagi jika Liga 2 tetap menerapkan aturan tak boleh menggunakan pemain asing musim depan.


3. Hong Soon Hak

Gelandang asing PS TNI, Hong Soon-Hak.

Mantan pemain Persija yang dekat dengan para Jakmania ini bisa dijadikan opsi pembelian oleh Aji santoso. Musim lalu bersama PS TNI Hong Soon Hak mencatatkan 20 penampilan bersama The Army. Dari 20 pertandingan Soon Hak mencetak 3 gol bagi tim yang bermarkas di Stadion Pakansari tersebut. 

Dari penampilannya bersama PS TNI, Hong Soon Hak mencatatkan akurasi operan sebesar 85%, dribel sukses 67%, dan 58%. Penampilannya yang cukup bagus membawa PS TNI menjauh dari jurang degradasi menjadi kelebihannya. Namun usianya yang sudah 37 tahun menjadi kekurangannya untuk menjadi target transfer Persela Lamongan.

Bursa TransferAji SantosoPersela LamonganLiga IndonesiaLee Yoo-JoonHong Soon-hakKo Jae Sung

Berita Terkini