x

3 Pemain Zaman Now Pencetak Hat-trick di Era Liga Primer Inggris

Rabu, 27 Desember 2017 06:51 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Harry Kane memecahkan rekor gol Liga Primer Inggris dalam satu tahun kalender.

Usia muda tidak berarti minim kemampuan. Berbekal talenta mumpuni dan diasah dengan tepat, sejumlah pemain muda justru mampu tampil sebagai andalan. Bahkan, bukan sekadar jadi andalan tim medioker, mereka malah kini sudah menjadi andalan di tim-tim elite Inggris.

Salah satu bukti kehebatan talenta mereka adalah mampu mencetak hat-trick. Catatan ini jelas menunjukkan kehebatan mereka ketika berada di depan gawang. Terutama karena posisi mereka memang adalah penyerang.

Mencetak 1 atau 2 gol mungkin sudah biasa. Tapi mencetak tiga gol sekaligus dalam satu pertandingan jelas butuh talenta dan kepercayaan diri yang kuat. Sehingga mereka pun tak hanya mampu mencetak hat-trick sepanjang kariernya di Liga Inggris. Tapi mampu mengulang catatan apik ini beberapa kali.

Sepanjang gelaran Liga Primer Inggris yang dimulai sejak Agustus 1992 itu, hanya ada 3 pemain muda (kelahiran setelah 1992) yang mampu mencetak hat-trick. Mereka semua lahir setelah Liga Primer Inggris resmi bergulir. Siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT akan ulas khusus untuk Anda.

Baca Juga

1. Romelu Lukaku

Romelu Lukaku.

Nama striker asal Belgia ini mulai mencuat ketika direkrut Chelsea dari Anderlecht pada 2011 lalu. Saat itu usianya baru 18 tahun, tapi The Blues berani memboyongnya dengan biaya transfer 15 juta euro (Rp241 miliar).

Karena sulit bersaing, pemain kelahiran 13 Mei 1993 ini dipinjamkan ke West Bromwich Albion musim berikutnya. Di sinilah mulai terlihat bakat dan ketajaman sesungguhnya dari Lukaku. Di laga debut bersama WBA, Lukaku langsung mencetak gol sekaligus membawa klubnya menang 3-0 atas Liverpool.

Performa Lukaku pun cukup stabil sepanjang musim 2012/13. Puncaknya adalah ketika mencetak hat-trick ke klub yang beberapa musim kemudian dibelanya, Manchester United.

Dalam laga yang berlangsung pada 19 Mei 2013 itu, tiga gol Lukaku membalikkan keadaan WBA dari yang tertinggal 2-5 menjadi imbang 5-5 di akhir pertandingan. Tiga gol Lukaku itu dicetaknya secara beruntun sejak tertinggal 2-5.

Hat-trick kedua Lukaku dilakukan ketika ia sudah berkostum Everton pada musim 2014/15. Namun kali ini dilakukan di ajang Liga Europa. Saat itu Everton menang 4-1 di kandang Young Boys. Tiga gol di antaranya disumbang Lukaku.

Terakhir kali Lukaku menjebol gawang lawan tiga kali dalam satu pertandingan terjadi di laga Everton kontra Sunderland (12/09/16). Laga yang berlangsung di kandang lawan itu dimenangkan The Toffees 3-0 yang seluruhnya diborong Lukaku.


2. Raheem Sterling

Selebrasi Raheem Sterling.

Perjalanan karier Raheem Sterling tidak melalui banyak klub. Penyerang kelahiran 8 Desember 1994 ini awalnya mulai berlatih bersama Queen Park Rangers untuk kemudian ditarik ke Liverpool U-18 pada Februari 2010.

Dua tahun digembleng di tim junior The Reds, Sterling dipromosikan ke tim utama mulai musim 2012/13. Perkembangan talentanya sedikit terlambat karena dia sulit bersaing dengan para pemain senior The Reds yang ada di tim utama saat itu.

Toh hal itu tak membuat talentanya terkubur. Memasuki musim 2015/16, Sterling pun digaet klub kaya Manchester City. Bersama rival satu kota Manchester United ini, Sterling seolah menemukan jalan untuk menunjukkan ketajamannya.

Tampil dalam 57 laga di seluruh ajang, Sterling mampu mengoleksi 12 gol. Di antaranya dengan mencetak hat-trick ke gawang Bournemouth pada 17 Oktober 2015.

Musim ini, penampilan Sterling makin moncer. Meski belum kembali mencetak hat-trick, Sterling sudah membukukan 16 gol di seluruh ajang hanya dalam separuh musim.


3. Harry Kane

Harry Kane usai cetak hattrick lawan Southampton.

Raja hat-trick pemain zaman now, rasanya pas disematkan kepada Harry Kane. Bagaimana tidak, pemain asli didikan akademi Tottenham sudah melakukan tidak kurang dari 11 kali hat-trick sepanjang kariernya.

Pemain kelahiran London, 28 Juli 1993 ini pertama kali mencetak hat-trick dalam kariernya pada laga Tottenham kontra Asteras di ajang Liga Europa, 23 Oktoner 2014. Di musim yang sama, Kane mencetak hat-trick pertamanya di Liga Primer saat The Spurs menang 4-3 atas Leicester, 21 Maret 2015.

Puncak ketajaman striker Timnas Inggris ini terjadi pada musim 2016/17. Tak hanya satu hat-trick yang dicetaknya, tapi sekaligus lima kali. Termasuk di dalamnya ketika ia menetak 4 gol dalam satu laga.

Dari 5 laga yang diakhiri dengan hat-trick oleh Kane, 4 di antaranya dilakukan di ajang Liga Primer Inggris. Satu laga lagi terjadi di ajang Piala FA.

Musim ini, Kane sudah mencetak 3 kali hat-trick. Pertama saat Tottenham menggulung APOEL dengan empat tiga tanpa balas (14/01/17). Terakhir terjadi pada laga Boxing Day saat Tottenham menang telak 5-2 atas Southampton (26/12/17).

Hebatnya, tiga hari sebelumnya Kane pun sudah melakukan hal yang sama ke gawang Burnley. Total torehan golnya sepanjang 2017 sebanyak 39 gol pun menjadi rekor baru di Liga Primer Inggris. Menggusur rekor 36 gol yang sebelumnya dimiliki Alan Shearer sejak 22 tahun silam.

Raheem SterlingRomelu LukakuHarry KaneLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini