x

Cetak Gol Terbanyak, Kane Kalahkan 4 Legenda, Termasuk Bintang Man United

Rabu, 27 Desember 2017 15:13 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Irfan Fikri
Harry Kane memecahkan rekor gol Liga Primer Inggris dalam satu tahun kalender.

Tottenham Hotspur melakoni pertandingan bertajuk Boxing Day kontra Southampton pada hari Selasa (26/12/17) malam WIB. Stadion Wembley pun dihujani gol pada pertandingan tersebut dengan kemenangan telak 5-2 untuk tim tuan rumah.

Harry Kane menjadi aktor utama kekalahan Southampton saat itu, pasalnya pemain bernomor punggung 10 ini menyarangkan 3 gol ke gawang The Saints. Hattrick Kane tersebut terjadi di menit ke 22 saat Spurs membuka keran gol, kemudian berlanjut di menit 39 dan 67.

Baca Juga

Melalui hat-tricknya, pemain Wales berusia 24 tahun ini resmi menjadi pemain dengan catatan gol terbanyak di Liga Primer Inggris selama tahun 2017 dan namanya juga masuk ke urutan pertama daftar pemain dengan gol terbanyak dalam satu tahun kalender dalam sejarah sepakbola modern Liga Primer Inggris.

Berikut INDOSPORT rangkum daftar pemain dengan catatan gol terbanyak dalam satu tahun kalender di Liga Primer Inggris yang berhasil dilampaui Harry Kane.


1. Ruud van Nistelrooy

Ruud Van Nistelrooy

Musim 2002/03 bisa dikatakan adalah puncak karier Nistelrooy saat berseragam Manchester United setelah mencetak 25 gol pada satu musim yang membuat dirinya berhasil mengalahkan Thierry Henry untuk mendapatkan piala Golden Boot.

Di tahun 2003 pemain asal Belanda ini menutup tahun dengan mencatat total 30 gol yang ia sarangkan dalam 34 pertandingan dan membuat dirinya masuk kedalam daftar pencetak gol terbanyak di satu tahun kalender. 


2. Thierry Henry

Thierry Henry

Henry yang dikalahkan Nistelrooy di musim 2002/03 membalas kekalahan tersebut di musim berikutnya saat Arsenal menjadi momok yang menakutkan di Liga Primer Inggris musim 2003/04.

Dengan total torehan 34 gol dalam 39 pertandingan, legenda Prancis ini membantu Arsenal dalam menjaga posisinya di papan klasemen sementara. Saat itu Arsenal mendominasi puncak klasemen, dan tidak pernah merosot ke posisi dibawah runner-up.
 


3. Robin van Persie

Robin Van Persie

Robin van Persie berhasil menorehkan catatan impresif selama satu tahun kalender di tahun 2011. Meski di separuh musimnya bersama Arsenal saat itu bisa dikatakan buruk karena beberapa kali mengalami cedera, di musim 2011/12 ia mampu bangkit.

2011/12 menjadi musim dimana Persie membuktikan dirinya di Liga Primer Inggris, setelah pulih dari cedera ia didapuk menjadi kapten The Gunners dan menjadi mesin pencetak gol bagi skuat Arsene Wenger dengan berhasil mencetak 10 gol dalam 6 minggu.

Pemain Belanda ini pun menutup tahun 2011 dengan catatan 35 gol dalam 35 pertandingan, setelah mencetak hattrick ke gawang Chelsea di pertandingan derby London dengan kemenangan 5-3 untuk Arsenal.
 


4. Alan Shearer

Alan Shearer.

Sebelum Harry Kane, legenda The Three Lions ini menjadi pemuncak daftar pencetak gol terbanyak dalam satu tahun kalender.

Legenda Newcastle ini berhasil mencetak 36 gol dalam 42 pertandingan di tahun 1995 saat ia berseragam Blackburn Rovers. Rekor tersebut bertahan selama 22 tahun sebelum akhirnya digeser oleh Harry Kane di tahun 2017.

Gol ke 36 nya Shearer torehkan setelah ia mencetak tiga hat-trick di 3 pertandingan di tahun 1995. Performanya saat itu juga membantu Rovers untuk tidak menyentuh zona degradasi mengingat permainan Rovers kala itu cukup buruk.
 

Manchester UnitedArsenalRobin van PersieTottenham HotspurRuud van NistelrooyThierry HenryHarry KaneAlan ShearerLiga Primer InggrisLiga Inggris

Berita Terkini