x

Selain Eboue, 5 Pemain Eks Liga Inggris Ini Jatuh Miskin

Rabu, 27 Desember 2017 00:43 WIB
Penulis: Riris Putri Ridaprilia | Editor: Agus Dwi Witono
Emmanuel Eboue mantan pemain Arsenal.

Nama mantan pemain Arsenal, Emmanuel Eboue kini kembali naik ke permukaan. Namun hal tersebut bukanlah karena dirinya yang kembali menorehkan prestasi di dunia sepakbola, tetapi karena dirinya blak-blakan soal kehidupannya kini yang jauh dari kata mewah.

Nasib pemain klub papan atas yang bernilai ratusan miliar rupiah sudah tidak lagi melekat di dalam diri mantan pemain The Gunners 11 tahun yang lalu ini. Emanuel Eboue kini bukanlah seorang pria yang bisa bepergian dengan aman dan nyaman ke manapun ia inginkan.

Kehidupan Eboue kini justru sangat memprihatinkan. Jangankan untuk pergi liburan, rumah untuk ditinggali saja tidak punya. Ia mengatakan jika dirinya harus menumpang ke rumah temannya untuk menghindari kejaran polisi.

Ternyata nasib Eboue juga dialami oleh beberapa mantan pemain sepakbola. Mereka memiliki nasib saat ini yang tidak seberuntung kala mereka berlaga di lapangan hijau di masa lalu.

Berikut INDOSPORT rangkum para eks pemain sepakbola yang memiliki kehidupan berbeda karena mengalami kebangkrutan setelah tak lagi aktif bermain.

Baca Juga

1. David James

David James, eks kiper Timnas Inggris.

David James adalah mantan kiper Tim Nasional Inggris pada periode 1997 hingga 2010. James mengalami bangkrut pada 2014 ketika dirinya membela klub Kerala Blaster.

Kebangkrutan yang dialami James dimulai karena perceraiannya dengan sang istri di tahun 2005. Perceraian ini  membuat dirinya harus membayar kompensasi dalam jumlah yang sangat besar. 

Untuk menutupi biaya hidupnya James bahkan harus menjual kendaraan miliknya hingga koleksi pribadinya selama masih bermain. Seperti kaus bertanda tangan miliknya, bola pertandingan, dan sarung tangan favoritnya.


2. John Arne Riise

John Arne Riise, mantan pemain Liverpool.

Pahlawan lini belakang Liverpool ini mengawali karier sepakbolanya dengan cemerlang. Namun Riise terlibat masalah hukum dengan mantan agennya, Einar Baardsen yang berbuntut dengan korupsi sebesar 3 juta poundsterling atas rumah milik Riise di Norwegia.

Dengan semua kasus yang melilitnya, Riise akhirnya bangkrut di tahun 2007 karena gagal membayar utang sebesar 100 ribu poundsterling (Rp1,8 miliar).

Kasus utangnya ini masih berstatus ditunda dan dapat diselesaikan di masa depan. Riise pun kini dapat bermain di Liga Super India untuk klub Chennaiyin FC.


3. Brad Friedel

Brad Fridel.

Penjaga gawang asal Amerika Serikat ini memang pernah bermain di Liga Primer Inggris. Dirinya terlilit kasus utang pada 2011 ketika akademi sepakbola miliknya terlilit masalah finansial.

Pihak otoritas keuangan setempat menuntutnya yang berbuntut kepada kebangkrutan dirinya. Untuk membayar utangnya Brad sampai harus menjual rumahnya yang bernilai lebih dari 260 ribu poundsterling (Rp4,7 miliar).

Sejak saat itu ia memilih untuk pensiun dan kini mulai bangkit dengan berprofesi sebagai asisten pelatih untuk Tim Nasional U-20 Amerika Serikat.


4. Paul Merson

Paul Merson selebrasi minum.

Mantan pemain Arsenal ini memang dikenal doyan mengkonsumsi minuman beralkohol. Tak hanya tersandung masalah alkohol, Paul Merson pun mulai menggunakan obat-obatan terlarang, yang membuat dirinya mengeluarkan banyak uang untuk memenuhi kecanduannya tersebut.

Selain hal itu, Merson juga mengalami perceraian yang membuatnya harus membayar sejumlah uang hingga didera kebangkrutan. Namun kini Merson sudah lebih stabil dengan bekerja sebagai komentator di sebuah kanal olahraga di Inggris.


5. Paul Gascoigne

Paul Gascoigne, eks penggawa Timnas Inggris.

Pemain asal Inggris ini pernah dijuluki sebagai pemain dengan bakat natural terbanyak di zamannya, karena permainannya yang sangat bertalenta.

Mengawali karier di Newcastle United, Paul mampu bertransformasi menjadi seorang legenda klub di Tottenham Hotspur.

Sayangnya masa pensiun dirinya menjadi awal bencana. Ia dikabarkan menderita depresi dan penyakit mental yang menyebabkan dirinya terjebak menggunakan alkohol dan obat terlarang sebagai pelarian.

Tak sampai disitu, ia juga sempat beberapa kali keluar masuk penjara karena terlibat pelanggaran yang terkait dengan penggunaan alkohol dan obat terlarang. Untuk itu hingga kini ia harus menjalani terapi untuk menyembuhkan ketergantungannya atas alkohol dan obat-obatan tersebut.

Paul GascoigneDavid JamesBrad FriedelJohn Arne RiiseEmmanuel EbouePaul MersonLiga Inggris

Berita Terkini