x

Kaleidoskop 2017: Real Madrid Terbaik di Balik Kegagalan Italia

Minggu, 31 Desember 2017 14:00 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Kaleidoskop Bola Internasional 2017.

Beberapa kejadian mengejutkan terjadi di kancah sepakbola internasional paruh kedua ini, terutama dari sektor kualifikasi Piala Dunia 2018. Secara mengejutkan, beberapa negara langganan Piala Dunia harus absen di Rusia pada tahun 2018 nanti.

Sementara itu, di semester kedua bola internasional kali ini Real Madrid berhasil mempertegas diri mereka, sebagai yang terbaik di dunia. Hal tersebut dibuktikan dengan berbagai gelar juara yang berhasil diraih oleh skuat Zinadine Zidane.

Real Madrid saat memenangkan Piala Dunia antarklub 2016.

Di sisi lain, dari bursa transfer pun sebuah rekor dunia terpecahkan. Sebuah klub kaya raya asal Prancis, Paris Saint-Germain, menggegerkan dunia dengan menggelontorkan dana 222 juta euro, atau sekitar Rp3,4 triliun untuk seorang pemain bintang dari Brasil, Neymar Jr.

Baca Juga

Keinginan besar manajemen PSG untuk mendatangkan Neymar pun membuat mereka mau tak mau harus mengaktifkan nilai dalam klausul kontrak sang pemain dengan klubnya terdahulu, Barcelona. Hal ini pun langsung mendapatkan sorotan tajam dari para pencinta sepakbola.

Neymar diperkenalkan di Paris Saint-Germain.

Selain nominal Neymar yang mengejutkan, terdapat pula beberapa transfer yang dianggap kontroversial oleh para pencinta sepakbola internasional. Seperti hengkangnya bek andalan Juventus, Leonardo Bonucci, ke kubu rival AC Milan.

Lantas, seperti apakah kejadian-kejadian dalam sepakbola internasional di sepanjang Juli-Desember 2017? Berikut ulasan dari INDOSPORT:


1. Juli 2017

Leonardo Bonucci, pemain baru AC Milan.

8 Juli 2017: Manchester United Resmi Mendatangkan Bomber Baru, Romelu Lukaku

Manchester United menggelontorkan dana yang besar, hingga 76 juta poundsterling untuk mendatangkan penyerang Timnas Belgia, Romelu Lukaku, dari Everton. Lukaku sendiri hingga saat ini menjadi penyerang andalan Setan Merah.

9 Juli 2017: Menjadi Legenda Man United, Rooney Pulang Kampung ke Everton

Setelah 13 tahun lamanya mencari ilmu di Manchester United, Wayne Rooney pun kembali ke klub kampung halamannya, Everton. Peristiwa tersebut terjadi sehari pasca peresmian Lukaku menjadi penyerang anyar Man United.

18 Juli 2017: Ketika Jawara Dunia Mengganggur, dan Mencari Pekerjaan di LinkedIn

Salah satu penggawa Timnas Italia era 2006, Cristian Zaccardo, memposting sebuah iklan via LinkedIn. Mantan pemain AC Milan itu menganggur pasca kontraknya tidak lagi diperpanjang oleh klub Vicenza.

20 Juli 2017: Sebuah ‘Pengkhianatan’ Terjadi di Tanah Italia, Bonucci Menyebrang ke AC Milan dari Juventus

Tanpa diduga-duga, AC Milan yang baru saja diambil alih oleh penguasaha asal China langsung membuat gebrakan dengan mendatangkan 11 pemain baru. Salah satunya adalah bek andalan Juventus, Leonardo Bonucci.

21 Juli 2017: Netizen Salahkan Aaron Ramsey atas Kematian Vokalis Linkin Park

Meninggalnya Chester Bennington, vokalis Linkin Park, membuat beberapa penggemar sepakbola internasional menyalahkan Aaron Ramsey sebagai musababnya. Hal tersebut tak lepas dari gol yang ia cetak.

31 Juli 2017: Pengkhianatan Kembali Terjadi, Matic ke Man United dari Chelsea

Gelandang bertahan andalan Chelsea, Nemanja Matic, secara mengejutkan menyebrang ke kubu musuh untuk kembali bereuni dengan Jose Mourinho di Manchester United.


2. Agustus 2017

Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi dan pemain barunya Neymar.

4 Agustus 2017: Sebuah Rekor Terpecahkan, Neymar Menjadi Pemain Termahal Dunia

Paris Saint-Germain tak main-main untuk mendatangkan pemain buruan mereka. Nilai klausul pembelian dalam kontrak Neymar Jr di Barcelona, 222 juta euro, berhasil diaktifkannya sekaligus membuat penyerang Timnas Brasil itu sebagai pemain termahal dunia.

9 Agustus 2017: Real Madrid Juara Piala Super Eropa

Los Blancos mengukuhkan posisinya sebagai raja di Benua Biru, dengan mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1 dalam perebutan gelar Piala Super Eropa.

9 Agustus 2017: Rumor ke West Ham, Pemain Indonesia Hebohkan Media Inggris

Salah satu penyerang asal Indonesia, Ezra Walian, menjadi sorotan media ternama Inggris, Daily Mail, pasca dirinya dikabarkan akan bergabung ke salah satu kontestan Liga Primer Inggris, West Ham United.

17 Agustus 2017: Real Madrid Kembali Juara, dengan Meraih Piala Super Spanyol

Real Madrid menunjukkan kehebatannya dengan meraih Piala Super Spanyol, pasca mengalahkan sang rival abadi, Barcelona, dengan agregat 5-1.

22 Agustus 2017: Ronaldinho Indonesia Go Internasional, Jadi Bintang Iklan di Thailand

Ronaldinho Indonesia, atau akrab disapa Ronaldikin, Go Internasional. Hal tersebut terlihat dengan dirinya yang tampil dalam iklan media olahraga ternama di Thailand, beIN Sport.

25 Agustus 2017: Barcelona Datangkan Pemain Termahal Dunia Kedua, Ousmane Dembele

Setelah menjual Neymar dengan harga 222 juta euro, Barcelona menggunakan uang tersebut untuk menjadikan Ousmane Dembele sebagai pemain termahal dunia kedua. Bocah berusia 20 tahun itu dihargai oleh La Blaugrana dengan harga 105 juta euro.


3. September 2017

Selebrasi Firmino ke gawang Sevilla, terdapat bendera Indonesia.

1 September 2017: Paris Saint-Germain Datangkan Kylian Mbappe

Tak puas dengan Neymar, manajemen PSG mendatangkan wonderkid Prancis milik AS Monaco, Kylian Mbappe. Didatangkan saat masih berusia 17 tahun, Mbappe memiliki opsi permanen di akhir musim.

2 September 2017: Meme-meme Unik Netizen soal Ditutupnya Bursa Transfer Eropa

Para penggemar sepakbola internasional pun memeriahkan penutupan bursa transfer Eropa dengan membuat beberapa meme-meme kepada klub-klub tertentu. Kebanyakan, meme-meme tersebut bersifat menyindir.

10 September 2017: Ketika Pul Sepatu Mane Menampar Wajah Ederson

Kiper Manchester United, Ederson Moraes, harus mengalami luka berat pada bagian wajahnya pasca mendapat terjangan kaki dari penyerang sayap Liverpool, Sadio Mane, ketika keduanya bertemu di ajang Liga Primer Inggris.

14 September 2017: Firmino Cetak Gol, Bendera Merah Putih Berkibar di Anfield

Bendera Merah Putih yang khas dengan Bendera Indonesia, berkibar di Anfield ketika Firmino mencetak gol ke gawang Sevilla, dalam laga penyisihan Grup E Liga Champions.

18 September 2017: Kisah Awal Mula Retaknya Hubungan Cavani dengan Neymar di PSG

Perang dingin yang terjadi antara megabintang Paris Saint-Germain, Neymar, dengan Edinson Cavani semuanya berawal dari perebutan eksekutor tendangan bola mati di ajang Ligue 1 Prancis.


4. Oktober 2017

Mohamed Salah menjadi pahlawan Mesir.

8 Oktober 2017: Pirlo Putuskan Pensiun dari Sepakbola

Legenda Timnas Italia, Andrea Pirlo, memutuskan untuk pensiun dari dunia sepakbola. Selama berkarier di Italia, pemain 38 tahun ini pernah meraih enam gelar juara Serie A dan dua trofi Liga Champions. Selain itu, ia juga sempat mempersembahkan trofi Piala Dunia untuk Italia tahun 2006 lalu.

9 Oktober 2017: Kali Pertama Sejak 1990, Mesir Lolos Piala Dunia

Sebuah rekor kembali tercipta. Mohamed Salah menjadi pahlawan dengan mencetak gol kemenangan sekaligus kunci mereka untuk tampil di ajang Piala Dunia, pasca absen sejak 1990 silam.

10 Oktober 2017: Argentina Lolos ke Piala Dunia 2018 Secara Dramatis

Argentina secara dramatis berhasil lolos ke ajang Piala Dunia 2018. Hal tersebut dipastikan dalam pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018 zona CONMEBOL.

11 Oktober 2017: Kejutan Datang, 3 Langganan Piala Dunia Gagal Lolos ke Rusia 2018

Secara mengejutkan tiga tim langganan Piala Dunia yakni Amerika Serikat, Ghana, dan Chile gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Hal tersebut dipastikan pasca mereka tak mampu meraih poin penuh dan tampil inkonsisten di penyisihan grup.

11 Oktober 2017: Kali Pertama Lolos ke Piala Dunia, Pemerintah Panama Tetapkan Libur Nasional

Panama yang kali pertama dalam sejarah mereka berhasil lolos ke ajang Piala Dunia, membuat pemerintah mereka menetapkan tanggal 11 Oktober sebagai hari libur nasional.

28 Oktober 2017: Catalunya Umumkan Kemerdekaan, Barcelona Justur ‘Menciut’

Catalunya memastikan diri untuk merdeka dari pemerintah Spanyol. Namun hal tersebut justru membuat Barcelona ‘menciut’ karena rumor yang beredar mengatakan bahwa Lionel Messi dkk tak diperbolehkan untuk bermain di La Liga Spanyol.


5. November 2017

Patrice Evra melayangkan tendangan pada salah seorang fan.

3 November 2017: Diprovokasi, Evra Lakukan Tendangan Kungfu ke Suporter

Belum pertandingan dimulai, mantan pemain Manchester United, Patrice Evra, melakukan tendangan kungfu ke salah seorang suporter di pinggir lapangan. Hal tersebut pun membuat dirinya langsung diusir dari pinggir lapangan, bahkan ketika pertandingan belum dimulai.

11 November 2017: Belanda Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

Kejutan kembali datang dari penyisihan grup Piala Dunia zona Eropa. Langganan Piala Dunia, Belanda, harus tersingkir terlebih dahulu dalam penyisihan grup dan tak mampu pentas di ajang Piala Dunia 2018 di Rusia.

14 November 2017: Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018

Tiga hari berselang, kejutan datang dari Timnas Italia. Jawara Piala Dunia empat kali itu harus tersingkir dalam babak ­play-off kedua. Melawan Swedia, Gianluigi Buffon dkk menelan kekalahan secara agregat 0-1.

16 November 2017: Lengkap, Ini Daftar Kontestan Piala Dunia 2018

Sebanyak 32 tim telah dipastikan akan tampil di ajang Piala Dunia 2018 mendatang. Sang jawara bertahan, Jerman, dan kandidat terkuat, Brasil, masuk di dalamnya bersama dengan tuan rumah, Rusia.


6. Desember 2017

Bola resmi Piala Dunia 2018.

1 Desember 2017: Hasil Drawing Piala Dunia 2018

Hasil drawing untuk Piala Dunia 2018 pun telah dilakukan. Terdapat beberapa grup neraka di dalamnya, namun terdapat pula grup ‘mudah’ untuk beberapa negara.

3 Desember 2017: David De Gea Kembali Menjadi Gunjingan Netizen Pasca Kalahkan Arsenal

Aksi berkelasnya saat di bawah mistar gawang Manchester United pun menjadi sorotan para pencinta sepakbola internasional. Aksinya tersebut juga berhasil membuat Man United meraih kemenangan atas Arsenal dengan skor 3-1 di Emirates Stadium.

8 Desember 2017: Ronaldo Raih Ballon d'Or Kelima

Berbagai prestasi yang diraih oleh Real Madrid di tahun 2017, turut membawa Cristiano Ronaldo kembali terpilih sebagai yang terbaik di dunia. Diumumkan di Menara Eiffel, Ronaldo berhasil mengalahkan sang rival abadi, Lionel Messi.

11 Desember 2017: Manchester City Menangi Derby Manchester

Manchester City berhasil mempermalukan Manchester United di depan pendukungnya sendiri. Pada Derby Manchester jilid pertama di musim 2017/18, The Citizens membuat Setan Merah tertunduk lesu dengan skor 2-1.

12 Desember 2017: Kisah Pertikaian Manchester United vs Manchester City

Kemenangan Manchester City atas Manchester United menyisakan cerita, dengan cekcoknya beberapa penggawa dan staf dari kedua kesebelasan. Begini kisahnya.

17 Desember 2017: Real Madrid Pertegas Diri sebagai yang Terbaik di Dunia

Real Madrid mempertegas diri mereka sebagai klub terbaik dunia, dengan meraih gelar Piala Dunia Antarklub pasca mengalahkan Gremio dengan skor tipis, 2-1. Gelar tersebut merupakan gelar ketiga Madrid.

18 Desember 2017: Kaka, 'Manusia Terakhir' Peraih Ballon d’Or Resmi Pensiun

‘Manusia terakhir’ yang mampu meraih gelar Ballon d’Or sebelum didominasi oleh Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, Ricardo Kaka, memutuskan untuk pensiun di umurnya yang telah menginjak di angka 35.

23 Desember 2017: Menangi El Clasico Jadi Kado Natal Terindah Barcelona!

Diwarnai kartu merah Dani Carvajal, Barcelona berhasil meluluhlantakkan Real Madrid di depan 80 ribu pendukung Los Blancos yang menyesaki setiap sudut Santiago Bernabeu. Kemenangan ini pun menjadi kado terindah untuk Lionel Messi dkk.

Real MadridBelandaItaliaNeymarPiala DuniaLiga ChampionsRicardo KakaPiala Dunia 2018Piala Dunia AntarklubKaleidoskopBola Internasional

Berita Terkini