x

5 Alasan Fans Manchester United Patut Optimistis di Tahun 2018

Selasa, 2 Januari 2018 19:17 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Bendera Manchester United.

Segala sorot mata pencinta sepakbola kali ini tampaknya tertuju pada diri Manchester United. Itu dikarenakan performa Setan Merah yang belakangan kian tak pasti, pasca dikalahkan oleh Bristol City di Carabao Cup dengan skor 1-2.

Seperti yang kita ketahui, dalam lima laga terakhir Romelu Lukaku dkk di segala ajang, mereka hanya mampu meraih satu kali kemenangan dan satu kali kekalahan, dengan tiga di antaranya meraih hasil imbang.

Baca Juga

Kemenangan terakhir berhasil mereka raih saat mengandaskan Everton di depan pendukungnya sendiri. Pada laga yang tersaji di hari Selasa (02/01/17) dini hari WIB, Setan Merah mengalahkan Everton dengan skor 2-0.

Namun, kemenangan tersebut tampaknya tak mampu menjadi pelipur lara para pendukung Setan Merah yang telah menjadi gunjingan dan guyonan para fans klub Liga Primer Inggris lainnya.

Itu dikarenakan posisi mereka yang tertinggal jauh dari Manchester City yang berada di peringkat pertama, selisih 12 poin dengan Man City yang menyisakan satu laga tersisa lebih banyak.

Juan Mata saat melepaskan tendangan mendatar ke gawang Leicester City.

Selain itu, bursa transfer yang dilakukan oleh Man United di awal musim 2017/18 dengan menggelontorkan dana hingga 164,4 juta euro juga menjadi sorotan. Sempat tampil gemilang di awal musim Liga Primer Inggris, kini, mereka justru terseok-seok untuk mengejar ketertinggalan dari Man City.

Walau begitu, masih terdapat beberapa faktor yang pantas membuat fans Man United layak optimistis di tahun 2018 ini dengan klub kebanggaannya tersebut. Apa saja itu? Berikut INDOSPORT rangkum untuk pembaca setia.


1. Pemain Muda Potensial, Masa Depan Cerah

Marcus Rashford merayakan gol kemenangan MU dengan Luke Shaw.

Marcus Rashford (20 tahun), Anthony Martial (22 tahun), Paul Pogba (24 tahun), dan Jesse Lingard (25 tahun) merupakan pemain-pemain Setan Merah yang saat ini tengah naik daun. Keempatnya memiliki andil yang cukup besar untuk mengantarkan Man United di posisi kedua saat ini.

Tentunya kita juga ingat ketika Setan Merah meraih gelar ‘treble winner’ di musim 2016/17 lalu. Walau ada kontribusi dari Zlatan Ibrahimovic, setidaknya keempat nama tersebut memperlihatkan kerja sama yang solid di atas lapangan hingga kini.

Di umurnya yang masih muda serta seiring berjalannya waktu, bukan tidak mungkin keempat pemain tersebut terus berkembang dan memberikan dampak positif kepada skuat Man United ke depannya.


2. Jadi Kuda Hitam di Liga Champions

Zlatan Ibrahimovic melakukan debut di Liga Champions bersama Manchester United.

Bukan hal yang mudah untuk Setan Merah dalam menjuarai gelar Liga Champions musim ini. Beberapa tim kuat seperti Real Madrid, Barcelona, Juventus, Paris Saint-Germain, atau bahkan Manchester City sekalipun akan menjadi saingan utama mereka nantinya.

Namun, Manchester United saat ini ditangani oleh Jose Mourinho, yang dikenal akan taktik ‘parkir bus’ miliknya. Man United pun dikenal sangat sulit untuk ditembus bila mantan pelatih Chelsea itu telah menggunakan formasi tersebut.

Di Liga Primer Inggris saja misalnya, Man United mencetak 45 gol dari 22 pertandingan (2,04 gol/pertandingan) dan hanya kemasukan 16 gol (0,72 gol/pertandingan). Catatan tersebut setidaknya menjadi bukti bahwa mereka berhasil membuktikan diri sebagai tim alot untuk dibobol.

Dengan sedikit keberuntungan, setidaknya sama seperti saat dirinya menangungi Porto di musim 2003/04, bukan hal yang tidak mungkin untuk Man United meraih gelar juara Liga Champions musim ini.


3. Lingard Menggila, Opsi Pemain Melimpah

Jesse Lingard melakukan selebrasi pasca mencetak gol ke gawang Everton.

Di tengah cedera yang dialami oleh Romelu Lukaku dan kambuhnya Zlatan Ibrahimovic, nama Jesse Lingard mencuat menjadi ikon baru klub Setan Merah. Penampilannya yang impresif dalam beberapa laga belakangan membuat Jose Mourinho seakan telah membeli pemain baru.

Lingard yang merupakan lulusan akademi Man United itu kini tampil selayaknya pemain bernomor punggung 10 Setan Merah. Dengan impresifnya Lingard, Juan Mata dan Henrikh Mkhitaryan pun dapat diistirahatkan untuk beberapa laga penting lainnya. Kedalaman skuat inilah yang menjadi nilai lebih Man United dalam mengarungi musim 2017/18.


4. Nama Besar di Bursa Transfer

Antoine Griezmann diisukan siap bergabung Manchester United.

Setelah sebelumnya sempat mendatangkan Romelu Lukaku, Nemanja Matic, Paul Pogba, dan Zlatan Ibrahimovic, Manchester United seakan tak pernah lepas dari nama-nama pemain besar yang akan bermain di Old Trafford.

Cedera yang dialami oleh Lukaku dan Ibrahimovic bertepatan dengan bursa transfer musim dingin di bulan Januari. Berbagai rumor pemain yang ingin didatangkan pun mencuat, seperti nama Antoine Griezmann, hingga sang mantan terindah, Cristiano Ronaldo.

Walau sekadar rumor, namun diyakini Jose Mourinho akan melakukan transfer di bulan Januari untuk menambal lini depan mereka, yang tak mungkin hanya diisikan oleh Anthony Martial saja.


5. Peningkatan yang Signifikan

Skuat Manchester United merayakan gol yang dicetak oleh Romelu Lukaku.

Memang, bila dibandingkan dengan perkembangan Manchester City saat ini, Manchester United tampak buruk. Manchester City kini unggul 12 poin dari Man United, terlebih The Citizens unggul satu pertandingan lebih banyak dari mereka.

Namun, bila dibandingkan musim lalu Manchester United tampak mengalami kemajuan pesat. Setan Merah pada musim lalu mengakhiri kompetisi dengan duduk di posisi enam klasemen akhir Liga Primer Inggris, sedangkan kini, mereka berada di posisi kedua, bersaing dengan Chelsea yang berada di posisi ketiga.

Selain itu di tengah inkonsistensi mereka di musim lalu, setidaknya satu gelar Liga Europa sekaligus tiket menuju Liga Champions berhasil mereka genggam. Tentu patut dinanti apa yang akan mereka raih di akhir musim 2017/18 ini.

Manchester UnitedAntoine GriezmannLiga ChampionsPaul PogbaLiga Primer InggrisJesse LingardAnthony MartialMarcus RashfordLiga Inggris

Berita Terkini