x

Ketua PSTI Ungkap Faktor Penyebab Sepinya Penjualan Tiket Indonesia Selection vs Islandia

Jumat, 5 Januari 2018 19:46 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Agus Dwi Witono
Indonesia Selection vs Islandia.

Islandia dipastikan akan menjalani tour ke Indonesia, untuk menggelar dua laga uji coba yakni dengan Indonesia Selection dan Timnas Indonesia.

Laga Indonesia Selection yang skuatnya merupakan bintang-bintang Liga 1 hasil pilihan masyarakat, akan menjajal kekuatan tim peserta Piala Dunia 2018 itu rencananya akan berlangsung pada Kamis (11/01/18) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Namun, meski sudah kurang dari seminggu lagi, minat masyarkat untuk menyaksikan pertandingan ini terbilang masih minim.

Hal itu diketahui dari hasil penjualan tiket yang sepi peminat. Dari hasil pantauan INDOSPORT di laman Bukalapak, sebanyak empat kategori tiket yang dijual yakni tribun timur, utara, selatan, dan VIP hingga Jumat (05/01/18) pukul 18:00 WIB, total baru terjual sekitar 778 lembar.

Penjualan tiket Indonesia Selection kontra Islandia di Bukalapak.

Hal ini cukup mengejutkan, karena jumlah itu tidak ada setengahnya dari kapasitas Stadion Maguwoharjo yang berjumlah 31.700 penonton.

Sepinya minat publik sepakbola Tanah Air untuk membeli tiket, ditanggapi oleh Ketua Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI), Ignatius Indro. Menurutnya, promosi yang kurang dan harga tiket yang cukup mahal menjadi faktor utama sepinya minat untuk membeli.

"Ada beberapa faktor yang mempengaruhi, yang pertama kurangnya promosi, serta tidak banyaknya bintang-bintang Islandia yang bermain di liga top Eropa dibawa ke sini (Indonesia) sebagai daya tarik," kata Indro saat dihubungi INDOSPORT

Baca Juga

"Apalagi tiket juga terbilang cukup mahal. Namun, hal itu bisa disiasati jika PSSI bisa memberikan rasa nyaman dan aman, kepada penonton di dalam stadion. Harga berapapun tidak masalah untuk mendukung timnas," tambahnya. 

Meski baru terjual kurang dari 1.000 lembar, Indro optimistis alokasi tiket yang sudah dicetak oleh panitia bisa habis menjelang hari H.

"Karena waktunya juga masih panjang ke hari pertandingan, masih ada waktu untuk habis. Kebiasaan masyarakat kita kan kalau beli tiket suka mendekati hari H," tuturnya.

Ignatius Indro, Ketua Umum Paguyuban Suporter Timnas Indonesia.

Lebih lanjut, Indro juga mengomentari nominal harga yang dipatok PSSI untuk tiket laga Indonesia Selection vs Islandia ini. Ia mengatakan, kalau harga tiket Rp100 ribu untuk kategori yang paling murah masih kemahalan. Rp50 ribu adalah harga yang paling pas menurutnya.

"Ngasih harganya juga gak kira-kira. Apalagi laga digelarnya di daerah, harusnya Rp50 ribu lah udah worth it," ucapnya.

Tak lupa, Indro juga memberikan pesan kepada PSSI dan pihak keamanan, agar tak kecolongan dengan masuknya benda-benda berbahaya masuk ke dalam stadion. Hal itu untuk menghindari terulangnya kejadian suporter Timnas bernama Catur, yang tewas di dalam Stadion Patriot, Bekasi, karena flare beberapa waktu silam.

"Satu lagi, saya ingin menyampaikan pesan agar PSSI dan pihak keamanan lebih ketat lagi dalam mengawasi suporter yang masuk ke stadion, agar tidak membawa benda-benda berbahaya demi menghindari kembali tewasnya suporter Timnas," tutup Indro.

IndonesiaPSTIIslandiaStadion MaguwoharjoLiga Indonesia

Berita Terkini