x

Termasuk Persib, Inilah 5 Klub Liga 1 yang Sudah Lengkapi Kuota Pemain Asing

Jumat, 5 Januari 2018 18:03 WIB
Editor: Agus Dwi Witono
Logo Bhayangkara FC, Sriwijaya FC, PSM Makassar, Bali United, dan Persib Bandung.

Kompetisi Liga 1 2018 semakin dekat. Membuat klub-klub peserta pun mulai lebih bergeliat di bursa transfer. Termasuk mendatangkan pemain asing yang dibutuhkan untuk memperkuat pasukan mereka.

Berdasarkan regulasi Liga 1 musim lalu, seluruh klub peserta diizinkan memiliki 4 pemain asing. Rinciannya: 2 pemain asing non-Asia, 1 pemain Asia, dan 1 marquee player. Ini merupakan perubahan dari regulasi sebelumnya yang hanya mengizinkan klub memiliki 3 pemain asing saja.

Baca Juga

Sejauh dalam pantauan INDOSPORT, setidaknya ada 5 klub Liga 1 yang sudah mengisi kuota pemain asing ini. Bali United dan PSM Makassar menjadi 2 klub yang paling awal mengisi slot pemain asing yang diizinkan.

Selain kedua klub tersebut, ada 3 klub lagi yang sudah mengontrak pemain asing sesuai jatah mereka. Sementara belasan klub lainnya hingga saat ini masih dalam proses seleksi, hingga belum melakukan penandatanganan kontrak dengan pemain asing yang diincar.

Berikut 5 klub Liga 1 yang sudah siap tempur dengan para pemain asing mereka.


1. Bali United

Kevin Brands di sesi latihan Bali United.

Sepeninggal striker Sylvano Comvalius yang pindah ke Thailand, Bali United pun cepat berburu pemain yang bisa menggantikan top skor Liga 1 2017 itu. Namun, pemain yang akan mengisi slot yang ditinggal Comvalius bukan lah pemain asing. Karena yang didapat adalah Ilija Spasojevic yang memang sudah resmi menjadi WNI.

Karena itu manajemen Laskar Serdadu Tridatu pun bisa menambah slot pemain asing mereka. Sebelumnya, 2 slot pemain asing sudah diisi Ahn Byung Keon dan Nick van der Velden yang memang dipertahankan. Barulah Bali United mendatangkan Bruno Demerson dan Kevin Brands sebagai pemain asing tambahan pada bulan lalu.

Kuota Pemain Asing Bali United
Pemain Asia: Ahn Byung Keon
Pemain non-Asia: Bruno Demerson, Kevin Brands
Marquee Player: Nick van der Velden 


2. PSM Makassar

Wiljan Pluim resmi perpanjang kontrak di PSM Makassar.

Boleh jadi dibanding klub-klub elite Liga 1 lainnya, PSM Makassar punya inisiatif paling cepat. Bagaimana tidak, sebelum para pemainnya menjalani liburan, manajemen Juku Eja sudah resmi memperpanjang dua pemain asing andalannya, Marc Klok dan Wiljan Pluim.

Sementara kontrak Steven Paulle sendiri berdurasi 2 tahun sejak direkrut pada 2017 lalu. Hanya Pavel Purishkin yang tidak diperpanjang kontraknya. Namun manajemen PSM sudah langsung mendapatkan penggantinya saat merekrut Bruce Djite sekitar November lalu.

Djite berstatus pemain asing Asia karena ia memiliki paspor Australia. Sebelum ke Makassar, Djite bermain di Liga Korea Selatan.

Kuota Pemain Asing PSM Makassar
Pemain Asia:
Bruce Djite
Pemain non-Asia:  Marc Klok, Steven Paulle
Marquee Player: Wiljan Pluim 


3. Sriwijaya FC

Dua pemain asing Sriwijaya FC asal Mali Makan Konate dan Mahamadou N’Diaye jalani latihan perdana bersama Sriwijaya FC.

Sriwijaya FC menjadi klub yang paling getol melakukan perombakan pemain menjalang Liga 1 2018. Sejumlah pemain lokal maupun asing segera direkrut saat kompetisi Liga 1 sudah selesai. Bahkan, kuota pemain asing yang dimiliki pun sebenarnya berlebih.

Pasalnya, manajemen Laskar Wong Kito sudah memiliki Esteban Vizcarra dan Alberto Goncalves saat mendatangkan pemain asing yang lain. Namun, kedua pemain tersebut memang diketahui tengah menjalani proses naturalisasi sebagai warga negara Indonesia. 

Diharapkan, saat Liga 1 2018 sudah bergulir, proses naturalisasi kedua pemain sudah rampung. Sehingga kuota pemain asing yang dimiliki Sriwijaya pun bakal sesuai regulasi.

Kuota Pemain Asing Sriwijaya FC
Pemain Asia:
Yuu Hyun Koo
Pemain non-Asia: Manuchekhr Dzhalilov, Makan Konate
Marquee Player: Mahamadou N'Diaye 


4. Bhayangkara FC

Lee Yoo Joon pemain asing asia Bhayangkara FC

Dari lima pemain asing yang dimiliki Bhayangkara FC pada Liga 1 musim 2017, hanya dua yang tetap bertahan untuk tampil di Liga 1 2018. Mereka adalah Lee Yoo-jon dan Paulo Sergio. Lee berstatus pemain asing Asia sementara Paulo Sergio adalah marquee player bagi Bhayangkara.

Untuk melengkapi kuota, manajemen The Guardian pun mendatangkan dua pemain asing yang berpengalaman di sepakbola Indonesia. Setelah mendapatkan Zah Rahan, Bhayangkara pun mendapatkan Vladimir Vujovic beberapa hari lalu. Sehingga kuota 2 pemain asing non-Asia pun sudah mereka penuhi.

Kuota Pemain Asing Bhayangkara FC
Pemain Asia:
Lee Yoo-joon
Pemain non-Asia: Zah Rahan, Vladimir Vujovic
Marquee Player: Paulo Sergio 


5. Persib Bandung

Bojan Malisic resmi berseragam Persib Bandung.

Setelah sempat dianggap santai dalam melakukan perburuan pemain baru, karena menunggu kedatangan pelatih anyar, Persib Bandung akhirnya bisa mengisi seluruh kuota pemain asing tepat di awal tahun ini.

Sebelumnya, Persib memang masih mengikat Michael Essien dan Ezechiel Ndouassel hingga satu musim lagi. Selepas kepergian Shohei Matsunaga dan Vladimir Vujovic, Maung Bandung pun segera berburu. Dengan bantuan agen pemain Gabriel Budi, Persib pun akhirnya mendapatkan Bojan Malisic sebagai pemain asing non-Asia dan Oh In-Kyun sebagai pemain asing Asia.

Kuota Pemain Asing Persib Bandung
Pemain Asia:
Oh In-Kyun
Pemain non-Asia: Ezechiel Ndouassel, Bojan Malisic
Marquee Player: Michael Essien

Persib BandungPSM MakassarSriwijaya FCLiga IndonesiaBhayangkara FCBali United FCLiga 1

Berita Terkini