x

3 Fakta Menarik Di Balik Kepindahan Barkley ke Chelsea

Sabtu, 6 Januari 2018 15:48 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Ross Barkley resmi gabung Chelsea.

Chelsea telah mengkonfirmasi kedatangan Ross Barkley dari Everton. Harga yang harus dibayarkan The Blues diperkirakan hanya sebesar 15 juta poundsterling atau sebesar Rp272 milliar.

Menariknya, kepindahan Barkley dari Everton ke Chelsea mengundang berbagai anggapan miring dari berbagai pihak. Baru-baru ini, Wali Kota Liverpool, Joe Anderson mengaku ragu adanya kecurangan terkait biaya transfer Barkley.

Baca Juga

Namun, semua hal tersebut tidak menyurutkan rasa senang yang dialami Barkley saat dirinya diperkenalkan sebagai pemain anyar Chelsea. Pemain berusia 24 tahun itu mengaku senang bisa bergabung bersama klub besar seperti Chelsea, yang sudah beberapa kali menjuarai Liga Inggris.

"Saya merasa bahagia sekali dan tidak sabar untuk mulai bermain bersama Chelsea. Diberikan kesempatan di klub sebesar ini sungguh luar biasa dan masih belum bisa saya percayai," ujar Barkley seperti dikutip dari situs resmi Chelsea. 

Dengan begitu banyaknya pihak yang keheranan kenapa harga transfer Barkley begitu menurun, INDOSPORT merangkum beberapa fakta menarik di balik kepindahan sang pemain ke Stamford Bridge.


1. Belum Pernah Bermain Musim Ini

Gelandang andalan Everton, Ross Barkley kabarnya akan dijual dengan harga 50 juta poundsterling.

Untuk seorang pemain yang belum pernah turun bermain, nampaknya harga sebesar 15 juta poundsterling cocok untuk Barkley. Barkley masih harus kesulitan mengembalikan kebugarannya setelah menjalani operasi untuk memperbaiki cedera hamstring yang dia alami.

Selain belum pernah bermain musim ini, yang membuat harga Barkley jatuh adalah kontraknya yang akan berakhir pada akhir musim 2017-18. Penggawa Timnas Inggris itu menandatangani kontraknya yang terakhir di Everton pada 2014 silam, dan memang akan berakhir pada Juli 2018 nanti.


2. Chelsea Hampir Sepakat dengan Barkley Musim Panas Lalu

Ross Barkley saat menandatangi kontrak bersama Chelsea.

Ternyata, Chelsea telah menyetujui sebuah kesepakatan senilai 30 juta poundsterling untuk Barkley di hari terakhir bursa transfer musim panas kemarin. Namun ternyata, pemain yang juga digosipkan ke Tottenham Hotspur itu, gagal pindah ke Stamford Bridge.

Kegagalan tersebut dikarenakan sang pemain masih mengalami cedera hamstring kambuhan. Malah, setelah transfer tersebut gagal, Barkley disebut-sebut siap menandatangani kontrak dan berusaha untuk bertahan di Everton.

Sering cedera dan secara terang-terangan ingin hengkang dari klub, Everton pun enggan memberi kontrak baru untuk sang gelandang. Untungnya, Chelsea mau membeli Barkley di bursa transfer ini, kalau tidak, Everton harus kehilangan pemainnya secara gratis.


3. Wanita Cantik, Sang Negosiator Ulung Milik Chelsea

Ross Barkley dan Marina Granovskaia.

Setelah ditinggal Michael Emenalo pada November lalu, Granovskaia keluar dari 'persembunyiannya' untuk menjadi negosiator ulung Chelsea yang baru. Wanita berusia 42 tahun itu bahkan berpose bersama Ross Barkley setelah memperkenalkan sang pemain.

Ternyata, wanita campuran Kanada-Rusia itu memang sosok yang punya peran penting dalam aktivitas transfer Chelsea sejak lama. Namun, Granovskaia hanya ada di belakang layar sebelum memutuskan mengambil kursi direktur klub.

Selain Barkley, bukti kehebatan Granovskaia sebagai negosiator ulung adalah kesepakatan Chelsea dengan apparel terkenal asal Amerika Serikat, Nike. Tidak tanggung-tanggung, Chelsea dan Nike mengikat kerja sama dengan nilai kesepakatan sebesar 60 juta poundsterling.

ChelseaEvertonRoss BarkleyLiga Inggris

Berita Terkini