x

Bila Hal Ini Terjadi, Messi Berpeluang 'Campakan' Barcelona

Sabtu, 6 Januari 2018 06:18 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
Lionel Messi saat melawan Villarreal.

Harapan pendukung fanatik Barcelona untuk bisa tetap melihat aksi Lionel Messi di atas lapangan hijau memang baru saja terkabul. Hal itu menyusul keputusan Messi yang memperpanjang kontraknya hingga 2021 pada November 2017 lalu.

Meski begitu, ada baiknya para pendukung La Blaugrana tetap waspada, lantaran ada peluang bagi Messi untuk tidak menjalankan kontraknya dan hijrah ke klub lain. Mengapa bisa begitu?

Messi pada November 2017 lalu memperpanjang kontraknya di Barcelona.

Dilansir dari media cetak ternama asal Spanyol, El Mundo per Jumat (05/01/17) kemarin, ada syarat khusus yang disampaikan oleh Messi agar dirinya mau tetap bertahan di Camp Nou.

Syarat tersebut adalah bahwa pihak Barcelona memperbolehkannya hengkan ke klub lain, seandainya Catalunya benar-benar merdeka dan membuat tim besutan Ernesto Valverde dicoret dari La Liga.

Baca Juga

Dalam beberapa waktu terakhir, isu kemerdekaan yang dituntut masyarakat Catalunya agar mereka bisa merdeka dan lepas dari Spanyol sempat menjadi topik pembicaraan hangat. Bila nantinya Catalunya merdeka, maka Barcelona pun harus mengikuti kompetisi baru bentukan Catalunya, yang tentunya memiliki persaingan yang lebih kecil.

Seandainya Barcelona tidak tampil di liga elite Eropa, mereka terpaksa melepas Messi.

Parahnya lagi, bila kondisi tersebut benar-benar terjadi, maka Barcelona harus rela melepas Messi dengan status free transfer ke klub lain, tanpa perlu membayar klausulnya yang sebesar 700 juta euro (sekitar Rp11,3 triliun).

Peluang Messi tetap bertahan di Barcelona saat Catalunya resmi merdeka sendiri belum tertutup sebelumnya, andai saja Barca kemudian hijrah ke kompetisi elite semisal Liga Primer Inggris, Ligue 1, ataupun Bundesliga.

BarcelonaLionel MessiCatalunyaLiga Spanyol

Berita Terkini