x

Presiden Jokowi Akan Resmikan Stadion GBK Jelang Timnas Indonesia vs Islandia?

Senin, 8 Januari 2018 17:04 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Presiden Ri, Joko Widodo.

Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta sebentar lagi akan digunakan untuk yang pertama kalinya pasca renovasi setahun belakangan, tepatnya pada Minggu (14/01/18) saat Timnas Indonesia menjamu peserta Piala Dunia 2018, Islandia. Namun, sebelum uji coba internasional itu, terlebih dahulu akan ada acara serah terima atau peresmian yang nantinya akan dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Informasi tersebut disampaikan oleh perwakilan pengembang atau kontraktor pembangunan Stadion GBK yang akan menyerahkan pengelolaan pada Kementerian PUPR. 

Baca Juga

"Untuk tanggal 14 Januari nanti agenda utama kita sebenarnya peresmian GBK saja. Pasti Pak Presiden akan datang karena kita diminta untuk mempesiapkan segala sesuatu," ujar Vegit Hughes selaku perwakilan dari pihak pengembang ke INDOSPORT.

"Kita ingin Pak Jokowi melihat langsung dan juga kita mau melihat bagaimana masyarakat memperlakukan GBK yanh baru. Apakah lebih dewasa atau tidak," imbuhnya saat disinggung mengenai alasan utama digelarnya pertandingan Indonesia vs Islandia akhir pekan ini di Stadion GBK.

Stadion Gelora Bung Karno.

Lebih lanjut, pihak pengembang menjelaskan laga Timnas Indonesia vs Islandia juga memang dibutuhkan sebagai bahan referensi dan evaluasi terutama mengenai apa saja yang kurang setelah selesai pertandingan. Evaluasi tersebut dibutuhkan untuk menyempurnakan dan melengkapi apa saja yang perlu agar lebih siap saat menggelar Asian Games Agustus mendatang.

"Ini kan masih dalam tahap perawatan, jadi nantinya hal apa saja yang kurang dan mungkin perlu diperbaiki harus kita ketahui. Dan nanti setelah pertandingan Indonesia vs Islandia itu jadi tolak ukur bagi kita untuk memperbaiki apa saja yang dibutuhkan, makanya serah terima akan dilakukan sebelum laga," urai Vegit Hughes.

Menteri keuangan, Sri Mulyani mengunjungi komplek Stadion Utama Gelora Bungkarno.

Stadion GBK bersama beberapa venue olahraga di kawasan Senayan memang sengaja direnovasi untuk keperluan Asian Games 2108. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah meresmikan Lapangan ABC, Lapangan Hoki, Stadion Aquatic dan Lapangan Panahan pada akhir 2017 lalu.

Khusus Stadion GBK, pasca direnovasi, stadion kebanggan masyarakat Indonesia itu tampil lebih modern. Beragam fasilitas kelas satu pun disematkan seperti penggunaan single seat, lampu LED, tribun khusus difabel, rumput layaknya Allianz Arena, ruang gantinya yang mengadopsi gaya Stadion Wembley hingga pemakaian panel surya yang menghemat penggunaan listrik.

IslandiaStadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK)Timnas IndonesiaLiga Indonesia

Berita Terkini