x

3 Klub yang Berpotensi Memberikan Kejutan Besar di Liga 1 Musim Depan

Jumat, 12 Januari 2018 21:13 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Liga 1.

Tentunya tidak banyak yang menyangka jika Bhayangkara FC mampu keluar sebagai kampiun Liga 1 2017. Di saat klub-klub besar Indonesia seperti Persib bersolek dengan mendatangkan Essien dan Cole serta Arema dengan barisan bintang-bintang timnasnya plus PSM yang ditangani pelatih sekelas Robert Rene Alberts, namun justru tim Bhayangkara FC yang keluar sebagai jawara. 

Belum lagi keberadaan Bali United. Tim yang pada awalnya terseok-seok ternyata mampu berada di peringkat kedua alias runner-up. Bahkan bisa saja mereka menjadi "juara" jika tidak ada insiden Mitra Kukar yang menurunkan Sissoko. 

Ternyata komposisi pemain yang klop dan pelatih brilian menjadi kunci keberhasilan Bhayangkara. Dengan keberadaan pemain-pemain seperti Evan Dimas, Paulo Sergio, Ilhamudin Armaiyn, dan Putu Gede, Bhayangkara mampu dibuat tampil secara konsisten dan klop oleh pelatih Simon McMenemy. 

Baca Juga

Di sisi lain, entah ketidakberuntungan atau kebuntuan strategi, tim seperti Persib dan Sriwijaya tak mampu menembus 10 besar klasemen padahal mereka memiliki skuat cukup mumpuni. Justru Persija yang tak terlalu digembor-gembor pada awal musim duduk di peringkat empat. 

Musim ini pun tim-tim seperti Persib, Sriwijaya, Persija, lalu ada Bali United kembali akan diunggulkan untuk juara. Namun, berkaca pada kejutan-kejutan yang terjadi musim lalu, bukan tidak mungkin hal yang sama bisa terulang di Liga 1 musim 2018. Ada 20 tim yang berkompetisi. Tiga di antaranya adalah tim baru. Bisa jadi muncul tim "super" baru yang mampu merangsek ke papan atas. 

Berikut INDOSPORT coba rangkum tiga klub yang berpotensi memberikan kejutan besar di Liga 1 musim depan:


1. PSIS Semarang

Petar Planic, calon pemain asing PSIS Semarang

Kesiapan klub promosi asal Semarang ini sepertinya tidak main-main. PSIS terus menyeleksi dan berburu pemain-pemain berkualitas demi bisa bersaing di Liga 1 dan tak hanya sekedar numpang lewat. 

Belum lama ini PSIS berhasil mengamankan tanda tangan pemain belakang asal Serbia, Petar Planic, yang gadang-gadang seharga 4 miliar (berdasarkan situs transfermarkt). Tentunya nilai ini mencerminkan kualtias dari seorang Planic dan juga keseriusan PSIS. 

Tak hanya itu, dari laga uji coba kedua melawan Arema FC dan Bali United, pemain ini mampu tampil baik. Bahkan, PSIS berhasil mengandaskan Bali United di laga uji coba ke-3 mereka dengan tim liga 1. 

Tak hanya Planic, PSIS juga berhasil mendapatkan Ibrahim COnteh. Pemain tengah yang sudah berpengalaman di Liga Indonesia ini diharapkan bisa mengangkat performa PSIS musim depan. Laskar Mahesa Jenar pun tak hanya berhenti di situ, mereka masih akan mencari dua pemain asing lagi. Secara tim, PSIS memiliki peningkatan baik skill maupun mental dari pemain di dalam dua uji coba terakhir. Bukan tak mungkin PSIS bisa menembus 10 besar. Untuk klub promosi, hal itu tentunya cukup baik.


2. Persebaya Surabaya

Suporter fanatik Persebaya Surabaya, Bonek.

Lagi-lagi tim promosi. Kali ini tim legendaris asal Surabaya yang musim lalu memenangi Liga 2, yaitu Persebaya. Persebaya mengawali bursa transfernya dengan menarik bintang-bintang Persipura seperti Osvaldo Haay, Nelson Alom, Ferinando Pahabol, dan Ruben Sanadi.

Seperti yang kita ketahui, keempat pemain ini sendiri merupakan kunci dari permainan Persipura musim lalu yang berada di peringkat keenam. Dengan tambahan pemain-pemain Papua ini, maka skuat juara Liga 2 Persebaya akan semakin tangguh. 

Tak hanya itu, Presiden klub Persebaya, Azrul Ananda, terbukti merupakan sosok yang mengerti dalam mengelola sebuah tim profesional. Sosok muda pecinta bola ini berhasil mengangkat Persebaya untuk kembali ke kasta tertinggi sepakbola tanah air. 

Azrul Ananda terharu saat menyanyikan anthem

Kemampuannya dalam menggalang sponsor, memanfaatkan antusiasme bonek, sampai hak siar tv, membuat Persebaya mendapat keuntungan sehingga layak disebut klub profesional yang mandiri dari APBD. 

Arthur Irawan, menjalani trial bersama Persebaya.

Persebaya dikabarkan akan mendatangkan David N'Gog, yaitu pemain yang pernah merumput di Liga Inggris. Arthur Irawan pun dikabarkan akan merapat. Ke depan, Bajul Ijo juga dipastikan akan mendatangkan pemain asing lainnya demi memenuhi slot yang ditetapkan PSSI. 

Bonek patut optimistis klub kebanggannya bisa kembali berjaya musim depan. Setidaknya, Persebaya mampu bersaing di enam besar klasemen. 


3. Madura United

Skuad Madura United.

Klub terakhir yang akan dibahas adalah Madura United. Musim lalu sebenarnya Madura sudah menunjukan tanda-tanda kedigdayaannya. Madura berhasil bercokol di peringkat kelima dan menembus dominasi Persipura, Persib serta Sriwijaya. 

Musim ini, Madura benar-benar agresif di bursa transfer. Laskar Sapi Kerrap berbenah lebih baik dari musim sebelumnya. Madura mampu mendatangkan salah satu gelandang terbaik di Liga Indonesia saat ini, Raphael Maitimo, yang musim lalu menjadi top skor Persib. Selain itu, Madura juga dikabarkan tetap mempertahankan Peter Odemwingie yang tampil impresif di paruh musim lalu. 

Madura United resmi mendapatkan Raphael Maitimo dari Persib Bandung.

Ditambah lagi, mereka juga berhasil merekrut Marcel Sacramento dan Kapten Timnas Tajikistan, Nuriddin Davronov, yang akan menjadi jenderal di lapangan tengah Madura. Bahkan, kabar terbaru menyatakan Madura United akan merekrut rekan Ezra Walian di Almere City yang bernama Gaston Salasiwa.

Dengan keuangan yang sehat dan pengelolaan yang profesional, Madura United tak main-main dalam menatap musim depan. Peringkat tiga besar klasemen menjadi target yang sangat mungkin bisa diwujudkan Madura. 

Bursa TransferPersebaya SurabayaPSIS SemarangMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini