x

4 Pemain Kunci Timnas Indonesia untuk Misi Tumbangkan Islandia

Jumat, 12 Januari 2018 15:28 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Indonesia vs Islandia.

Islandia yang sebelumnya sukses menggulung Indonesia Selection 6-0 merupakan lawan berat yang tentunya harus sangat diwaspadai oleh Timnas Indonesia. Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, telah memanggil 24 nama pemain, baik senior, maupun pemain U-23, untuk laga melawan peserta Piala Dunia 2018 tersebut.

Menggunakan pemain gabungan senior dan U-23, Milla tampaknya memang ingin melihat bagaimana kekuatan skuat racikannya. Kedua tim tidak pernah bertemu sebelumnya, bahkan pelatih Timnas Islandia, Heimir Hallgrimsson, mengungkapkan jika skuatnya buta dengan kekuatan tim tuan rumah.

Baca Juga

“Saya memang tidak tahu skuat dan permainan Timnas Indonesia. Tapi saya tahu dari pengalaman bermain dengan Indonesia Selection, bahwa pemain Indonesia memiliki skill individu yang bagus," ujar Hallgrimsson.

Timnas Indonesia.

Meski buta, namun kekuatan Timnas Islandia tetap berbahaya untuk skuat Garuda. Bahkan kemungkinan untuk mengalahkan skuat berjuluk Our Boys itu tampaknya akan sulit jika mengingat betapa superiornya Islandia saat menaklukan Indonesia Selection dengan skor 6-0.

Luis Milla nyatanya memiliki beberapa pemain yang dapat menjadi kunci permainan di laga melawan Islandia. Diperkuat oleh pemain senior dan pemain muda, Timnas Indonesia akan dipersenjatai kekuatan dan pengalaman.

Berikut INDOSPORT merangkum empat pemain senior dan pemain muda yang dapat menjadi kunci permainan Timnas Indonesia vs Islandia.

Skuat Timnas Islandia.

1. Victor Igbonefo

Victor Igbonefo pada saat latihan bersama timnas di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang.

Bek naturalisasi, Victor Igbonefo, kembali memperkuat Timnas Indonesia setelah debut pertamanya untuk Skuat Garuda pada 2013 lalu. Pemain belakang asal Nigeria itu pertama kali memperkuat Timnas Indonesia yang kala itu melawan Arab Saudi.

Bek 32 tahun itu juga memperkuat Timnas Indonesia senior di Kualifikasi Asian Games 2015. Kini, Igbonefo kembali mendapat kepercayaan untuk berseragam Merah Putih di era kepelatihan Luis Milla.

Pada 2015 lalu, Igbonefo yang memperkuat Arema akhirnya dipinjamkan ke klub Thailand,  Osostspa Samutprakan, hingga akhirnya ia benar-benar dipermanenkan di sana. Pemain kelahiran 10 Oktober 1985 itu juga malang melintang membela klub Thailand hingga akhirnya kini kembali ke Tanah Air dan bergabung dengan Persib Bandung.

Igbonefo tercatat sudak mencatatkan 10 caps bersama Timnas Indonesia. Jika diturunkan melawan Islandia, maka akan menjadi comeback-nya.


2. Boaz Solossa

Kapten timnas Indonesia, Boaz Salosa (tengah) merayakan gol ke gawang Malaysia bersama Andik Vermansah (kiri) dan Irfan Bachdim di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016).

Boaz Solossa kembali dipercaya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Kapten yang juga penyerang Persipura ini semestinya tidak menyia-nyiakan kesempatan kembali dipanggil untuk membela Skuat Garuda.

Boaz tercatat belum kembali mencetak gol untuk Timnas Indonesia semenjak gelaran Piala AFF 2016 silam. Striker 31 tahun itu terakhir kali mencetak gol di pertandingan melawan Filipina di Piala AFF dua tahun silam.

Meski belum kembali menunjukkan ketajamannya, namun Milla tampaknya menyimpan kepercayaan pada Boaz. Terakhir kali, boaz turun di pertandingan persahabatan melawan Fiji, September 2017 lalu di Stadion Patriot Candrabhaga.

"Boaz bermain dengan bagus sekali, dia banyak bantu tim dan bisa menjadi contoh untuk rekan-rekan yang lain. Sebagai kapten tim, dia sudah menjadi sosok yang baik, yang kurang dari Boaz hanya gol," ujar Milla.


3. Evan Dimas

Evan Dimas Darmono saat melakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Myanmar.

Sebelum dipanggil untuk memperkuat Timnas Indonesia melawan Islandia, Evan Dimas harus menghadapi polemik karena keputusannya untuk memperkuat klub Malaysia, Selangor FA. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, sempat menyebut Evan Dimas dan Ilham Udin yang memilih hengkang dari Bhayangkara FC ke Selangor FA tak memiliki rasa nasionalisme.

Nyaris dilarang untuk pergi ke Malaysia, Evan akhirnya bisa bernapas lega karena pihak PSSI dan Selangor FA akhirnya mencapai kesepakatan. Selangor FA tak akan menghalangi Evan dan Ilham untuk memperkuat Skuat Garuda yang tengah bersiap untuk gelaran Asian Games 2018.

Hal ini terbukti saat pihak Selangor FA melepas Evan Dimas untuk kembali ke Indonesia jelang pertandingan melawan Islandia. Kepercayaan yang diberikan untuk memperkuat Timnas melawan Islandia tentunya harus menjadi pembuktian bagi mantan pemain Persebaya Surabaya itu jika ia 100 persen berjuang untuk Skuat Garuda.


4. Andik Vermansah

Andik Vermansah

Andik juga kembali dipanggil oleh Luis Milla untuk pertandingan menghadapi Islandia setlah terakhir kali dipanggil di laga persahabatan melawan Fiji pada September 2017 silam. Panggilan Timnas kali ini mungkin terasa berbeda untuk Andik yang kini belum memiliki klub.

Usai meninggalkan Selangor FA, pemain berusia 26 tahun itu memang belum memutskan klub yang akan menjadi pelabuhan barunya. Santer disebut-sebut akan bergabung dengan Persebaya, nyatanya hingga kini Andik belum memilih.

Negosiasi alot yang terjadi dengan pihak Persebaya disinyalir menjadi penyeba Andik belum juga sepakat untuk bergabung dengan klub yang pernah diperkuatnya pada 2008 hingga 2013 silam itu. Tak hanya Persebaya, Madura United juga santer disebut-sebut tertarik untuk memboyongnya.

Pembuktian untuk Andik jika ia mampu tampil gemilang saat diturunkan melawan Islandia nanti. Hal tersebut akan menjadi nilai plus baginya di mata klub yang kini tengah membidiknya.

Boaz SolossaVictor IgbonefoEvan DimasIslandiaAndik VermansahTimnas IndonesiaLiga Indonesia

Berita Terkini