x

Deretan Klub Terboros dalam Satu Musim

Jumat, 12 Januari 2018 20:00 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Ardini Maharani Dwi Setyarini
Ilustrasi klub terboros.

Pada era sepakbola modern ini, sejumlah klub top Eropa mulai berani mengeluarkan dana besar untuk mendapatkan pemain incarannya. Hal itu tak terlepas dari klub sang pemain yang mematok harga tinggi untuk melepaskannya.

Tak heran jika saat ini banyak sejumlah klub menjadikan pemain incarannya sebagai pemain termahal di dunia. Saat ini, status tersebut masih dimiliki bintang asal Brasil Neymar setelah memutuskan hijrah ke Paris Saint Germain.

Baca Juga

PSG berhasil mendapatkan jasa Neymar setelah klub kaya asal Paris tersebut mengaktifkan klausul pelepasan sang pemain yang mencapai 222 juta euro atau setara dengan Rp3,4 triliun. Tim berjuluk Les Parisiens tersebut pun menjadi klub pertama yang rela menggelontorkan dana sebesar itu.

Tak hanya itu, baru-baru ini juga Liverpool berhasil memecahkan rekor transfer seorang bek pada awal Januari ini. The Reds menjadi Virgil Van Dijk sebagai bek termahal di dunia dengan nilai transfer sebesar 75 juta pounds atau setara Rp1,3 triliun. 

Meski begitu, bukan berarti PSG dan Liverpool menjadi klub terboros. INDOSPORT pun akan membahas lima klub terboros dalam satu musim.


1. Manchester City Musim 2017/18 (Rp3,99 triliun)

Man City vs Watford.

Manchester City menjelma sebagai tim terkuat di Eropa setelah mendapatkan suntikan dana dari pria kelahiran Uni Emirates Arab, Mansour bin Zayed Al Nahyan. Datangnya Mansour pun membuat The Citizens leluasa mendatangkan pemain yang diinginkannya.

Pada musim ini, Manchester City dinilai boros untuk mendapatkan pemain yang diimpikan pelatih Josep ‘Pep’ Guardiola. Setelah gagal di musim pertamanya bersama Manchester City, Guardiola pun tak ragu mengeluarkan dana besar di tahun selanjutnya.

Terhitung, tim asal Manchester tersebut berhasil mendatangkan delapan pemain pada musim panas lalu. Mereka pun mendapatkan sejumlah pemain senior seperti Benjamin Mendy, Kyle Walker, Bernardo Silva, Ederson, Danilo. The Citizens juga membajak para pemain muda yakni, Douglas Luiz, Luka Ilic dan Olarenwaju Kayode.


2. Real Madrid Musim 2009/10 (Rp4,21 triliun)

Para pemain Real Madrid.

Jauh sebelumnya, Real Madrid telah lebih dulu menjadi klub terboros dalam satu musim. Status terboros yang disandang Los Galacticos tersebut terjadi pada musim 2009/10 lalu, di mana mereka mendatangkan sejumlah nama besar.

Kala itu, klub raksasa La Liga tersebut berhasil mendapatkan jasa Crsitiano Ronaldo, Ricardo Kaka, Xabi Alonso, dan Karim Benzema. Tak heran jika mereka masuk dalam daftar klub terboros dalam satu musim.

Selain nama-nama besar itu, Los Galacticos juga mendatangkan lima pemain lainnya. Pemain tersebut adalah Raul Albiol, Alvaro Negredo, Alvaro Arbeola, Esteban Granero, dan Antonio Adan.


3. Barcelona Musim 2017/18 (Rp5,01 triliun)

Philippe Coutinho saat melaihat koleksi trofi milik Barcelona.

Secara mengejutkan Barcelona dinobatkan sebagai klub paling boros dalam sejarah persepakbolaan profesional. Hal itu terjadi ketika tim asal Catalan tersebut menyelesaikan transfer bintang asal Brasil, Philippe Coutinho.

Klub berjuluk Blaugrana tersebut harus mengeluarkan dana sebesar 146 juta pounds, yang jika dirupiahkan mencapai angka Rp2,6 Triliun, untuk mendapatkan Coutinho pada musim dingin ini.

Sebelumnya, Barcelona juga sempat mendatangkan lima pemain baru pada bursa transfer musim panas lalu. Dana terbesar mereka keluarkan demi membajak Ousmane Dembele dari Borussia Dortmund.

Terhitung, hingga saat ini Bracelona telah mendatangkan tujuh pemain baru sepanjang musim 2017/18 ini. Mereka adalah Marlon, Gerard Deulofeu, Nelson Semedo, Paulinho, dembele, Coutinho, dan Yerry Mina.

Bursa TransferReal MadridManchester CityBarcelonaBola Internasional

Berita Terkini