x

Didominasi Penggawa Bali United dan Persib, Deretan 5 Pemain Indonesia Termahal Saat Ini

Kamis, 25 Januari 2018 20:54 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Ilija Spasojevic saat terjun membela Bali United di Kualifikasi Liga Champions 2018.

Situs asing TransferMarkt merilis deretan pemain-pemain Indonesia dengan nilai jual tertinggi. Dalam list Most Valuable Player, Transfermarkt mengurutkan siapa-siapa saja pesepakbola Indonesia yang dibanderol dengan harga tinggi.

Andik Vermansah yang sebelumnya sempat menjadi sorotan usai gagal bergabung ke Persebaya karena alasan yang disinyali masalah harga nyatanya tak menempati peringkat pertama. Andik hanya menduduki peringkat 46 pemain termahal Indonesia dengan nilai jual 125 ribu euro atau setara Rp2 miliar.

Baca Juga

Di deretan 10 besar, dua pemain muda Persib Bandung, yakni Febri Hariyadi dan Billy Keraf justru masuk dalam deretan. Prestasi yang mereka raih di klub dan Tim Nasional (Timnas) Indonesia membuat kedua wonderkid Maung Bandung itu memiliki nilai jual yang melesat.

PSMS Medan vs Persib Bandung

Meski ada nama pemain muda, deretan pesepakbola senior juga masih menghuni deretan pesepakbola dengan nilai jual tertinggi. Hal tersebut membuktikan jika para pemain veteran pun masih dihargai mahal mengingat penampilan mereka yang masih luar biasa di atas lapangan.

Siapa saja lima pesepakbola Indonesia dengan harga termahal saat ini?Berikut INDOSPORT menyajikan rangkumannya.


1. Stefano Lilipaly

Hattrick Stefano Lilipaly Sukses Bawa Bali United Raih Kemenangan Pertama di Piala Presiden 2018.

Lilipaly menjadi pemain Indonesia termahal saat ini menurut situs Transfermarkt. Gelandang Timnas Indonesia berdarah Belanda itu memiliki nilai jual seharag 400 ribu euro atau setara Rp6,6 miliar saat ini.

Lilipaly yang kini memperkuat Bali United sebelumnya memang aktif bermain di Liga Belanda. Pemain berusia 28 tahun itu sebelumnya memperkuat SC Cambuur sebelum akhirnya resmi bergabung dengan Bali United tahun lalu.

Sebanding dengan harganya, Lilipaly memang tampil menawan, tak hanya saat berseragam Bali United, namun juga saat membela skuat Garuda. Ia selalu menjadi langganan pemain yang dipanggil oleh Luis Milla, meskipun di laga uji coba terakhir Lilipaly dan penggawa Bali United lainnya tak dipanggil karena mereka tengah mempersiapkan diri berlaga di Liga Champions Asia.

Terakhir, Lilipaly membuat hattrick untuk Bali United di pertandingan melawan Borneo FC dalam lanjutan laga Grup D Piala Presiden 2018. Tiga gol yang dibuat Lilipaly membawa Bali United menang 3-2 atas Pesut Etam.


2. Boaz Solossa

Boaz Solossa.

Kiprah Boaz sebagai pesepakbola papan atas Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Penyerang vetran itu menjadi wajah pemting bagi Timnas Indonesia senior dan klubnya, Persipura Jayapura, dalam beberapa tahun terakhir.

Tak heran jika situs Transfermarkt memasukkan nama Boaz sebagai pemain Indonesia kedua termahal saat ini. Penyerang kelahiran Sorong, Papua, 31 tahun lalu itu dibanderol dengan harga 350 ribu euro atau setara Rp5,7 miliar.

Harga yang fantastis tentunya untuk penyerang yang sudah tak muda lagi. Namun kemampuan sang kapten Timnas Indonesia itu memang tak perlu diragukan, tak Cuma teknik,, namun mental, dan pengalaman menjadi nilai tambah baginya.

Boaz kini bergabung dengan Borneo FC dan sebenarnya akan diplot untuk memperkuat tim berlaga di Piala Presiden 2018. Namun, kekalahan yang diderita Pesut Etam atas Bali United dan Persija membuat mereka gagak lolos ke babak perempat final Piala Presiden 2018.


3. Sergio van Dijk

Penyerang Persib Bandung, Sergio van Dijk.

Penyerang naturalisasi Indonesia, Sergio van Dijk, kini memnempati peringkat tiga pemain termahal di Indonesia saat ini. Striker Persib Bandung itu dibanderol dengan harga 250 ribu Euro atau setara Rp4,1 miliar.

Van Dijk saat ini masih dibekap cedera dan telah lama absen memperkuat Maung Bandung. Ia terakhir kali memperkuat Persib di awal musim kompetisi Liga 1 musim lalu, hingga akhirnya dibekap cedera lutut yang membuatnya absen lama.

Kabar terakhir pada Desember lalu, kondisi Van Dijk sudah menunjukan kemajuan yang pesat. Sergio menjalani pemulihan dengan mulus, ia hanya tinggal mengembalikan kondisi fisiknya agar bisa mengikuti latihan bersama rekan-rekannya.

Lama tak memperkuat Persib karena masih harus berkutat dari cedera nyatanya tak mengurangi pesona Van Dijk. Striker berkepala plontos itu mengaku mendapat tawaran untuk memperkuat klub laon di dalam dan luar negeri.

“Ada tawaran selalu dari klub lain, tapi saya yang menentukan keputusan untuk gabung atau tidak atau lebih suka di sini atau di mana, tapi kalau di Indonesia, Persib yang nomor satu (prioritas)," kata Sergio.


4. Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic saat terjun membela Bali United di Kualifikasi Liga Champions 2018.

Penyerang asal Montenegro yang baru saja menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), Ilija Spasojevic, menempati urutan keempat pemain Indonesia termahal saat ini. Menurut Transfermarkt, Spaso kini dibanderol dengan harga 200 ribu euro atau setara Rp3,2 miliar.

Spaso bergabung dengan Bali United dari Bhayangkara FC untuk kompetisi Liga 1 musim baru, ia juga menjadi pemain yang berperan penting bagi Laskar Serdadu Tridatu, di ajang Liga Champions Asia. Meskipun Bali United tak lolos usai ditaklukan klub Thailand, Chiangrai United.

Meski kalah, namun pemain kelahiran 11 September 1987 sempat mencetak gol indah di pertandingan melawan Chiangrai United tersebut. Spaso juga masih akan menjadi andalan Bali United yang akan berlaga di ajang Piala Presiden, Piala AFC, dan tentunya Liga Indonesia.

Usai dinaturaliasasi sebagai WNI, Spaso langsung dipercaya untuk memperkuat Timnas Indonesia. Mantan penyerang pemain Melaka United itu mencatat debutnya bersama Skuat Garuda di pertandingan uji coba melawan Suriah November tahun lalu.

Namun, ia baru sukses mencetak gol perdananya untuk Timnas Indonesia di laga melawan Guyana. Dua gol yang dicetak striker kelahiran Montenegro ini mampu memberikan kemenangan bagi Indonesia di laga tersebut.

 


5. Victor Igbonefo

Vigtor Igbonefo diberi kontrak panjang oleh Persib Bandung.

Igbonefo masuk dalam deretan lima besar pemain Indonesia termahal saat ini. Baru saja bergabung dengan Persib Bandung usai memperkuat klub Thailand, Nakhon Ratchasima, bek naturalisasi Indonesia itu menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu pemain belakang Tanah Air terbaik saat ini.

Igbonefo dibanderol dengan harga 200 ribu euro atau setara Rp3,2 miliar saat ini dan menempati peringkat kelima pemain termahal Tanah Air menurut situs Transfermarkt. Selain pada akhirnya berlabubh di Persib, awal tahun ini bek asal Nigeria itu juga mendapatkan kepercayaan dan dipanggil kembali untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Igbonefo dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, untuk memperkuat skuat Garuda di laga persahabatan melawan Islandia lalu. Usai memperkuat Timnas, bek kelahiran 10 Oktober 1985 itu juga langsung membela Persib di ajang Piala Presiden 2018.

Debut Igbonefo bersama Persib terjadi di pertandingan melawan PSMS Medan dalam lanjutan laga Grup A lalu. Namun saying, di pertandingan tersebut Maung Bandung harus mengakui keunggulan PSMS Medan dengan skor 2-0.

Persib BandungBoaz SolossaVictor IgbonefoSergio van DijkIlija SpasojevicStefano LilipalyBali UnitedLiga Indonesia

Berita Terkini