x

Seperti Kasus di Surabaya, Pelecehan Seksual Juga Dialami Pesepakbola Ini

Jumat, 26 Januari 2018 15:32 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala
Kasus pelecehan seksual di National Hospital.

Beberapa hari ini viral video seorang pasien perempuan menangis akibat mengalami pelecehan oleh perawat laki-laki usai menjalani operasi kandungan. Kejadian yang akhirnya diketahui terjadi di National Hospital Surabaya tersebut mendapat perhatian banyak warganet yang simpati.

Banyak warganet yang simpati dan ikut khawatir atas kejadian yang dialami korban berinisial W ini karena bagaimanapun kasus pelecehan seksual bukan merupakan hal yang bisa ditolerir, dan apa yang dialami korban W bisa menimpa siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Di dunia olahraga kasus pelecehan seksual juga kerap terjadi. Yang masih segar dalam ingatan adalah kasus dokter tim olimpiade Amerika Serikat Larry Nassar. tuduhan melakukan pelecehan seksual terhadap lebih dari 140 gadis, kebanyakan di antara mereka adalah tim atlet senam Amerika Serikat yang berhasil meraih medali emas. 
 

Dokter Larry Nassar, pelaku pelecehan seksual terhadap 140an perempuan

Sepakbola juga menjadi salah satu olahraga yang tak lepas dari kasus pelecehan seksual.  Berikut INDOSPORT merangkum beberapa kejadian pelecehan seksual yang dilakukan ataupun dialami beberapa pemain sepakbola dunia.

Baca Juga

1. Hope Solo

Hope Solo

Secara mengejutkan Kiper Tim naional Wanita Amerika Hope Solo mengaku kepada media bahwa dirinya yang pernah mengalami pelecehan seksual oleh mantan ketua FIFA Sepp Blatter. Kejadian tersebut dialaminya saat menghadiri penghargaan Ballon d'Or tahun 2013.

Hope saat itu ditugaskan menjadi pembaca pemenang penghargaan pemain terbaik wanita bersama dengan Blatter. 
Buruk bagi Hope, beberapa detik sebelum menaiki panggung, bagian bokong Hope diremas oleh pria 81 tahun tersebut.

"Blatter meremas bokong saya sesaat sebelum saya masuk panggung. Dia melakukan pelecehan seksual tersebut seakan merupakan hal yang normal," ungkap wanita 36 tahun itu dilansir Expresso.

Meski dibantah oleh Blatter melalui juru bicaranya bahwa apa yang disampaikan Hope merupakan hal yang konyol.
Hope tetap bersikeras, bahkan Oktober 2017 lalu melalui akun instagramnya, Hope mengunggah sebuah peryataan bahwa ia dan rekan-rekannya sudah sering menjadi korban pelecehan seksual dalam dunia sepakbola, baik berupa pelecehan fisik, kata-kata maupun tindakan non verbal lainya.


2. Gunilla Axen

Gunilla Axen

Hope bukan satu-satunya pesepakbola wanita yang berani buka suara mengenai pelecehan seksual yang terjadi dalam profesi yang digelutinya. Mantan Pesepakbola wanita Swedia, Gunilla Axen menjadi salah satu diantaranya.

Axen, mengatakan kepada Aftonbladet bahwa dirinya pernah mengalami pelecehan seksual oleh tiga orang pemain Timnas Swedia. Meski tidak menyebutkan nama maupun inisialnya, Axen mengakui bahwa ketiga pemain itu cukup terkenal, sukses dan dihormati.

Pelecehan yang dialami Axen pada medio 2004-2005 tersebut berupa pesan bergambar kemaluan laki-laki yang diterimanya dikirim oleh ketiga pemain Timnas Swedia tersebut.

Sayangnya meski telah buka suara, termasuk memberi tahu langsung ke Presiden Federasi Sepakbola Swedia, tidak ada tindak lanjut akan kasus tersebut.

"Presiden dan dewan federasi sepakbola Swedia sudah diberitahu, tetapi mereka tetap diam," ujar Axen yang kini menjabat sebagai Development Manajer di federasi sepakbola Swedia (SvFF).


3. Diego Maradona

Maradona bersama pacarnya

Bukan hanya dalam dunia sepak bola wanita, dalam sepakbola pria kasus pelecehan seksual juga acapkali terjadi. Misalnya seperti yang dilakukan legenda Argentina yang memang terkenal kontroversial, Diego Maradona.

Beredar foto yang memperlihatkan pencetak gol tangan tuhan itu sedang meremas buah dada kekasihnya Rocio Oliva.
Maradona memang terkenal sering mengumbar kemesraan dengan pacar-pacarnya kepada publik, selain Rocio Olivia ada nama Veronica Ojeda yang bahkan berencana mengumbar rekaman video percintaannya dengan sang legenda secara terang-terangan. Veronica mengaku memiliki banyak video seks antara dirinya dengan Maradona dibanyak tempat.

Maradona dan Pacar-pacarnya mungkin bangga atas apa yang mereka lakukan, tapi buat banyak orang perbuatan mereka jelas merupakan pelanggaran norma dan sebuah pelecehan yang tidak pantas diumbar ke ranah publik.

ArgentinaAmerika SerikatSwediaSepp BlatterDiego MaradonaHope SoloBola Internasional

Berita Terkini