x

Bali United 3-2 Persija: Serdadu Tridatu Juara Grup

Senin, 29 Januari 2018 21:53 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Skuat muda Bali United merayakan gol ke gawang PSPS.

Babak Pertama

Persija Jakarta mendapat peluang di menit menit awal pertandingan saat kontra Bali United berlangsung di stadion I wayan Dipta. Hal itu terbukti saat persija mendapatkan peluang pertamanya di menit kedua  melalui tendangan bebas yang dilakukankan oleh Jaimerson.

Hingga menit ke-5 Bali united masih berada di bawah tekanan oleh permainan aktraktif yang dilakukan oleh persija. Memasuki menit ketujuh barulah Bali United mampu keluar dari tekanan dan perlahan mengatur tempo permainan.

Hasilnya pada menit sembilan menit sejak peluit kick-off dibunyikan, Serdadu Tridatu mampu membuka keunggulan melalui Ilijia Spasojevic. Penyerang naturalisasi Timnas Indonesia itu melancarkan tendangan datar dari luar kotak penalti yang tak mampu dihadang oleh kiper Wawan. Dengan gol tersebut, Persija akhirnya kebobolan untuk pertama kalinya di Piala Presiden 2018.

Setelah kemasukan melalui gol yang tidak terduga tersebut, Persija kembali mengambil insiatif serangan. Para pemain Persija mampu menekan tuan rumah, pada menit ke 20, Macan kemayoran nyaris menyamakan kedudukan melalui Fitra, lewat tendangan setengah voli yang masih tepat  berada dipelukan kiper.

Tak mau terus ditekan, Bali United kembali mengatur ritme permainan, pada menit ke-22 Andika mengirim umpan kepada Spaso yang terlihat jatuh saat menyambut umpan tersebut. Wasit menunjuk titik putih saat  pemain Persija melakukan pelanggaran terhadap Spaso di kotak terlarang pada menit ke-23. 

Para pemain Persija sempat protes, namun wasit tetap pada keputusannya. Kevind Brands yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik, sekaligus menggandakan keunggulan Bali United menjadi 2-0 atas Persija.

Hingga akhir babak pertama, Persija masih tidak bisa mencari celah untuk membobol pertahanan Bali United. Skor 2-0 untuk keunggulan Bali United mengiringi langkah para pemain ke ruang ganti.

Berikut susunan pemain kedua tim: Bali United (4-3-3): Wawan H, Ricky Fajrin, Agus Nova, Demerson Costa, I Made Andhika, Nick V.D Velden, Fadil Sausu, kevin Brands, Stefano Lilipaly, Llija Spasojevic, Yabes Roni Pelatih : Widodo Cahyo Putro.  Persija Jakarta (4-3-3): M.Rizky Darmawan, M, Rezaldi H, Jaimerson Da Silva, Gunawan D. Cahyo, Ismed Cahyo, Rohit Chan, Asri Akbar, Fitra Ridwan, Ivan Carlos, Bambang Pamungkas, Riko Simanjuntak. Pelatih : Stefano Cugurra Teco. Penulis: Fransdian Ricardo Purba.   Penulis: Fransdian Ricardo Purba.

Babak Kedua

Memasuki Interval kedua, hujan deras mengguyur Stadion Kapten I Wayan Dipta. Namun hal itu tidak mengurangi intensitas permain cepat yang dilakukan oleh kedua kesebelasan. Di awal babak kedua, Bali United mengambil inisiatif serangan dan mengepung jantung pertahanan Persija Jakarta.

Pada menit ke 48, Yabes Roni berlari kencang menembus rapatnya tembok pemain Persija dan melakukan crossing. Namun Liliypaly gagal memanfaatkan crosing tajam tersebut. Menit ke 52 Bali United berpeluang besar untuk memperbesar keunggulannya atas Persija. wasit kembali memberi hadiah penalti setelah Andika dilanggar olej Rizky di kotak penalti.

Pada menit ke 53, Lilipaly akhirnya berhasil menuntaskan tugasnya sebagai algojo pinalti  setelah merobek gawang lawan dan memperbesar keunggulan Bali United menjadi 3-0. Selang dua menit kemudian, Persija akhirnya mampu mencetak gol dan memperkecil kedudukan menjdai 3-1 berkat gol yang dilesakan Ivan Carlos di menit ke-55 melalui titik putih.

Menit ke 56, Kevin Brands berhasil mencetak gol kedua nya malam ini namun dianulir oleh wasit. Kedudukan tidak berubah. Lagi lagi Bali United nyaris memperbesar kedudukannya di menit ke-60 andai tendangan Lilipaly tidak melambung diatas mistar gawang.

Menit ke 64 Bali United melakukan dua  pergantian sekaligus. Kevin keluar digantikan sagara dan Taufiq masuk menggantikan Fadil. Pada menit ke 65, Persija mendapat tendangan bebas setelah pemain Bali United melakukan pelanggaran. Macan Kemayoran mampu memperkecil ketinggalan melalui tendangan bebas roket yang dilakukan oleh Jaimerson Da Silva.

Setelah memperkecil ketinggalan menajdi 3-2, Persija semakin percaya diri untuk melakukan serangan-serangan berbahaya terhadap pertahanan Bali United. Di menit ke -72, Jamerson yang sudah berdiri bebas nyaris menyamakan kedudakan bila tandukannya tepat sasaran.

Menit ke 75, pertandingan memasuki water break kedua. kedudukan menjadi 3-2 meski sebelumnya Macan Kemaoran tertinggal 3 gol terlebih dahulu. Memasuki menit ke -79 Persija gagal mengkonversi tendangan bebas menjadi gol dari sudut kotak penalti Bali United. Kedudukan masih bertahan 3-2 untuk Bali United.

Hingga memasuki menit ke 85 tidak ada peluang yang berarti untuk ke dua tim. Semenit kemudian, Bali United melakukan pergantian pemain. Lilipaly diganti oleh Agung dan Yabes digantikan oleh Sukadana.

Memasuki menit ke-90 persija mendapat peluang dari tendangan bebas dari sisi kanan luar kotak pinalti lawan. Namun gagal berbuah gol. Wasit memberikan dua menit tambahan waktu diaakhir babak kedua. Persija mencoba untuk memanfaatkannya untuk menyamakan kedudukan.

Akhirnya wasit meniup peliut panjang dan Bali United keluar sebagai pemenang setelah unggul 3-2 atas Persija Jakarta. Dengan Hasil ini, Bali United berhasil memuncaki grup D Piala Presiden 2018. adapun untuk Persija tetap melangkah ke babal selanjutnya meski kalah dalam pertandingan ini.

Penulis: Fransdian Ricardo Purba.

 

Persija JakartaBali UnitedLiga IndonesiaPiala Presiden 2018

Berita Terkini