x

Siap Gelar Piala Dunia, Inilah Stadion-stadion yang Bisa Digunakan Inggris sebagai Venue

Selasa, 6 Februari 2018 06:54 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Stadion Wembley.

Inggris telah mendapat persetujuan dari UEFA untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030. Persetujuan tersebut diberikan setelah Inggris melakukan pendekatan masif kepada Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

Melihat keseriusan Inggris, Caferin pun berjanji akan ikut berkampanye agar Inggrislah yang mendapatkan kepercayaan menggelar pesta sepakbola terbesar yang diadakan setiap empat tahun sekali itu. 

Baca Juga

"Ini akan menjadi tawaran bagus. Namun kita harus melihat apakah Inggris juga ingin jadi tuan rumah. Jika ia, saya sebagai presiden UEFA tentu harus memberi dukungan kepada mereka," ujar Ceferin beberapa waktu lalu. 

Dari segi infrastruktur, Inggris tak perlu diragukan lagi. Sebagai salah satu negara besar dalam kancah sepakbola, Inggris memiliki banyak stadion. Mulai dari stadion berkapasitas kecil, sedang, hingga besar. Dari catatan stadiumdb.com, terdapat 121 stadion di Inggris. 

Stadion Anfield.

Dari sekian banyak stadion itu, INDOSPORT telah merangkum beberapa stadion yang memenuhi syarat dari FIFA untuk menggelar Piala Dunia. Berikut ini daftarnya: 


1. Penyisihan Grup, 16 Besar, dan Perempatfinal

Etihad Stadium

Untuk dapat menggelar Piala Dunia khususnya penyisihan grup, 16 besar dan perempatfinal, ada syarat yang harus dipenuhi sebuah stadion. Syarat yang paling utama adalah kapasitas stadion adalah minimal mampu menampung 35-40 ribu penonton. Dari syarat tersebut ada beberapa stadion di Inggris yang memenuhi syarat. 

1. Villa Park 

Villa Park merupakan stadion kandang dari Aston Villa FC. Stadion yang berlokasi di kota Birmingham ini menjadi salah satu stadion tertua di Inggris. Mulai dibuka pada tahun 1897, Villa Park telah 10 kali mengalami renovasi. Renovasi tersebut mampu membuat Villa Park menjadi stadion yang bagus. Kapasitas Villa Park adalah sekitar 42.682 penonton, memenuhi syarat untuk menggelar fase grup Piala Dunia. 

2. Stadium of Light

Kandang dari Sunderland ini merupakan salah satu stadion yang memenuhi syarat menggelar Piala Dunia. Dengan kapasitas 48.707 penonton, stadion yang dibuka pada tahun 1997 ini memenuhi syarat dari FIFA. Stadion ini juga dilengkapi dengan 2 ribu lebih kursi VIP, dan 96 kursi bagi media. 

3. Stamford Bridge

Nama Stadion Stamford Bridge pasti sudah tak asing lagi bagi para pecinta sepakbola. Stadion markas Chelsea ini merupakan salah satu stadion yang representatif di kota London. Dengan kapasitas 41.631 yang dimilikinya, Stamford Bridge bisa digunakan untuk menggelar Piala Dunia. 

Rencana renovasi Stamford Bridge.

4. Anfield

Stadion 'angker' milik Liverpool FC ini merupakan salah satu stadion tertua di Inggris yang dibuka pada tahun 1884. Meski begitu, Anfield telah bertransformasi menjadi stadion yang modern. Saat ini, Anfield bisa menampung hingga 53.394 penonton. 

Tribun penghormatan kepada Kenny Dalglish di Anfield

5. Etihad

Lahir dengan nama City of Manchester Stadium pada tahun 2002, kemudian namanya berubah pada tahun 2011 menjadi Etihad Stadium. Markas Manchester City ini mampu menampung hingga 55.107 penonton. 

6. St.James Park

Newcastle United tidak hanya dikenal karena suporternya yang sangat setia. Newcastle juga dikenal karena memiliki sebuah stadion yang berkonstruksi unik, Stadion St.James Park. St.James Park yang terletak ditengah kota ini, mampu menampung hingga 52.354 penonton. 


2. Semifinal dan Perebutan Tempat Ketiga

Stadion Emirates sepakbola yang terletak di Ashburton Grove, Holloway, London utara.

Syarat untuk menggelar pertandingan di fase semifinal dan perebutan tempat ketiga adalah berkapasitas minimal 60.000 penonton. Dari syarat tersebut ada beberapa stadion di Inggris yang memenuhi syarat. 

1. Emirates

Stadion ini mulai dipakai Arsenal pada tahun 2006 sebagai kandang menggantikan kandang lama mereka, Stadion Highbury. Emirates memiliki kapasitas yang lebih besar dari Highbury. Emirtaes dapat menampung hingga 60.000 penonton. 

2. London Stadium

Stadion ini memiliki nama lain Olympic Stadium karena memang dibangun untuk menjadi salah satu venue Olimpiade London 2012. Dan hingga kini, London Stadium yang berkapasitas 60.000 penonton digunakan oleh West Ham United sebagai kandang. 

Stadion old Trafford

3. Old Trafford

Sebagai sebuah klub dengan jumlah pendukung yang sangat banyak, tentu lumrah jika Manchester United memiliki sebuah stadion besar. Dengan kapasitas 75.000 penonton, Old Trafford siap menjadi venue pertandingan Piala Dunia. Sudah barang tentu stadion akan penuh, apalagi jika Timnas Inggris yang bermain di semifinal Piala Dunia. 


3. Pembukaan dan Final

Wembley adalah stadion milik Inggris.

Syarat untuk menggelar pertandingan pembukaan dan final adalah berkapasitas minimal 80.000 penonton. Dari syarat tersebut ada satu stadion di Inggris yang memenuhi syarat. 

1. Wembley

Wembley menjadi satu-satunya stadion yang memenuhi syarat untuk menggelar pertandingan pembukaan dan final Piala Dunia jika digelar di Inggris. Kapasitasnya yang sebesar 90.000 penonton, sudah lebih dari cukup untuk memenuhi syarat yang ditetapkan FIFA. 

Namun, jika Inggris memutuskan membangun stadion baru atau menambah kapasitas stadion lain. Maka Wembley akan memiliki saingan. 

InggrisPiala DuniaAnfield StadiumStadion Old TraffordStadion WembleyBola InternasionalStamford BridgeStadion EtihadEmirates Stadium

Berita Terkini