x

Ada Nuansa Persib Bandung di Babak Semifinal Piala Presiden 2018, Ini Buktinya

Sabtu, 10 Februari 2018 16:13 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Abdurrahman Ranala
Andritany Ardhiyasa.

Turnamen pramusim Piala Presiden 2018 telah memasuki babak semifinal. Empat tim terbaik akan akan beradu taktik menampilkan permainan terbaik guna bisa tampil dipartai puncak Piala Presiden 2018. Keempat tim itu adalah Persija Jakarta, PSMS Medan, Sriwijaya FC dan Bali United.

Meski hanya bertajuk turnamen pramusim, keempat tim itu berhasrat untuk menampilkan permainan terbaik guna meraih hasil maksimal di turnamen Piala Presiden 2018.  

Konferensi pers drawing babak 8 besar Piala Presiden 2018

Ajang turnamen pramusim Piala Presiden selalu menarik antusias penonton yang sangat tinggi. Hal itu turut diungkapkan oleh Steering Committe (SC) Piala Presiden 2018, Maruarrar Sirait. Menurutnya, ajang turnamen pramusim Piala Presiden dari tahun ke tahun akan dikemas secara menarik.

"Saya dapat kabar bahwa Piala Presiden menguntungkan. Ini berkat rekan-rekan tim yang membuat Piala Presiden semakin menarik. Babak semifinal yang berawal dua hari kini  kita ubah menjadi empat hari," beber Maruarrar.

Ajang turnamen pramusim Piala Presiden 2018 ini dipastikan akan menghadirkan juara baru. Pasalnya, dua juara sebelumnya yakni Persib Bandung dan Arema FC tersingkir dan tidak lolos babak semifinal.

Baca Juga

Di turnamen Piala Presiden 2018, Maung Bandung memang gagal lolos dari fase grup karena kalah bersaing dengan lawan-lawannya. Namun, babak semifinal Piala Presiden 2018 tetap terdapat aroma Persib Bandung didalamnya.

Dari keempat tim yang berhasil melaju ke babak semifinal, terdapat beberapa pemain dan pelatih yang pernah membela skuat Maung Bandung dan itu membuat aroma Persib di semifinal Piala Presiden 2018 tetap terasa. Berikut INDOSPORT rangkum para pemain dan pelatih yang pernah membela Persib Bandung.


1. PSMS Medan

PSMS Medan.

Djajang Nurjaman, Jajang Sukmara, Erwin Ramdhani, dan Abdul Aziz Lutfi Akbar.

Di skuat PSMS Medan saat ini, terdapat beberapa nama pemain dan pelatih yang pernah memperkuat Persib Bandung. Nama Djajang Nurjaman sendiri merupakan sosok pelatih yang sudah tidak asing bagi skuat Maung Bandung.

Pelatih yang akrab disapa Djanur itu merupakan sosok pelatih yang pernah mengantarkan Maung Bandung meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) pada tahun 2014 dan Piala Presiden tahun 2015.

Selain nama Djajang Nurjaman, di skuat Ayam kinantan saat ini terdapat nama-nama pemain seperti Jajang Sukmara, Erwin Ramdhani, dan Abdul Aziz Lutfi Akbar yang pernah membela Persib Bandung.

Untuk Jajang Sukmara sendiri pernah membela Persib pada musim 2011-2017. Sedangkan, Erwin Ramdhani dan Abdul Aziz merupakan pemain jebolan Persib Bandung U-21. Ketiga pemain itu pernah memperkuat Persib dan semakin mengentalkan aroma Maung Bandung di skuat PSMS medan saat ini.


2. Persija Jakarta

Persija Jakarta.

Andritany Ardhiyasa, Maman Abdurahman, Asri Akbar, dan Ahmad Syaifullah.

Di skuat macan Kemayoran saat ini, ada sejumlah pemain yang pernah memperkuat tim Persib Bandung. Pemain ini pernah memperkuat Persib pada saat di tim junior dan juga tim senior Maung Bandung.

Andritany Ardhiyasa pernah memperkuat Persib Bandung U-18 pada tahun 2006 lalu. Pemain berusia 26 tahun itu menjadi penjaga gawang andalan di skuat junior Persib U-18. Selain Andritany, ada nama Ahmad Syaifullah yang merupakan pemain jebolan Persib U-21. 

Andritany Ardhiyasa saat memperkuat Persib Bandung

Maman Abdurahman merupakan pemain yang pernah memperkuat tim Persib Bandung Senior. pemain berusia 35 tahun itu pernah memperkuat Persib di musim 2008-2013. Selama 5 tahun memperkuat Maung Bandung, Maman menjadi andalan di lini pertahanan Maung Bandung.

Nama terakhir di skuat Persija yang pernah memperkuat Persib Bandung adalah Asri Akbar. Pemain berusia 34 tahun itu memperkuat Persib dimusim 2012-2013. Asri Akbar memperkuat Persib hanya semusim, dirinya kalah bersaing dengan gelandang Persib lainnya. 

Keempat pemain Persija itu pernah memperkuat Persib Bandung dan itu semakin mengentalkan aroma Maung Bandung di skuat Persija Jakarta saat ini. 


3. Sriwijaya FC

Sriwijaya FC.

Dikri Yusron Afafa, Rahmat Hidayat, dan Makan Konate. 

Di kubu Sriwijaya FC, ada tiga nama pemain yang pernah memperkuat klub Persib Bandung. Dari tiga nama itu, ada pemain yang pernah memperkuat tim junior dan juga ada pemain yang pernah memperkuat tim senior Maung Bandung. 

Dikri Yusron Afafa adalah penjaga gawang Sriwijaya FC yang pernah memperkuat Persib Bandung U-21. Di level junior, Dikri Yusron merupakan salah satu penjaga gawang yang cukup diandalkan di skuat Maung Bandung junior. 

Pemain tengah Sriwijaya FC, Rahmat Hidayat merupakan salah satu pemain yang pernah memperkuat Persib Bandung dimusim 2016-2017. Pemain berusia 26 tahun itu hanya semusim memperkuat Persib. Selama berkostum Maung Bandung, Rahmat mencatatkan penampilan sebanyak 15 kali dan berhasil mencetak 1 gol untuk Persib Bandung.

Nama terakhir dari Sriwijaya FC yang pernah memperkuat Persib adalah Makan Konate. Konate merupakan pemain asing yang pernah memperkuat Maung Bandung dimusim 2014-2015. Pemain asal Mali itu merupakan salah satu pemain yang berhasil mengantarkan Persib Bandung meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014.

Makan Konate pada saat memperkuat Persib Bandung.

Ketiga nama itu dulunya merupakan pemain andalan Persib Bandung. Kini, ketiga pemain itu tengah berjuang untuk mengantarkan Laskar Wong Kito meraih kejayaan di turnamen pramusim Piala Presiden 2018.


4. Bali United

Bali United.

Dias Angga Putra, M. Taufiq, Yandi Sofyan, dan Ilija Spasojevic.

Di skuat Serdadu Tridatu saat ini ada empat pemain yang pernah memperkuat Persib Bandung. Keempat pemain itu pernah memperkuat tim senior Maung Bandung.

Nama pertama yang pernah memperkuat Persib adalah Dias Angga Putra. Dias merupakan pemain jebolan Persib U-17 dan U-21 Persib Bandung. Akibat penampilan apiknya di sektor pertahanan Persib, Dias berhasil promosi dan menembus skuat inti Maung Bandung. 

Muhamad Taufiq pernah memperkuat Persib di musim 2013-2017. Pemain berusia 31 tahun itu berhasil menembus skuat inti Maung bandung dan menjadi pemain yang cukup diandalkan di lini tengah Maung Bandung.

Nama ketiga yang pernah memperkuat Persib adalah Yandi Sofyan Munawar. Adik kandung Zaenal Arif itu memperkuat Persib Bandung selama tiga musim yakni dari 2014-2017. Selama membela Persib, karir Yandi lebih banyak menjadi penyerang pelapis skuat Maung Bandung.

Ilija Spasojevic saat memperkuat Persib Bandung

Penyerang naturalisasi Bali United, Ilija Spasojevic pernah memperkuat Persib Bandung pada tahun 2015. Spasojevic berhasil mengantarkan Maung Bandung meraih gelar juara Piala Presiden 2015. 

Keempat pemain Bali United itu merupakan pemain andalan Persib Bandung pada saat meraih gelar juara Piala Presiden 2015. Keempat pemain itu semakin menambah nuansa Maung Bandung di babak semifinal Piala Presiden 2018 kali ini.

Persib BandungPersija JakartaSriwijaya FCPSMS MedanPiala PresidenBali UnitedLiga IndonesiaBali United FCLiga 1Piala Presiden 2018

Berita Terkini