x

Ustaz Yusuf Mansur Paparkan Kaitan Erat Sepakbola dengan Dunia Pesantren

Minggu, 11 Februari 2018 12:23 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Isman Fadil
Ustaz Yusuf Mansur

Keaktifan Ustaz Yusuf Mansur di sepakbola Tanah Air mulai memunculkan stigma baru. Lantaran membawa background pemuka agama, publik sepakbola tanah air pun bertanya-tanya terkait pengaruh apa yang akan dibawa ustaz kondang tersebut di sepakbola.

"Saya ini baru mau belajar. Nanti lah bisa dilihat apa yang bisa saya lakukan," papar Yusuf Mansur, saat menghadiri acara sarasehan Malang United bersama Indra Sjafri di Kota Batu, Selasa (06/02/18).

Meski mengelak terkait keterlibatannya lebih jauh di Malang United, namun setidaknya ada sedikit pencerahan terkait sepakbola dengan dunia santri. Yusuf Mansur pun menyebut, bahwa sinergitas antara sepakbola Tanah Air dengan pesantren sudah terjalin cukup lama.

Baca Juga

Hal itu dicetuskannya, agar sekedar mengingatkan peran penting pesantren di sepakbola nasional. Meski memang, sepakbola dan pesantren baru familiar sekitar tiga tahun belakangan ini, lewat Liga Santri Nusantara yang mulai kembali digalakkan Menpora Imam Nachrawi.

"Kalau cerita sepakbola dengan pesantren, itu sudah ada sejak dulu. Lewat pesantren, anak-anak dididik akhlaknya dan attitude-nya," ungkap ustaz kelahiran Jakarta, 41 tahun lalu tersebut.

"Dan kalau nantinya mereka terlibat dalam dunia sepakbola resmi (profesional di kompetisi), tentu akan lebih bagus lagi (untuk menerapkan sikap dari pesantren)," tambahnya.

Ustaz Yusuf Mansur paparkan kaitan sepakbola dengan dunia santri.

Dia lalu menyebut Pondok Pesantren Gontor di Ponorogo, sebagai sebuah contoh nyata sinergitas dalam dunia sepakbola dan pesantren. Di Ponpes yang berusia lebih dari 90 tahun itu, sepakbola menjadi aktifitas rutin yang dijalani para santri selain tentunya mendalami ilmu agama sehari-harinya.

"Saya punya guru, Kyai Hasan di Gontor. Beliau membangun sendiri stadion bagus di sana. Jadi ya, larinya tidak kalah lah," bebernya.

Cerita itu benar adanya. Stadion bernama Darussalam Gontor itu begitu modern dengan fasilitas yang bagus. Dengan dua tribun beratap, stadion yang diresmikan awal 2016 lalu itu juga menghadirkan pemandangan indah dengan menghadap langsung ke Gunung Lawu.

Liga Santri NusantaraLiga IndonesiaYusuf MansurMalang United FC

Berita Terkini