x

Shakhtar Donetsk 2-1 AS Roma: Tuan Rumah Lebih Mampu Manfaatkan Peluang

Kamis, 22 Februari 2018 04:42 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
AS Roma vs Shakhtar Donetsk.

Babak Pertama

Meski tampil sebagai tamu, namun AS Roma mampu lebih dulu membuat peluang di laga ini. Kolarov mengancam melalui sebuah tendangan bebas. Namun tendangannya masih melebar dan belum menemui sasaran. 

Dua menit berselang, Kolarov mengirimkan umpan kepada Edin Dzeko. Namun upaya Dzeko masih bisa digagalkan. Kolarov kembali mampu mengirim bola ke rekannya, kali ini lewat sepak pojok. Bola yang dikirim Kolarov mampu disundul Fazio, namun sundulannya masih melebar. 

Radja Nainggolan (kanan) berebuat bola dengan pemain Shakhtar Donetsk.

Menit ke-9 barulah tuan rumah mengancam melalui Bernard. Namun skor masih tetap tak berubah. Menit ke-17 Roma kembali mengancam, namun tendangan Diego Perotti masih belum bisa berbuah gol. Empat menit berselang Dzeko juga masih gagal mencatatkan nama di papan skor. 

Tuan rumah sempat membuat dua peluang berturut-turut dari Fred dan Marlos. Namun dua peluang itu belum menemui sasaran. Bahkan, AS Roma mampu lebih dulu unggul dari tuan rumah di menit ke-41. Cengiz Under lolos dari jebakan offside dan memperdaya kiper Shakhtar. 

Skor 0-1 untuk keunggulan AS Roma bertahan hingga turun minum. 

Babak Kedua

Sejak babak kedua dimulai, tuan rumah langsung berupaya untuk menyamakan kedudukan. Tiga menit babak kedua berjalan, Facundo Ferreyra mendapat operan dari Marlos dan melepaskan tendangan. Namun tendangannya masih bisa dipatahkan penjaga gawang Roma. 

Tiga menit berselang, Shakhtar kembali membuat peluang. Kali ini giliran sundulan Kostas Manolas yang masih gagal. Menit ke-52 upaya tuan rumah akhirnya membuahkan hasil. Striker andalan mereka Facundo Ferreyra merangsek ke kotak penalti dan melepaskan tembakan akurat yang membawa tuan rumah menyamakan kedudukan 1-1. 

Tak lama usai menyamakan kedudukan, peluang kembali hadir di menit ke-55 dan 56. Namun upaya dari Marlos dan Taison masih bisa digagalkan anak asuh Eusebio. Begitu juga dengan peluang dari Fred di menit ke-59 yang masih gagal. 

Roma juga berusaha untuk mencetak gol tambahan di laga ini. Upaya Nainggolan pada menit ke-62 dan 65 masih bisa diamankan oleh penjaga gawang Shakhtar. Keadaan justru berbalik di menit ke-71. Fred mampu menjebol gawang Roma lewat sebuah tendangan bebas ciamik yang sangat sulit dijangkau. 

Upaya terakhir Roma tercipta di menit ke-88. Diego Perotti memberikan bola kepada Gerson. Gerson lalu melepaskan tendangan jarak jauh, namun masih bisa digagalkan kiper Shakhtar. Dan peluang emas Shakhtar di injury time dengan gemilang mampu dipatahkan kiper Roma. 

Skor 2-1 untuk kemenangan Shakhtar menjadi skor akhir laga ini. Leg kedua akan dimainkan di Stadion Olimpico kandang Roma pada bulan Maret mendatang.

Berikut ini susunan pemain kedua tim:

Shakhtar Donetsk 4-2-3-1

Pyatov; Butko, Krivtsov, Rakitskiy, Ismaily; Fred, Stepanenko; Marlos, Taison, Bernard; Facundo Ferreyra.

Pelatih: Paulo Fonseca

AS Roma 4-2-3-1

Becker; Kolarov, Fazio, Manolas, Peres; Strootman, De Rossi; Perotti, Nainggolan, Under; Dzeko. 

Pelatih: Eusebio Di Francesco

 

FredLiga ChampionsAS RomaShakhtar DonetskFacundo FerreyraCengiz Under

Berita Terkini