x

Borneo FC 5-4 Mitra Kukar: Drama Adu Penalti yang Menegangkan

Jumat, 23 Februari 2018 18:14 WIB
Editor: Isman Fadil

Laga pertama Piala Gubernur Kaltim 2018 antara Borneo FC vs Mitra Kukar akan digelar di Stadion Palaran, Samarinda, Jumat (23/02/2018), berlangsung ketat. Sejak menit pertama, kedua tim melancarkan jual beli serangan.

Peluang emas didapatkan Mitra Kukar pada menit 15 melalui Hendra Bayauw. Namun, usaha Bayauw masih bisa diantisipasi dengan baik oleh kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata.

Dalam laga kali ini, Mitra Kukar yang bertindak sebagai tim tamu justru mendominasi permainan. Tim asuhan Rafael Berges itu terus menekan pertahanan Borneo FC sepanjang laga.       

Borneo FC vs Mitra Kukar

Pada menit ke-18 Mitra Kukar kembali mendapat peluang melalui sepak pojok. Bola melambung ke tiang jauh dan disambut Dedi Kusmawan yang datang dari belakang. Namun bola tersebut gagal disundul, sementara kepala Dedi membentur tiang gawang. Beruntung pemain tersebut tidak cedera.

Borneo FC sebenarnya sempat unggul di menit ke-20 melalui Lerby Eliandry. Sayang, upaya striker Timnas Indonesia itu lebih dahulu dianggap pelanggaran setelah terperangkap offside. 

Lima menit menjelang babak pertama berakhir, Mitra Kukar kembali memperoleh peluang melalui Anindito. Berawal dari situasi bola mati di sisi kiri pertahanan Borneo FC, pemain berusia 29 tahun itu memilih menendang bola ke arah gawang. Keputusannya tepat namun kiper Borneo lebih sigap dengan menepis bola ke luar lapangan.

Baca Juga

Hingga wasit meniup peluit panjang pertanda berakhirnya babak pertama, skor tetap imbang 0-0.

Memaski babak kedua, kedua tim masih kesulitan mencari di 10 menit laga awal. Tim Pesut Etam baru meraih peluang pada menit ke-58. Sayang sundulan dari Marlon da Silva masih melebar dari sisi kiri gawang Yoo Jae Hoon.

Tak ingin terus diserang, Mitra Kukar semakin meningkatkan intesitas serangan. Pada menit 63, Bayu Pradana berpeluang mencatatkan namanya di papan skor. Namun sayang sundulannya masih mengenai kaki Nadeo.

Hingga wasit membunyikan peluit akhir tidak ada gol yang tercipta dalam laga ini. Kedua tim harus melanjutkan ke babak adu penalti. 

Pada babak adu penalti ini, penyerang Mitra Kukar, Fernando Rodriguez, yang menjadi eksekutor pertama menjadi satu-satunya eksekutor tim Naga Mekes yang gagal pada babak adu tos-tosan ini. Sedangkan seluruh algojo Borneo mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dengan kemenangan ini membuat Borneo FC memimpin klasemen Grup A dengan torehan 2 poin, sementara Mitra Kukar berada di peringkat kedua dengan 1 poin.

Berikut Susunan Pemain Kedua Tim:

Borneo FC: Nadeo Argawinata; Diego Michiels, Azamat Baimatov, Abdul Rahman; Titus Bonai, Julien Faubert, Srdan Lopicic, Sultan Samma; Lerby Eliandry, Marlon Da Silva.

Mitra Kukar: Yoo Jaehoon; Abdul Gamal, Mauricio Leal, Dedy Gusmawan, Rendy Siregar; Hendra Bayauw, M Bahtiar, Bayu Pradana, Anindito Wahyu, Dedy Hartono; Fernando Ortega.

Mitra KukarBorneo FCPiala Gubernur KaltimLiga Indonesia

Berita Terkini