x

Emak-emak Gigit Polisi, 4 Pemain Ini Pernah Lakukan Aksi Serupa di Lapangan Hijau

Jumat, 23 Februari 2018 17:38 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung

Rekaman video aksi seorang ibu paru baya yang menggigit tangan seorang polisi di Kudus, Jawa Tengah kini memang tengah marak menyebar di media sosial, serta menjadi perbincangan khalayak.

Pasalnya, aksi tersebut dilakukan sang ibu usai dirinya ditilang oleh sang polisi, Briptu Erlangga Hananda Seto karena tidak mengenakan helm saat dirinya mengendarai sepeda motornya di Jl. Ahmad Yani, Kudus. 

Bukannya menyerahkan diri dan menerima tilang, ibu tersebut justru mengamuk pada sang polisi. Tak tanggung-tanggung, si ibu tersebut juga langsung mengiggit tangan sang polisi, lantaran tidak menerima jika dirinya ditilang. 

Rupanya aksi gigit-menggigit tersebut tak hanya dilakukan oleh si ibu ke polisi, karena nyatanya, dalam sejarah sepakbola dunia mencatat, sederet pemain sepakbola dari sejumlah klub papan atas pernah melakukan hal serupa terhadap pemain lain.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum deretan pemain sepakbola yang pernah menggigit lawannya dalam laga yang mereka lalui:


1. Luis Suarez

Luis Suarez saat menjadi pemain Liverpool.

Pemain berdarah Uruguay tersebut memang menjadi pesepakbola yang terkenal dengan gigitannya. Aksi kontroversial tersebut pernah terjadi kala dirinya membela timnas negaranya dalam laga Grup D di Piala Dunia 2014 lalu. 

Aksi tersebut ia lakukan kala Uruguay tengah bermain melawan Italia di Arena das Dunas, Natal. Suarez kedapatan menggigit pemain bek Italia, Giorgio Chiellini. Dan rupanya, aksi tersebut tak ia lakukan sekali saja.

Suarez tercatat sempat melakuan aksi tak pantas tersebut kala dirinya berlaga bersama Ajax Amsterdam, dimana dirinya sempat menggigit lawannya dari PSV, Otman Bakkal. Begitu pula yang terjadi kala dirinya membela Liverpool pun, Suares pernah menggigit lengan pemain Chelsea, Branislav Ivanovic.


2. Dennis Wise

Dennis Wise.

Bintang gelandang Chelsea, Dennis Wise punya catatan aksi mengigit Marcelino saat membela Chelsea kala menghadapi Real Mallorca pada pertandingan babak semifinal Piala Winners UEFA 1999. 

Wise sendiri diketahui menggigit lengan bek, Chelsea Elena Marcelino dalam laga tersebut. Akibat aksi tersebut Wise menerima hukuman untuk tak berlaga di tiga pertandingan. 

Namun Wise sendiri sempat menegaskan bahwa dirinya tak mengigit Marcelino. Ia pun menjelaskan tak ada sama sekali keluhan dari yang lainnya, dan menuduh media dan kamera televisi menggambarkan dirinya seolah-olah mengigit lawannya tersebut.


3. Henry Romero dan Darwin Ceren

Henry Romero dan Darwin Ceren.

Kedua pemain El Salvador ini rupanya pernah mencetak aksi gigit-mengigit yang serupa dengan Suarez. Hal itu mereka lakukan pada laga perempatfinal Piala Emas 2017 lalu terhadap pemain Timnas Amerika Serikat. 

Romero ketahuan menggigit bahu pemain penyerang Amerika Serikat, Jozy Altidore. Sedangkan rekannya, Cerin mengigit pemain belakang timnas negeri Paman Sam tersebut, Omar Gonzalez di babak kedua.

Atas aksinya tersebut, Romero pun di ganjar larangan bermain di enam pertandingan. Sedangkan Ceren tak diperbolehkan main di tiga laga lainnya. Aksi tersebut memang sama sekali tak mengubah keadaan, karena akhirnya kemenangan tetap diraih oleh AS atas El Salvador dengan skor 2-0.


4. Francisco Gallardo

Francisco Gallardo.

Meski berbeda lokasi, deretan pemain yang melakukan gigitan sebelumnya memiliki persamaa, yakni target gigitan mereka adalah pemain lawan.  Namun hal berbeda justru dilakukan Francisco Gallardo lantaran menggigit rekannya sendiri, Antonio Reyes.

Sang pemain menggigit Reyes saat melakukan selebrasi mencetak gol dalam laga Sevilla vs Real Valladolid pada 2001 lalu dalam laga lanjutan Liga Spanyol. Saat melakukan selebrasi, Gallardo menghampiri Reyes dan seketika langsung mengigit alat vital miliknya. 

Federasi sepakbola Spanyol langsung memberikan hukuman kepada Gallardo berupa denda dan larangan bermain karena dianggap telah menodai martabat olahraga.

Luis SuarezDennis WiseBola Internasional

Berita Terkini