x

Termasuk Messi, 5 Penyerang Eropa yang Rekor Golnya Dikalahkan Marko Simic

Kamis, 1 Maret 2018 12:13 WIB
Editor: Gerry Crisandy
Penyerang Eropa Rasio dibawah Marko Simic.

Sensasi terbaru sepakbola Indonesia, Marko Simic, kembali memuat namanya di headlines media Indonesia. Penyerang Persija Jakarta tersebut membuktikan bahwa ia tidak hanya mampu menggedor pertahanan-pertahanan tim lokal Indonesia, tapi juga di ajang internasional.

Tidak tanggung-tanggung, Simic membukukan tiga gol saat Persija menjamu Tampines Rovers di Gelora Bung Karno, Rabu lalu. Hattrick pemain asal Kroasia tersebut sekaligus membantu Macan Kemayoran menggapai tiga poin pertama Persija di ajang Piala AFC.

Marko Simic merayakan gol bersama Riko Simanjuntak. Herry Ibrahim

Bergabung bersama Persija sekitar tiga bulan yang lalu, Simic berhasil mengantarkan Persija menjuarai Boost Sports Super Fix Cup, Piala Presiden, menjadi top skorer sekaligus pemain terbaik di turnamen tersebut -- awal impian bagi pesepakbola manapun.

Bukan hanya itu, pemain yang berjuluk Super Simic ini telah mengantongi jumlah 17 gol yang membuat mata terbelalak, untuk seorang penyerang yang bermain di klub di mana kompetisi liganya bahkan belum dimulai. Tidak termasuk pertandingan uji coba, rekor tersebut dihasilkan Simic hanya dari 12 penampilan. Penampilan-penampilan ini meliputi Piala Suramadu, Boost Sports Super Fix Cup 2018, Piala Presiden dan Piala AFC.

Marko Simic merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Bali United di Final Piala Presiden 2018.

Jika menggunakan perhitungan sederhana, Simic memiliki rasio sekitar 1,4 gol per pertandingan -- bukan sebuah representasi ketajaman yang dapat dipandang sebelah mata. 

Rasio ini bahkan lebih baik dari penyerang-penyerang Eropa ternama. Walaupun memang, level permainannya jauh berbeda dibandingkan dengan sepakbola Indonesia, tapi tetap saja menarik untuk disandingkan.

Baca Juga

Berikut penyerang-penyerang elite Eropa yang rasio gol per pertandingannya dikalahkan oleh Marko Simic:


1. Robert Lewandowski - Bayern Munchen (0,87)

Robert Lewandowski coba dijatuhkan oleh pemain Besiktas.

Pencetak gol terbanyak di Bundesliga Jerman musim ini, Lewandowski telah mencatatkan 20 gol dari 23 penampilan musim ini.

Dengan rasio 0,87 gol per pertandingan, penyerang Bayern Munchen ini merupakan andalan tim yang berjuluk The Bavarians di posisi ujung tombak. Bahkan musim ini, 36% dari total gol Bayern Munchen di Bundesliga berasal dari Lewandowski.


2. Lionel Messi - Barcelona (0,88)

Lionel Messi melakukan selebrasi dengan Ousmane Dembele.

Penyerang Barcelona ini merupakan top skor La Liga Spanyol musim ini dengan torehan 22 gol dari 25 penampilan. Gol-gol pemain Argentina ini memiliki peran krusial dalam fakta bahwa Blaugrana memimpin jauh di depan di klasemen La Liga.

Dengan rasio 0,88 gol per pertandingan, Messi merupakan pemain dengan rasio terbaik ketujuh di lima liga top Eropa (di antara pemain-pemain dengan lebih dari 15 penampilan).


3. Harry Kane - Tottenham Hotspur (0,89)

Selebrasi penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane.

Baru-baru ini legenda sepakbola Brasil, Ronaldinho, menyebutkan bahwa Harry Kane mampu masuk ke tim manapun di dunia saat ini. Kutipan tersebut tentu saja bukannya tidak beralasan -- penyerang berdarah Inggris ini konsisten menjadi meriam gol dari musim ke musim.

Memimpin daftar top skor Liga Primer Inggris, Kane hanya membutuhkan 27 pertandingan untuk memaksa kiper lawan memungut bola dari jalanya sebanyak 24 kali. Berdasarkan data tersebut, Kane mencetak 0,89 gol per pertandingan di Liga Primer musim ini.


4. Edinson Cavani - Paris Saint-Germain (0,96)

Edinson Cavani.

Didukung dengan pemain-pemain kelas dunia di sekitarnya, tidak heran bila musim ini penyerang PSG Edinson Cavani kembali menemukan performa terbaiknya. Salah satu dari trio lini depan PSG, Cavani telah mencetak 24 gol. Sejajar dengan Kane,  keduanya merupakan pencetak gol terbanyak di lima liga top Eropa musim ini.

Memperhitungkan 25 penampilan El Matador di Ligue 1 Prancis musim ini, ia memiliki rasio 0,96 gol per pertandingan.


5. Ciro Immobile - Lazio (1,0)

Pemain Lazio, Ciro Immobile.

Sejak pulang kampung ke persepakbolaan Italia, kali ini bersama Lazio, Ciro Immobile kembali membubuhkan namanya di deretan penyerang paling produktif di Eropa. Pencetak gol tersubur Serie A ini telah memasukkan 23 gol dari 23 penampilan di Serie A Italia.

Dengan kata lain, Immobile, dirata-ratakan, menggaransikan satu gol di setiap penampilannya. Bersama bintang PSG, Neymar, Immobile memiliki rasio gol per pertandingan terbaik di Eropa saat ini (15+ penampilan).

Lionel MessiCiro ImmobileEdinson CavaniRobert LewandowskiHarry KaneBola InternasionalMarko Simic

Berita Terkini