x

Sempat Kebakaran, Inilah Data dan Fakta Stadion Sultan Agung Markas PS TNI

Kamis, 1 Maret 2018 20:01 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Salahsatu sudut di pinggir lapangan Stadion Sultan Agung, Blitar.

Perhelatan Liga 1 2018 akan segera dimulai. Rencananya kick off Liga 1 2018 akan dilaksanakan pada 10 Maret mendatang. Namun jadwal pasti dan tim mana yang akan memulai kick off Liga 1 2018 masih belum diumumkan. 

Seperti Liga 1 musim lalu, Liga 1 2018 masih akan diikuti oleh 18 tim. Sebelum Liga 1 2018 dimulai, menarik untuk membedah lebih jauh mengenai tim-tim yang akan berlaga. Namun kali ini INDOSPORT belum akan membahas mengenai kekuatan dan skuat tim peserta Liga 1 2018. Kali ini yang menjadi pembahasan adalah stadion calon kandang peserta Liga 1 2018.

Baca Juga

Salah satu tim yang akan meramaikan Liga 1 2018 adalah PS Tira, yang di musim lalu bernama PS TNI. Mulai Liga 1 2018 nanti, PS Tira akan bermarkas di Bantul, tepatnya di Stadion Sultan Agung. 

"Mengingat musim 2018 ini kami pindah ke Bantul, untuk Liga 1 nanti nama tim ini berubah menjadi PS Tira (TNI Rakyat) Bantul," ungkap pembina PS TNI, Letjen Dodik Widjanarko.

Tribun VIP di Stadion Sultan Agung, Blitar.

PS Tira akan berbagi kandang dengan Persiba Bantul yang memang merupakan pengguna utama Stadion Sultan Agung. Stadion yang dibangun pada tahun 2004 dan berkapasitas maksimal 35.000 penonton itu akan menjadi tempat PS Tira menjamu lawan-lawannya di Liga 1 2018 mendatang. 

Berikut ini INDOSPORT sajikan data dan fakta Stadion Sultan Agung yang akan menjadi markas PS Tira di Liga 1 2018. 


1. Sempat Mengalami Kebakaran

Tibun di Satdion Sultan Agung terbakar.

Pada bulan Januari lalu, tepatnya tanggal 23 Januari, salah satu sudut Stadion Sultan Agung mengalami kebakaran. Kebakaran disebabkan oleh sambaran petir yang mengenai panel listrik gudang penyimpanan olahraga. 

Di bawah panel listrik gudang terdapat tumpukan busa senam yang tingginya hampir mengenai panel listrik. Kemungkinan saat panel listrik terbakar, apinya langsung merambat ke busa senam. Kilatan api terlihat cukup besar dari sela-sela pintu gudang. 

Petugas perawatan stadion  mencoba dipadamkan dengan fire extinguisher namun api kembali menyala dan akhirnya api berhasil dipadamkan setelah pemadam kebakaran datang dan langsung bertindak. 


2. Menjadi Tempat Latihan Timnas Islandia

Timnas Islandia kagum dengan Candi Prambanan

Saat Timnas Islandia berhadapan dengan Indonesia Selection pada awal tahun 2018 lalu, Stadion Sultan Agung menjadi tempat latihan dari tim berjuluk The Our Boys itu. Saat itu, Timnas Islandia sempat menunda latihan karena rumput Stadion Sultan dianggap terlalu tebal. 

Timnas Islandia pun akhirnya meminta agar rumput dipotong. Selain itu, setiap sesi latihan, Islandia meminta agar rumput disiram terlebih dahulu 30 menit sebelum Timnas Islandia memulai latihan. 


3. Pernah Disegel Pekerja Harian Lepas

Salah satu tribun di Stadion Sultan Agung, Blitar.

Puluhan Pekerja Harian Lepas pernah menyegel Stadion Sultan Agung. Penyegelan itu dilakukan karena pemberhentian sepihak ratusan Pekerja Harian lepas oleh Pemmkab Bantul akhir tahun 2017 lalu. 


4. Disebut Juga Stadion Pacar

Stadion Sultan Agung.

Stadion Sultan Agung mempunyai nama lain yaitu Stadion Pacar. Namun, Pacar yang dimaksud ini bukanlah Pacar dalam artian kekasih atau tambatan hati. Stadion Sultan Agung disebut Stadion Pacar karena stadion ini berlokasi di wilayah Pacar, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. 

StadionPS TNILiga IndonesiaLiga 1Stadion Sultan Agung

Berita Terkini