x

3 Klub Liga 1 Ini Pernah Kalahkan Song Lam Nghe An, Persija Patut Mencontohnya

Senin, 5 Maret 2018 20:49 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
Song Lam Nghe An.

Persija Jakarta akan bertolak ke Vietnam melawan tuan rumah Song Lam Nghe An pada pertandingan ketiga Grup H Piala AFC 2018. Pertandingan ini akan berlangsung di Vinh Stadium, Selasa (06/03/18) malam.

Tentunya Persija berambisi untuk bisa memenangkan laga ini. Sehingga Macan Kemayoran akan bermain habis-habisan demi menjaga asa lolos ke babak selanjutnya. Demi mengharumkan nama Indonesia di kancah Asia.

Sehingga bisa diprediksi kalau laga ini akan berlangsung sangat sengit. Terlebih lagi Song Lam Nghe An belum terkalahkan dalam dua laga terakhir di Piala AFC 2018. Tentu ini menjadi misi yang rumit bagi Macan Kemayoran.

Prediksi Song Lam Nghe An vs Persija Jakarta

Ternyata, Song Lam Nghe An pernah tiga kali berhadapan dengan tim dari Indonesia di ajang Piala AFC. Klub-klub yang mengalahkan Song Lam Nghe An bahkan saat ini bermain di Liga 1 Indonesia.

Lantas siapa ketiga klub tersebut? Tentunya anak asuh Stefano Cugurra Teco bisa menjadikan mereka sebagai contoh atau motivasi besar. Maka dari itu INDOSPORT coba merangkumnya untuk pembaca setia.


1. Sriwijaya FC

Logo Sriwijaya FC.

Pada tahun 2011 lalu wakil Indonesia Sriwijaya FC berada satu grup dengan Song Lam Nghe An. Mereka berada di Grup F Piala AFC yang mana pada tahun tersebut grup yang sama juga dihuni oleh Pegasus (Hongkong) dan VB Addu FC (Maldives).

Sriwijaya FC pada pertemuan pertama melawan Song Lam Nghe An berhasil mempecundangi mereka di Stadion Gelora Jakabaring, Palembang. Skor pada laga tersebut berakhiran 3-1 untuk Laskar Wong Kito.

Pada laga tersebut gol-gol yang tercipta berasal dari Keith Kayamba Gumbs (13'), Thierry Gathuessi (76'), dan Budi Sudarsono (78'). Sedangkan satu gol tim lawan dikemas oleh Nguyen Cong Manh (58').

Lantas Persija bisa menjadikan sebuah pelajaran akan kemenangan Sriwijaya FC. Setidaknya Persija sudah memiliki gambaran untuk mengantisipasi serangan Song Lam Nghe An nanti.


2. Persipura Jayapura

Logo Persipura Jayapura

Pada tahun yang sama Song Lam Nghe An berjumpa lagi dengan wakil Indonesia, yakni Persipura Jayapura. Pertemuan keduanya berlangsung di babak perempatfinal Piala AFC 2011 lalu.

Dalam pertandingan bergengsi tersebut Persipura Jayapura berhasil keluar sebagai pemenang usai mengalahkan klub yang berdiri pada 1979 silam ini 3-1.

Pada laga tersebut gol Mutiara Hitam berasal dari dwigol Boaz Solosssa (29' [PG] dan 84') dan gol tunggal dari Titus Bonai (34'). Sedangkan tim lawan cuma bisa membalas lewat gol tunggal Nguyen Hong Viet (58').

Persija sendiri bisa menjadikan kemenangan Persipura Jayapura ini sebuah contekan yang bagus. Terlebih lagi laga tersebut sudah memasuki babak perempatfinal yang begitu rawan. Sehingga Persija sudah diberi kemudahan dalam menganalisa sistem permainan Song Lam Nghe An.


3. PSM Makassar

Logo PSM Makassar.

Pada musim 2000/01 lalu wakil Indonesia PSM Makassar bersua dengan Song Lam Nghe An di babak play-off Piala AFC (dulu bernama Asia Club Championship). Mereka berjumpa dua kali pada saat itu.

Pada pertemuan pertama Song Lam Nghe An harus mengakui ketangguhan PSM Makassar di kandang sendiri dengan skor 1-4. Lalu pada laga kedua, Juku Eja hanya bermain imbang 0-0 di Stadion Andi Mattalata, Makassar.

Sehingga Song Lam Nghe An gagal untuk masuk ke babak grup Piala AFC pada musim tersebut. Sehingga Persija bisa mengambil sisa-sisa kemenangan PSM Makassar pada musim tersebut untuk dikombinasikan di era modern saat ini.

Persija JakartaPersipura JayapuraAFCPSM MakassarAFC CupSriwijaya FCPiala AFCLiga IndonesiaSong Lam Nghe AnPiala AFC 2018

Berita Terkini