x

Profil Tim Peserta Liga 1: Persebaya Surabaya

Selasa, 6 Maret 2018 14:56 WIB
Editor: Isman Fadil
Profil Persebaya

Persebaya Surabaya merupakan klub promosi yang patut diperhitungkan. Pasalnya, klub yang dinahkodai pelatih asal Argentina, Alfredo Vera, datang ke Liga 1 dengan status jawara Liga 2.

Sejak status klub dipulihkan PSSI pada 8 Januari 2017, Persebaya mengalami pasang surut saat berkompetisi di kasta kedua Liga Indonesia tersebut. 

Dalam perjalanannya, tim Bajul Ijo berhasil menyingkirkan Martapura FC dengan skor 3-1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Pada partai final, Persebaya mengalahkan PSMS Medan lewat pertarungan sengit dengan skor 3-2 di stadion yang sama.

Baca Juga

Usai memastikan promosi ke Liga 1, Persebaya pun menyiapkan skuat sebaik mungkin agar bisa bersaing di kasta teratas Liga Indonesia. Sejumlah pemain anyar didatangkan dan pemain yang berkontribusi dalam meloloskan Persebaya ke Liga 1 tetap dipertahankan.

Pada ajang turnamen pramusim Piala Presiden 2018, Persebaya berhasil membuat kejutan dengan memuncaki Grup C. Bahkan mereka berhasil mengalahkan kontestan Liga 1 2017, seperti Perseru Serui (2-0) dan Madura United (1-0). Namun sayang langkah Persebaya terhenti di babak perempatfinal setelah disingkirkan PSMS Medan lewat adu penalti 7-6 setelah sebelumnya bermain imbang 3-3 di waktu normal.

Pemain Persebaya Surabaya saat jalani latihan.

Usai dari Piala Presiden, Persebaya mengikuti turnamen Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018). Di turnamen tahunan tersebut, klub kebangaan Bonek berhasil merebut tempat ketiga setelah mengalahkan Borneo FC dengan skor 1-0 di Stadion Palaran, Samarinda, Minggu (04/03/18).

Berikut INDOSPORT sajikan ulasan mengenai pemain baru Persebaya Surabaya, formasi yang akan dipakai, dan pemain yang diprediksi bersinar di Liga 1?


1. Pemain Baru

Feri Pahabol ketika meayakan gol perdana bersama Persebaya.

Persebaya menjadi salah satu klub yang paling serius mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2018. Bagaimana tidak, mereka tercatat mendatangkan 11 pemain baru. 

Mereka adalah Otavio Dutra, Osvaldo Haay, Nelson Alom, Ferinando Pahabol, Ruben Sanadi, Fandi Eko Utomo, Stefano Alexander Pietersz, Jossa Andika Dwi Pratama, Arthur Irawan, Alfonsius Kelvan, dan Robertino Pugliara. 

Meski menumpuk banyak pemain di sektor gelandang, namun hal tersebut menjadi nilai tambah bagi Persebaya Surabaya. Alfredo Vera memiliki banyak pilihan pemain mengingat setiap klub Liga 1 musim 2018 berpotensi hadapi jadwal padat. 


2. Analisis Formasi

Skuat Persebaya saat latihan.

Selama berkiprah di Piala Presiden dan Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018, pelatih Alfredo Vera kerap memasang formasi 4-3-3 dengan mengandalkan kecepatan pemain-pemain sayap.

Untuk sektor depan, Alfredo Vera kemungkinan akan memasang trio Rishaldi Fauzi, Irfan Jaya, dan Ferinando Pahabol. Untuk penyerang sayap, Persebaya juga masih memiliki Osvaldo Haay dan Ricky Kayame.

Begeser ke lini tengah, Robertino Pugliara yang didatangkan dari Pune City, kemungkinan akan menempati gelandang serang. Eks Persib Bandung ini akan ditemani oleh Nelson Alom dan Rendi Irwan. Seandainya ketiga pemain itu absen, Persebaya masih memiliki Fandi Eko Utomo, Misbakus, dan Sidik Saimima.

Sementara di sektor lini belakang, nama Otavio Dutra dan Fandry Imbiri patut dikedepankan. Hal ini berkaca pada penampilan mereka di Piala Presiden 2018 dan Piala Gubernur Kaltim 2018. Sedangkan untuk full back, Abu Rizal akan ditempatkan di posisi bek kanan. Untuk bek kiri, Ruben Sanadi kemungkinan akan menjadi andalan utama tim Bajul Ijo.


3. Menanti Kiprah The Sniper

Irfan Jaya

Pesepakbola muda berusia 21 tahun asal Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel) ini memiliki prestasi mentereng. Irfan Jaya didaulat sebagai pemain terbaik di Liga 2. Dari 21 penampilan, pemain yang dijuluki The Sniper ini berhasil mencetak 11 gol dan 6 assists di Liga 2 musim 2017.

Catatan emas Irfan Jaya berlanjut di Piala Presiden 2018. Dari 3 laga, dia berhasil membukukan 2 gol dan membawa Persebaya melaju hingga babak perempatfinal.

Tentunya, peforma apiknya itu membuat kiprahnya ditunggu-tunggu para Bonek dan pencinta sepakbola Tanah Air. Apakah ia nanti mampu membuktikan pada banyak orang bahwa dirinya bisa mengatasi tekanan saat bermain di kasta teratas Liga Indonesia.

Persebaya SurabayaLiga IndonesiaLiga 1Irfan JayaProfil Tim Liga 1 2018

Berita Terkini