x

Profil Tim Peserta Liga 1 2018: Sriwijaya FC

Rabu, 7 Maret 2018 15:34 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Joko Sedayu
Profil Sriwijaya FC

Sriwijaya FC pada musim ini kemungkinan besar akan menjadi salah satu ancaman bagi klub-klub papan atas di Liga 1 lainnya. Pasalnya, Sriwijaya sendiri pada awal musim ini beberapa kali membuktikan diri bahwa mereka pantas menjadi klub yang diwaspadai. 

Klub berjuluk Laskar Wong Kito tersebut memberikan pembuktiannya kala mereka mengawali musim ini di turnamen pramusim Piala Presiden 2018. Lolos dari babak penyisihan dengan menyabet posisi jawa grup A. 

Sriwijaya FC vs Bali United.

Laga mereka tak terhenti sampai disitu. Memasuki babak delapan besar, Sriwijaya semakin menunjukkan diri bahwa mereka bukan klub papan tengah biasa seperti pada kompetisi Liga 1 musim lalu. Sederet klub berhasil mereka tekuk hingga akhirnya mampu mencapai semifinal. 

Bertemu dengan Bali United, Sriwijaya terpaksa menyerah dari peraih posisi runner-up Liga 1 musim lalu. Namun, perjuangan mereka belum juga berhenti dan Sriwijaya kembali berhasil memenangkan derby Sumatera, merebut posisi juara ketiga atas PSMS Medan.

Keseruan tim Sriwijaya FC saat merayakan kemenangan di Piala Gubenur Kaltim 2018.

Pembuktian akan kekuatan mereka berlanjut di turnamen pramusim lainnya, Piala Gubernur Kaltim 2018. Mereka berhasil menekuk Arema FC di babak final. Mereka pun berhasil menyabet gelar juara dari turnamen tersebut. 

Sriwijaya sendiri, dalam menghadapi musim ini, nampaknya telah memiliki komposisi dasar untuk pemain mereka. Sederet rekrutan baru, termasuk pemain asing diprediksi akan semakin memperkuat tim dan gaya permainan besutan Rahmad Darmawan itu.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT mencoba memaparkan profil dan analisis sejauh mana persiapan yang dimiliki oleh Sriwijaya jelang menghadapi perhelatan kompetisi musim ini.


1. Rekrutan Baru Musim Ini

Esteban Gabriel Vizcarra saat jalani latihan bersama Sriwijaya FC.

Sriwijaya diketahui telah melepas 14 pemain yang memperkuat mereka pada musim lalu. Sebagai gantinya, sederet pemain berkualitas dan mumpuni direkrut untuk memperkuat beragam lini yang ada di tubuh Sriwijaya. 

Salah satu rekrutan baru yang mendapatkan perhatian lebih adalah Mahamadou N'Diaye, rekan senegara Makan Konate. Pemain Mali tersebut cukup punya pengalaman kala menjalani laga-laganya di Eropa, terutama Prancis. 

N'Diaye punya sejarah sempat membawa klub Liga 2 Prancis menjadi tim promosi di Liga 1 mereka. Ia mampu menjadi pemain anyar Sriwijaya yang patut diwaspadai oleh lawan-lawannya nanti di kompetisi Liga 1. 

Sriwijaya pun juga turut merekrut striker Argentina yang sempat membela Arema FC pada musim lalu. Ia adalah Esteban Vizcarra yang kabarnya tak lagi diperpanjang kontraknya oleh Arema. Sebelumnya ia sendiri sempat dihubung-hubungkan dengan Persija. 

Adam Alis (kiri) melakukan selebrasinya usai berhasil mencetak gol ke gawang PSM Makassar.

Rekan Vizcarra di Arema, Adam Alis turut masuk dalam daftar rekrutan anyar Sriwijaya. Mantan gelandang Singo Edan tersebut memiliki ambisi yang selaras dengan Sriwijaya untuk meraih gelar juara Liga 1 musim ini. 

Mantan bek Bhayangkara FC yang kini memperkuat Sriwijaya, Alfin Tuasalamony,  turut menjadi rekrutan anyar yang wajib diwaspadai. Dikontrak selama semusim, Alfin direkomendasikan karena mampu menjadi pemain di beberapa posisi. 

Striker anyar Sriwijaya FC, Manuchekhr Dzhalilov.

Manuchekhr Dzhalilov menjadi salah satu rekrutan anyar Sriwijaya yang kedepannya akan menjadi andalan dari Rachmad Darmawan untuk mempekuat skuat asuhannya. Ia sendiri pernah menjadi pemain terbaik dalam ajang Piala AFC 2017 lalu. 


2. Analisa Taktik dan Formasi

Skuat Sriwijaya FC.

Sriwijaya FC nampaknya akan menggunakan skema formasi dasar 4-3-1-2. Rachmad Darmawan menempatkan eks Persib Bandung, Makan Konate sebagai ujung tombak dari Sriwijaya yang akan memperkuat Laskar Wong Kito tersebut. 

Konate sendiri akan diperkuat dengan bantuan dari pemain anyar Sriwijaya, Manuchekhr Dzhalilov dari sisi kanan dan juga Alberto Goncalves di sisi kiri. Ketiga pemain ini mampu menjadi kunci untuk mempertajam lini serang klub tersebut. 

Formasi Sriwijaya FC

Sedangkan untuk lini tengah sendiri, Sriwijaya akan diperkuat oleh Adam Alis. Sayap kanan akan menjadi bagian dari kekuasaan Esteban Viscara, sedangkan untuk sayap kiri sendiri, Sriwijaya menempatkan pemain Korea Selatan Yoo Hyun-goo. 

Untuk lini pertahanan sendiri, Sriwijaya memperkuat penjagaan mereka dengan menurunkan salah satu pemain anyar Alfin Tuasalamony, Mahamadou N'Diaye, Saepullah Maulana, dan juga Zalnando. 


3. Pemain yang Akan Bersinar

Alberto Goncalves Da Costa passing bola.

Alberto Goncalves nampaknya akan menjadi pemain yang cukup mendapat perhatian lebih dalam menjalani laga musim ini bersama dengan Sriwijaya. Ia sendiri memiliki kualitas yang cukup mumpuni dalam memperkuat lini serang. 

Bersama Sriwijaya sepanjang musim lalu, Beto sebagaimana ia sering disapa, telah menyumbang setidaknya 22 gol untuk klubnya tersebut. Beto sendiri tercatat sebagai salah satu topskorer terbaik yang dimiliki oleh Sriwijaya selama musim lalu. 

Alberto Goncalves (Sriwijaya FC)

Ia membuktikan dirinya akan mampu bersinar pada musim ini bersama dengan Sriwijaya FC usai kemarin berhasil menyabet posisi topskorer di turnamen pramusim Piala Gubernur Kaltim 2018. 

Beto sendiri sebenarnya mengulangi prestasi yang pernah ia raih di Piala Gubenur Kaltim edisi pertama pada 2016 lalu. Pemain berdarah Brasil ini menyabet gelar top scorer pada 2016 dengan raihan lima gol.

Rachmad DarmawanSriwijaya FCMakan KonateAlberto GoncalvesLiga IndonesiaLiga 1Profil Tim Liga 1 2018

Berita Terkini