x

3 Pelatih yang Bisa Gantikan Luis Milla di Timnas Indonesia

Kamis, 8 Maret 2018 17:27 WIB
Penulis: Rafif Rahedian | Editor: Lanjar Wiratri
Nilmaizar dan Luis Milla.

Timnas Indonesia terancam tak ditangani Luis Milla di gelaran Piala AFF 2018 mendatang. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu memang tidak memiliki kontrak panjang bersama Timnas Indonesia.

Kontrak pria yang pernah berkarier di Barcelona tersebut akan berkahir setelah gelaran Asian Games 2018 pada September mendatang.

Luis Milla, pelatih Timnas U-23

PSSI diklaim akan melihat lebih dulu prestasi Luis Milla bersama Timnas Indonesia di ajang olahraga terbesar di Asia tersebut. Seperti yang diketahui sebelumnya, PSSI menargetkan semifinal dalam ajang tersebut.

Jika Luis Milla tak mampu memenuhi target yang diberikan PSSI di Asian Games 2018 nanti, bukan tidak mungkin dirinya tidak akan mendapatkan perpanjangan kontrak. Berikut INDOSPORT merangkum tiga pelatih yang bisa menggantikan Luis Milla di kursi kepelatihan Timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Widodo Cahyono Putro

Widodo C Putro, Pelatih Bali United

Widodo Cahyono putro telah menunjukkan kualitasnya sebagai salah satu pelatih terbaik di Indonesia. Hal tersebut dibuktikan Widodo saat membawa Bali United ke papan atas Liga 1 2017 lalu.

Mantan pelatih Sriwijaya FC tersebut sukses mencatatkan rekor bagi Bali United di kompetisi tertinggi di Indonesia. Pasalnya, untuk kali pertama Bali United mampu masuk dalam babak play-off Liga Champions Asia. Namun mereka harus gugur saat melawan tim Thailand.

Manajemen Bali United sendiri sebenarnya tidak menetapkan target tinggi kepada Widodo pada Liga 1 2017 lalu. Pihak klub hanya meminta Bali United tetap berada di 10 besar. Namun Widodo mampu melebihi target yang diberikan klub pada saat itu.


2. Simon McMenemy

Pelatih BFC, Simon Mcmenemy sedang memberikan arahan kepada anak asuhnya.

Nama Simon McMenemy semakin melambung tinggi setelah dirinya berhasil memberikan keajaiban bagi Bhayangkara FC pada musim lalu. McMenemy sukses mencatatkan rekor dengan memberikan trofi pertama untuk Bhayangkara.

Tidak ada yang menyangkan bahwa Bhayangkara mampu menaklukkan Liga 1 pada musim lalu. Tapi dengan tangan dingin pelatih asal Skotlandia tersebut, Bhayangkara menjelma sebagai salah satu tim terkuat di musim lalu.

Dengan raihan fantastisnya tersebut, McMenemy dianggap cukup layak menukangi Timnas Indonesia jika Luis Milla benar-benar tak memberikan perubahan. Karena, dirinya sudah mengetahui karakteristik pemain-pemain Indonesia.


3. Nilmaizar

Eks pelatih Semen Padang, Nilmaizar.

Nilmaizar bukan lah nama asing di kursi kepelatihan Timnas Indonesia. Pasalnya, pelatih kelahiran Sumatera Barat tersebut pernah menukangi Tim Garuda pada periode 2012 hingga 2013 lalu.

Sayangnya, Nilmaizar juga tidak memberikan perubahan besar bagi Timnas Indonesia. Bahkan mantan pelatih Semen Padang tersebut gagal memberikan prestasi apa pun bagi Tim Garuda.

Namun namanya bisa saja masuk dalam daftar kandidat calon pelatih Timnas Indonesia, jika PSSI tak memperpanjang kontrak Luis Milla. Pasalnya, dari dua nama pelatih yang disebutkan sebelumnya, hanya Nilmaizar yang sampai saat ini belum mendapatkan klub.

Widodo C. PutroNilmaizarTimnas IndonesiaLuis MillaLiga IndonesiaSimon McMenemy

Berita Terkini