x

5 Pemain Termuda Inggris yang Bermain di Liga Champions, Termasuk Debutan Man City

Kamis, 8 Maret 2018 11:51 WIB
Penulis: Fery Andriawan | Editor: Isman Fadil
Phil Foden ketika melewati Ander Herrera.

Bermain di Liga Champions merupakan impian banyak pesepakbola di dunia. Namun, tidak semua pesepakbola dapat merasakan hal itu apalagi dalam usia yang masih belia.

Laga Manchester City vs Basel ternyata menjadi hari yang sangat spesial bagi salah satu penggawa muda City asal Inggris bernama Phil Foden.

Baca Juga

Pasalnya, pemain yang berasal dari akademi mereka sendiri itu mencatatkan torehan sejarah pribadi sebagai salah satu pesepakbola termuda yang bisa bermain di ajang kompetisi para jawara di Eropa.

Debutnya memang tidak berjalan gemilang lantaran harus menelan kekalahan dari tim tamu, Basel. Lantas, siapa saja 5 pemain termuda asal Inggris yang pernah bermain di Liga Champions? INDOSPORT mempunyai rangkumannya.


1. Celestine Babayaro

Celestine Babayaro

Rekor pemain termuda asal Inggris yang bermain di liga Champions jatuh kepada Celestine Babayaro. Pada saat pertama kali debut, mantan pemain Chelsea ini baru berusia 16 tahun 87 hari.

Kala itu, Babayaro muda masih mengenakan baju Anderlecht tepatnya ketika melawan FC Steaua Bucuresti di babak penyisihan grup Liga Champions musim 1994/1995 silam.


2. Jack Wilshere

Arsenal vs Ostersunds

Jack Wilshere sempat disebut sebagai salah satu permata terbaik yang pernah dilahirkan oleh Inggris. Bahkan, penggawa Arsenal ini sudah melakukan debut di Liga Champions ketika umurnya baru memasuki 16 tahun 324 hari.

Kala itu, pada tahun 2008, Wilshere masuk sebagai pemain pengganti kala Arsenal menghadapi Dinamo Kiev di babak grup Liga Champions Eropa.


3. Dominic Solanke

Pemain anyar Liverpool, Dominic Solanke.

Chelsea juga tidak mau kalah dalam menyumbangkan pemain mudanya dalam daftar ini. Dominic Solanke menjadi pemain muda ketiga yang bermain di Liga Champion pada usia 17 tahun 37 hari.

Pemain yang kini berseragam Liverpool ini bermain melawan NK Maribor pada babak grup Liga Champions musim 2013/2014. Walaupun tidak sukses mencetak gol, ia berjasa terhadap kemenangan fantastis 6-0 di Stadion Stamford Bridge.


4. Phil Foden

Pemain muda Manchester City, Phil Foden.

Penggawa Manchester City yang memainkan laga debut melawan Basel (08/03/18) dini hari hanya berada di peringkat keempat pemain termuda yang berlaga di Liga Champions.

Foden masih berusia 17 tahun 283 hari ketika dimasukan oleh pelatih Pep Guardiola di menit-menit akhir pertandingan babak 16 besar Liga Champions tersebut. Walaupun berakhir dengan kekalahan, pemuda yang juga masuk timnas Inggris itu berhak untuk merasa bahagia.


5. Theo Walcott

Theo Walcott melakukan selebrasi.

Selain Jack Wilshere, Arsene Wenger juga berhasil menghadirkan debutan lainnya di Liga Champions. Theo Walcott bermain di liga terbaik Eropa tersebut ketika masih berusia 17 tahun 193 hari.

Pemain yang besar di akademi Southampton ini bermain sebagai pengganti Aleksandr Hleb di menit ke-83 pada laga melawan Porto di babak grup Liga Champions musim 2005/2006.

ArsenalLiga ChampionsJack WilshereTheo WalcottDominic SolankeCelestine Babayaro

Berita Terkini