x

Marko Simic dan 3 Pemain Persija Ini Absen Latihan Jelang Lawan Song Lam, Cedera?

Sabtu, 10 Maret 2018 19:22 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Logo Persija Jakarta

Persija Jakarta akan menjadi tuan rumah pada pertandingan keempat Piala AFC Grup H saat menjamu Song Lam Nghe An pada Rabu (14/03/18) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Untuk itu, tim Macan Kemayoran terus melakukan persiapan intens terutama menjalani latihan dalam dua hari terakhir di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Akan tetapi, ada pemandangan berbeda pada latihan hari ini, Sabtu (10/03/18) sore. Beberapa pemain inti seperti Ismed Sofyan, Marko Simic, Andritany Ardhiyasa, serta Riko Simanjuntak tidak terlihat menjalani program yang diberikan pelatih di Lapangan Sutasoma. 

Baca Juga

1. Rehat

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco memberikan arahan kepada anak asuhnya sebelum melakukan latihan. Herry Ibrahim

Rupanya sejumlah pemain tersebut tidak mengalami cedera, melainkan diberikan kesempatan untuk beristirahat lebih lama setelah menjalani latihan fisik tadi pagi. Para pesepakbola itu mendapat program latihan yang berbeda karena dianggap memiliki waktu bermain yang banyak sehingga terindikasi kelelahan. 

"Kita punya latihan pagi dan sore. Pagi sejumlah nama itu latihan gym kemudian yang lainnya ikut sore ini. Sebenarnya semua, 30 pemain latihan di gym tadi pagi. Terus beberapa lain tidak datang sore ini karena sesuai program yang ada," ucap Teco usai latihan.

"Ada pemain yang butuh latihan pagi dan sore, ada yang hanya sekali. Kemudian ada yang butuh banyak waktu istirahat karena banyak memit bermain. Beberapa saya lihat kecapaian saat balik dari Vietnam jadi lebih bagus istirahat," imbuhnya.


2. Kembalinya Ivan Carlos

Beberapa pemain yang mengalami cedera juga berlatih secara terpisah. Herry Ibrahim

Tak hanya itu, tiga pemain lainnya, yakni Ivan Carlos, Gunawan Dwi Cahyo serta Novri Setiawan sudah kembali melahap program latihan meski dengan porsi terbatas di pinggir lapangan. Ketiganya belum lama ini absen karena dilaporkan mengalami masalah kesehatan yang berbeda satu dan lainnya. Gunawan sebelumnya mengalami demam, sedangkan Novri terindikasi penyakit tifus sehingga keduanya tidak ikut kala Persija bertandang ke kandang Song Lam, Vietnam pekan lalu.

Khusus Ivan Carlos, pemulihan cederanya terhitung cukup cepat. Diprediksi absen tiga hingga empat bulan, nyatanya striker Brasil itu lebih cepat kembali ke lapangan dan menjalani latihan khusus. Hal itu sudah terlihat sejak pekan lalu, ketika itu pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco mengatakan mantan pemain Persela Lamongan itu sudah ingin berlari meski cederanya belum sembuh total. 

"Kasihan Carlos, dia sewaktu balik dari Brasil langsung cedera dan sekarang butuh waktu buat recovery. Dia masih pemain dari Persija dan setiap hari ikut instruksi dan dari rumah sakit," beber Stefano Teco. 

"Sekarang dia sudah jalan tanpa tongkat dan bicara sama saya katanya dia sudah mau lari tapi saya bilang kamu harus tunggu dari visum dokter, harus benar-benar sembuh dulu," tutupnya.


3. Opsi Peminjaman

Pelatih Persija Jakarta, Stefano Cugurra Teco. Herry Ibrahim

Meski Persija telah mendatangkan Addison Alves untuk mengisi posisi Ivan Carlos, sejatinya Macan Kemayoran tidak langsung mencoret nama terakhir. Direktur Utama Persija, Gede Widiade menyatakan pihaknya masih mengurus Ivan Carlos hingga benar-benar sembuh dan kemungkinan besar akan dipinjamkan pada putaran kedua. 

Seperti diketahui, Ivan Carlos dilaporkan mengalami cedera metatarsal setelah memperkuat Persija menghadapi Mitra Kukar di perempat final Piala Presiden 2018. Akibatnya mantan pemain Persela Lamongan itu diharuskan istirahat tiga hingga empat bulan ke depan.

Persija JakartaIsmed SofyanLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoSong Lam Nghe AnMarko SimicIvan Carlos

Berita Terkini